Poster Film Dunkirk
  • 8/10

Film Dunkirk (2017)

Sinopsis film Dunkirk

Tentara sekutu yang merupakan gabungan dari Belgia, Inggris dan Prancis dikepung & diserang pasukan Jerman. Mereka harus mengevakuasi dari serangan Jerman di Dunkirk, Prancis pada masa Perang Dunia II. Pada Mei 1940, Jerman berhasil mengepung mereka hingga kepantai Dunkirk, sekitar 400.000 tentara terperangkap di Dunkirk. Dalam perlindungan udara dari pasukan Inggris dan Prancis, mereka secara perlahan dievakuasi melalui pantai oleh angkatan laut dan juga kapal penduduk sipil yang ada.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 21 Juli 2017
  • Durasi 107 menit
  • Sutradara Christopher Nolan
  • Produser Christopher Nolan, Emma Thomas
  • Produksi Syncopy Inc., RatPac Entertainment
  • Distributor Warner Bros.
  • Genre Action, Drama, Historical
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Dunkirk

Review & Ulasan film Dunkirk

Bukan Film terbaik CHRISTOPHER NOLAN, tetapi DUNKIRK memiliki sesuatu yang baru dan tetap wajib untuk ditonton

| Ditulis oleh:

Kejutan apalagi yang akan diberikan oleh Nolan? Pertanyaan yang terus ada sebelum film diputar. Saya tak sabar menantinya. Terakhir kali saya dibuat tersesat dan berputar-putar di Semarang setelah menonton Interstellar.

Sejak menit pertama penonton dibawa pada suasana menegangkan perang dunia kedua. Berlokasi di Pantai Dunkirk yang merupakan benteng terakhir sebelum masuk negara Inggris. Ada 400.000 tentara di pantai Dunkirk yang terjebak, putus asa dan cemas terhadap nyawa dan nasib negara mereka. Diam dibombardir dari udara, keluar dicegat kapal selam. Tiada kepastian.

Christopher Nolan tak perlu membuat banyak dialog untuk mengisahkan apa yang terjadi. Boleh dikatakan, Dunkirk minim dialog. Anda tak mengenal nama tokohnya pun tak menjadi masalah karena tak ada karakter yang dominan dalam film ini. Semua karakter nampak begitu kecil pada latar yang terbatas, namun menegangkan. Meskipun begitu, akting para aktornya pun patut diapresiasi.

Dunkirk memiliki tiga timeline dengan tiga tempat yang berbeda untuk menceritakan dan menyatukan momen. The Mole yang berlangsung selama satu minggu, Laut selama satu hari, dan Udara selama satu jam. Melalui teknik crosscutting cerita bercampur, terserak, dan lantas menyatu menjadi sebuah gambaran utuh dengan cepat. Sangat khas Nolan.

Pendekatan ruang dan waktu oleh Nolan jelas berbeda dibandingkan dengan film-film yang mengambil kisah perang seperti, Platoon, The Thin Red Line, maupun Saving Private Ryan. Biasanya film perang mengeksploitasi adu tembak, kebrutalan dengan darah, dan potongan tubuh yang tercecer. Alih-alih melakukan hal tersebut, Nolan memilih aspek lain yang lebih manusiawi dan dapat dinikmati para remaja awal. Intensitas yang dibangun semakin terasa dengan deru pesawat ataupun rentetan tembakan. Kau akan terlonjak, tegang, dan takjub. Oleh-oleh yang dapat dibawa pulang karena terus teringang di telinga.

Kelemahan? Skorring Hans Zimmer dapat menjadi kelebihan maupun kelemahan sekaligus. Pada satu sisi mampu masuk dan mendukung film, akan tetapi ada beberapa adegan tertentu yang sebenarnya tak perlu diberikan karena justru mengganggu. Kedalaman karakter juga boleh dimasukkan ke dalam kelemahan pada film ini. Barangkali ada penonton yang mengharapkan lebih pada karakter di film ini. Secara pribadi, saya tidak terganggu sama sekali mengingat para tokohnya seperti berdiri sendiri dalam suasana perang yang kacau dan tidak terikat karena perbedaan ruang dan waktu dalam film.

Bukan Dunkirk. Beberapa orang mungkin menunjuk Memento, Inception, atau The Dark Knight sebagai film terbaik Christopher Nolan. Saya masih melihat The Prestige sebagai film terbaik sutradara berkebangsaan Inggris tersebut. Meskipun bukan film terbaiknya, Dunkirk memiliki sesuatu yang baru dan harus ditonton terutama bagi sineas muda.

8/10

Penulis:

Pecinta buku & film. Follow Instagramnya @irfa_ronaboyd_muhadiharja

Trailer film Dunkirk

Komentar dan Review film Dunkirk

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi