Wilhelm Scream, suara yang paling banyak muncul difilm, bagaimana sejarahnya?

| Tidak ada komentar

Wilhelm Scream, suara yang paling banyak muncul difilm, bagaimana sejarahnya?

Wilhelm Scream atau Teriakan Wilhelm atau Jeritan Wilhelm merupakan salah satu stock audio yang paling banyak muncul difilm. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 250 film baik itu layar lebar ataupun televisi yang menggunakan suara ini. Suara ini muncul pada saat orang tertembak, jatuh dari ketinggian, orang terlempar dan lain sebagainya. Ia muncul dalam film kartun, film drama, action bahkan film Star Wars dari episode I sampai VII terdapat suara ini apabila Anda perhatikan baik-baik.

Seperti apa sih suaranya? Inilah Wilhelm Scream yang terkenal itu.

Gimana? tidak asing dengan suaranya? Ya, karena suara ini muncul dibanyak film, Anda pasti sering mendengarnya.

Sejarah Jeritan Wilhelm

Darimana asal muasalnya? Wilhelm Scream pertama kali muncul dari beberapa macam sound effect yang direkam pada tahun 1951 untuk film Distant Drums. Dalam film tersebut ada adegan tentara yang memasuki rawa-rawa dan salah satu dari mereka digigit dan ditarik buaya kedalam air. Suara tersebut muncul dalam adegan tersebut dan merupakan salah satu suara teriakan yang terdengar menyakitkan.

Ben Burtt merupakan sound engineering dalam banyak film menemukan rekaman tersebut, dan ia mulai memasukkan suara tersebut kedalam film-film yang ia kerjakan termasuk Star Wars A New Hope. Karena Burtt bekerjasama tidak saja dengan George Lucas tetapi juga Steven Spielberg maka ia juga memasukkan suara tersebut kefilm Indiana Jones. Dikalangan para insinyur khusus suara dan musik dalam film, suara ini mulai dikenal dan mereka mulai memasukkan suara ini kedalam berbagai macam film hingga sekarang.

Burtt melakukan penelitian yang mengatakan bahwa pengisi suara ini adalah Sheb Wooley. Hal ini didukung oleh Linda Dotson yang merupakan janda dari Wooley yang pada tahun 2005 dalam sebuah interview mengatakan bahwa itu suara suaminya.

Film-film yang terdapat Wilhelm Scream

Oke saya tidak mungkin menyebutkan semuanya karena ada banyak dan mungkin banyak juga yang terlewat, tetapi beberapa yang terkenal seperti Star Wars, Indiana Jones, film-film kartun Disney, Lord of The Rings, The Hobbit, Die Hard, film-film karya Quentin Tarantino dan masih banyak lagi. Daripada penasaran seperti apa penampakan suara tersebut dalam film bisa lihat cuplikan video berikut ini.

Gimana? sudah melihat kapan suara-suara tersebut muncul? Ingat-ingat suara tersebut dan jika Anda menonton film berikutnya dibioskop pasang telinga Anda siapa tahu suara tersebut muncul. Terus mungkin pertanyaan Anda, apakah ada film Indonesia yang menggunakan Wilhelm Scream? The Raid yang pertama merupakan salah satu film Indonesia yang ada Wilhelm Scream nya, entahlah untuk film Indonesia lainnya, mungkin Anda tahu?

Tag:

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi