2016 Merupakan tahunnya film kartun animasi

| Tidak ada komentar

2016 Merupakan tahunnya film kartun animasi

Kita sudah memasuki tahun 2017 dan bisa dikatakan ditahun 2016 ini ada banyak sekali film kartun animasi yang muncul. Bahkan tercatat ada 27 film kartun animasi yang masuk ke nominasi Oscar tahun ini. Jumlah terbanyak yang pernah ada. Memang kalau Anda ingat ada banyak sekali film animasi yang keluar tahun ini, nah apa saja film-film tersebut? Kami tidak akan membahas semuanya, kami hanya membahas film-film animasi yang keren yang rilis tahun 2016.

Zootopia (Disney - Maret 2016)

Zootopia

Ini merupakan film terlaris Disney di 2016 bahkan menjadi salah satu film di 2016 yang menghasilkan USD$ 1Milyar. Film ini bercerita tentang dunia dimana penduduknya isinya hewan-hewan semua. Film ini cukup lucu dan animasinya bagus, ya Disney, dan merupakan salah satu dari 2 film Disney yang dirilis pada tahun 2016.

Baca juga: Poster parodi zootopia untuk film-film peraih nominasi Oscar

The Angry Birds Movie (Sony Pictures Animation - Juli 2016)

The Angry Birds Movie

Diangkat dari game smartphone fenomenal Angry Birds, film ini menjadi salah satu dari banyaknya film yang diadaptasi dari video game. Ya, film ini bisa dibilang tidak terlalu sukses, tetapi juga tidak gagal karena berhasil mendapat pemasukkan sebesar USD$ 350 juta. Dan film ini lumayan lucu dan menghibur.

The Secret Life of Pets (Illumination Entertainment - Agustus 2016)

The Secret Life of Pets

Menceritakan tentang hewan peliharaan rumahan yang harus keluar rumah dan berpetualangan kekota demi mencari teman mereka, film ini merupakan franchise baru dari Illumination Entertainment. Perusahaan yang membuat film Minions dan Despicable Me ini merilis 2 film ditahun 2016 dan salah satunya adalah The Secret Life of Pets. Film ini lucu dan sangat menghibur dan berhasil meraih pemasukan sebesar USD$ 850 juta.

Kubo and the Two Strings (Laika - Agustus 2016)

Kubo and the Two Strings

Salah satu film yang memang kurang peminat dan promosi, tidak banyak tahu bahkan tidak tayang di Indonesia. Padahal film ini memiliki cerita yang bagus. Mungkin karena menggunkan teknik Stop Motion juga menjadi alasan kurangnya peminat film ini, padahal Stop Motion yang digunakan difilm ini sangat jempolan. Film ini berhasil mendapatkan pemasukan hanya USD$ 70 juta saja dengan biaya produksi sebesar USD$ 60 juta.

The Red Turtle (Studio Ghibli - September 2016)

The Red Turtle

Nggak seru kalau kita ngomongin animasi tapi nggak ada film dari Studio Ghibli. Tahun ini ada satu film dari Studio Ghibli yang sayangnya bukan karya Hayao Miyazaki. Tetapi melihat trailernya, film ini memiliki animasi yang cantik dan keren. Filmnya sudah dirilis di Jepang dan masih belum ada info kapan akan rilis di Indonesia, mudah-mudahan saja film The Red Turtle akan hadir di Indonesia.

Your Name (CoMix Wave - Desember 2016)

Your Name

Satu lagi film animasi keren tahun ini yang berasal dari Jepang yaitu Your Name. Film ini disutradari oleh Makoto Shinkai yang kabarnya bakalan menggantikan Hayao Miyazaki. Dan filmnya ini benar-benar membuktikan kelasnya, animasi yang keren, detail dan cerita yang luar biasa membuat film ini menjadi film animasi favorit tahun ini.

Moana (Disney - November 2016)

Moana

Ini film animasi kedua Disney ditahun ini selain Zootopia. Film ini merupakan film musikal yang tentu saja banyak soundtrack-soundtrack yang keren. Filmnyapun bagus, dengan animasi yang keren, terutama bagaimana Disney menghidupkan air laut difilm ini dengan animasi air yang indah. Sampai tulisan ini ditulis film ini telah menghasilkan pemasukan sebesar USD$ 350 juta dan tentu saja masih akan bertambah karena film ini masih tayang.

Finding Dory (Pixar - Juni 2016)

Finding Dory

Setiap tahun Pixar selalu merilis minimal 1 film, dan tahun ini adalah Finding Dory. Sebuah sekuel dari film animasi terlaris Finding Nemo. Finding Dory memiliki animasi yang jauh lebih indah daripada film pendahulunya dan tentu saja film ini juga menjadi salah satu film animasi ditahun 2016 yang berhasil meraih pendapatan lebih dari USD$ 1Milyar seperti Zootopia.

Kung Fu Panda 3 (Dreamworks - Maret 2016)

Kung Fu Panda 3

Seri ketiga dari Kungfu Panda ini bukan seri terbaiknya, memang susah mempertahankan sebuah film yang bagus dan kali ini sudah seri ketiga. Walaupun film ketiga ini dari segi pendapatan masih kalah dari Kungfu Panda 2 dan Kungfu Panda pertama, minimal film ini berhasil mendapatkan pemasukan sebesar USD$ 520 juta.

Sing (Illumination Entertainment - Desember 2016)

Sing

Sing merupakan film kedua dari Illumination yang dirilis tahun 2016. Film ini bercerita tentang dunia yang isinya binatang-binatang seperti Zootopia. Hanya saja kualitasnya masih jauh dibanding Zootopia dan film ini merupakan film animasi musikal yang menghadirkan lagu-lagu keren yang pasti Anda kenal.

Kingsglaive: Final Fantasy XV (Visual Works/Square Enix - Agustus 2016)

Kingsglaive: Final Fantasy XV

Final Fantasy juga merilis film tahun ini, walaupun ceritanya kurang bagus, tetapi animasi dalam film ini cukup bagus. Terutama adegan-adegan pertempuran antara Kingsglaive melawan pasukan Niflheim.

Sausage Party (Annapurna Pictures - Agustus 2016)

Sausage Party

Film animasi 3d pertama dengan rating dewasa ini benar-benar film yang sama sekali buka untuk anak-anak, adegan dewasa dengan kata-kata kasar yang selalu muncul membuat film ini tidak tayang di Indonesia dan Anda tentu tahu apa alasannya. Walaupun film ini untuk dewasa, film ini berhasil mendapatkan pemasukan sebesar USD$ 140 juta.

Storks (Warner Bros. Animation - September 2016)

Storks

Film Storks yang bercerita tentang burung bangau yang berubah fungsi menjadi pengirim barang bukan lagi pengirim bayi ini merupakan film kedua dari Warner Bros. Animation yang sebelumnya membuat film The Lego Movie. Film ini lumayan untuk hiburan dan berhasil mendapat pemasukan sebesar USD$ 180 juta.

Trolls (Dreamworks - November 2016)

Trolls 2016

Selain Kung Fu Panda 3, Dreamworks juga mengeluarkan film Trolls yang merupakan film musikal yang lucu. Secara mengejutkan film ini berhasil mendapatkan pemasukan sebesar USD$ 330 padahal cerita dalam film ini biasa saja. Mungkin karena orang-orang sudah tahu apa itu Trolls dan didalam film ini monster kecil ini dibuat imut.

Masih ada lagi beberapa film animasi kartun lainnya yang bisa dibilang tidak begitu sukses, tetapi berhasil mewarnai banyaknya film animasi kartun ditahun 2016 yaitu:

  • Ratchet & Clank
  • The Wild Life
  • Ice Age: Collision Course
  • Detective Conan: The Darkest Nightmare
  • One Piece: Gold
  • Crayon Shin-chan: Fast Asleep! Dreaming World Big Assault!

Yang mana yang menjadi film animasi favorit Anda ditahun 2016?

Tag: , , , , , , , , , , ,

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi