Poster Film A Silent Voice
  • 6.5/10

Film A Silent Voice (2017)

Sinopsis film A Silent Voice

Shoya Ishida (Miyu Irino) merupakan anak SD yang suka membully temannya yang tidak bisa mendengar yaitu Shoko Nishimiya (Saori Hayami). Ketika Nishimiya pindah sekolah, semua teman Ishida dan guru-gurunya menyalahkan Ishida yang suka membully Nishimiya. Sekarang giliran Ishida yang dibully hingga SMA sampai pada titik ia tidak memiliki teman dan ingin bunuh diri. Tetapi ia bertemu kembali dengan Nishimiya yang masih tidak punya teman dan menyadari bahwa ini kesalahan Ishida membuat ia mencoba kembali berteman dengan Nishimiya.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 03 Mei 2017
  • Durasi 129 menit
  • Sutradara Naoko Yamada
  • Produser -
  • Produksi Kyoto Animation
  • Distributor Shochiku
  • Genre Animation, Drama, Romance
  • Kelompok Umur SU

Daftar pemain film A Silent Voice

Review & Ulasan film A Silent Voice

Film ini memiliki ide cerita yang bagus hanya saja eksekusinya lemah, sehingga hasilnya biasa saja

| Ditulis oleh:

"Kok kayak film Wiji Thukul ya" komentar teman saya yang menonton film ini bersama saya yang langsung saya amini. Jika Anda pernah menonton film Istirahatlah Kata-kata yang menceritakan pelarian Wiji Thukul maka film ini sedikit mirip. Ia menceritakan keseharian seseorang yang putus asa dengan adegan-adegan yang menampilkan kegiatan sehari-hari dengan background lagu yang suram.

Saya belum pernah membaca komiknya sama sekali, tetapi ketika melihat style bentuk-bentuk karakternya saya yakin pengarangnya wanita, dan ternyata benar bahkan sutradaranya juga wanita, yang merupakan hal jarang untuk film-film anime Jepang. Tadi saya bilang seperti Wiji Thukul disini yang dilihat kesehariannya Ishida seorang anak laki-laki yang suka membully, dan yang menjadi korbannya adalah teman SD nya bernama Nishimaya seorang anak perempuan yang tidak bisa mendengar, ya tuli sehingga untuk bicara juga susah. Ishida terus membully hingga Nishimaya pindah sekolah dan mengakibatkan keadaan menjadi terbalik. Giliran Ishida yang dibully oleh seluruh teman-temannya yang menganggap Nishimaya pindah gara-gara Ishida.

Hal ini membuat Ishida minder dan malu bahkan hingga SMA ia tidak punya teman dan tidak berani menatap wajah orang-orang disekitarnya yang dalam film ini didramatisir dengan simbol X pada wajah orang-orang tersebut, cukup unik. Sampai akhirnya mereka bertemu kembali Nishimaya dan Ishida, hanya saja sekarang Ishida ingin memperbaiki kesalahannya dimasa lalu.

Seperti yang saya bilang tadi, banyak adegan potongan-potongan yang menampilkan keseharian Ishida, dan beberapa menampilkan orang lain yang akan agak membingungkan dalam kita mengikuti jalan ceritanya. Ya walaupun nanti akhirnya kita akan mengetahui maksud dari potongan-potongan adegan tersebut.

Untuk urusan animasi, film ini biasa saja, ya mungkin gara-gara sudah menonton film Your Name yang standardnya sangat tinggi, membuat film-film animasi kartun yang lain terasa tidak spesial. Semua scene merupakan animasi gambar tangan, berbeda dengan Your Name yang menggabungkan Photo Realistic sehingga detailnya begitu keren. Di A Silent Voice ini animasinya tidak terlihat wah, walaupun ada beberapa yang cukup bagus seperti adegan dibawah air ataupun ledakan kembang api. Musik yang ditampilkan difilm ini cukup mengena, cukup membuat suasana sedih dan suram Ishida terbawa kepenonton.

Durasi film ini cukup lama, 2 jam lebih, terasa cukup melelahkan menonton fim yang lama seperti ini tetapi menjelang akhir dan ketika film ini selesai maka Anda akan merasa film ini terasa cepat. Ya, menjelang akhir film cerita menjadi seru, klimaks dan menyedihkan. Ya, walaupun tidak akan membuat Anda menangis sih, tapi mungkin untuk beberapa orang bisa sampai menangis.

Adegan-adegan percobaan bunuh diri ditampilkan lebih dari satu kali disini dan terus terang alasan untuk bunuh diri sangat lemah dalam ceritanya. Terus terang konsep bunuh diri di Jepang cukup aneh bagi saya, ya mungkin hal tersebut hal biasa sehingga biasa juga ditampilkan didalam film. Karena itu saya merekomendasikan agar film ini agak tidak cocok untuk anak-anak, walaupun banyak juga terdapat pesan moral tentang artinya teman dan keluarga difilm ini.

6.5/10

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

Trailer film A Silent Voice

Komentar dan Review film A Silent Voice

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi