Asghar Farhadi tidak bisa menghadiri acara Oscar karena keputusan Donald Trump

| Tidak ada komentar

Asghar Farhadi tidak bisa menghadiri acara Oscar karena keputusan Donald Trump

Presiden terpilih Amerika Serikat yang baru yaitu Donald Trump kemarin mengeluarkan sebuah peraturan baru yang langsung membuat protes dimana-mana bahkan di Amerika sendiri. Donald Trump mengeluarkan keputusan untuk melarang umat Islam dari 7 negara yaitu Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Syria dan Yaman untuk memasuki Amerika Serikat selama 90 hari kedepan.

Kita tidak akan membahas keputusan tersebut lebih dalam, karena ini situs tentang dunia film. Kalau Anda lihat calon nominasi Oscar yang diumumkan beberapa waktu yang lalu untuk kategori Film Bahasa Asing Terbaik Anda akan melihat daftar calon nominasinya yaitu:

  • Tanna (Australia)
  • Land of Mine (Denmark)
  • Toni Erdmann (Jerman)
  • The Salesman (Iran)
  • A Man Called Ove (Swedia)

Sudah lihat kan? Ada film The Salesman yang merupakan salah satu kandidat terkuat untuk kategori ini. Film ini disutradarai oleh Asghar Farhadi yang pada tahun 2012 lalu filmnya 'A Separation' berhasil meraih Oscar. Dan untuk pertama kalinya Iran menjadi negara salah satu peraih Oscar. Lihat video ketika Sandra Bullock menyerahkan piala Oscar kepada Asghar Farhadi.

Sekarang film The Salesman meraih nominasi Oscar kembali dan kabarnya peraturan baru yang dibuat Donald Trump akan membuat siapapun dari Iran tidak bisa masuk ke Amerika termasuk Asghar Farhadi untuk menghadiri Oscar. Ya, saya sih yakin ada pengecualian atau mungkin kepaksanya lewat video conference gitu seperti Oscar-oscar sebelumnya.

Yang jelas Taraneh Alidoosti pemeran wanita dalam film ini mengatakan bahwa keputusan rasis yang dikeluarkan presiden Donald Trump membuat ia tidak akan menghadiri Oscar 2017 sebagai bentuk boikot.

Daripada penasaran dan ngomongin politik, mending lihat dulu trailer The Salesman yang sepertinya merupakan film thriller yang keren.

Berikut ini merupakan statement dari Academy Awards setelah keputusan presiden Donald Trump keluar.

The Academy celebrates achievement in the art of filmmaking, which seeks to transcend borders and speak to audiences around the world, regardless of national, ethnic, or religious differences. As supporters of filmmakers—and the human rights of all people—around the globe, we find it extremely troubling that Asghar Farhadi, the director of the Oscar-winning film from Iran A Separation, along with the cast and crew of this year's Oscar-nominated film The Salesman, could be barred from entering the country because of their religion or country of origin.

Tag:

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi