Poster Film Jailangkung
  • 5.5/10

Film Jailangkung (2017)

Sinopsis film Jailangkung

Bercerita tentang tragedi disebuah keluarga Ferdy (Lukman Sardi). Ketiga anak perempuan Ferdy berusaha mencari tahu misteri yang terjadi dibalik kejadian yang tragis tersebut. Salah satu anak perempuannya yaitu Bella (Amanda Rawles) meminta bantuan Rama (Jefri Nichol) yang akhirnya meminta bantuan dengan Jailangkung / Jelangkung. Lewat boneka kayu Jalangkung tersebut mereka mencoba memanggil arwah dan mencari tahu misteri yang terjadi.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 25 Juni 2017
  • Durasi 86 menit
  • Sutradara Jose Purnomo, Rizal Mantovani
  • Produser -
  • Produksi Screenplay Films, Legacy Pictures
  • Distributor -
  • Genre Horror
  • Kelompok Umur 13+

Daftar pemain film Jailangkung

Review & Ulasan film Jailangkung

Sajian sinematografi yang menawan dihancurkan begitu saja dengan alur cerita yang tidak jelas

| Ditulis oleh:

Jailangkung merupakan hasil kerja kedua duet sutradara Rizal Mantovani dan Jose Purnomo dalam film bertema sama, setelah pada 2001 mereka berdua juga menyutradarai film dengan judul yang hampir sama “Jelangkung”. Walaupun sedikit berbeda judulnya secara penulisan, namun pada intinya kedua film ini bercerita tentang tema yang sama. Ya, film ini bercerita tentang pemanggilan arwah melalui media boneka kayu. Jailangkung adalah sebuah permainan tradisional Indonesia yang bersifat supranatural. Permainan ini pada intinya adalah memanggil arwah dimana media yang digunakan untuk menampung makhluk halus yang dipanggil dalam permainan Jailangkung tersebut adalah sebuah gayung air yang umumnya terbuat dari tempurung kelapa yang didandani pakaian dan bergagang batang kayu.

Film ini digadang-gadang akan merajai box office Indonesia, bagaimana tidak rupanya film bergenre horror ternyata masih sangat digandrungi masyarakan pecinta film nasional. Itu terlihat dari penuhnya beberapa bioskop yang menayangkan film ini.

Lalu bagaimana sih sebenarnya film ini? Apakah Jailangkung (2017) ini bakalan lebih bagus dari film Jelangkung (2001) yang pada saat itu memang bisa dikatan menuai sukses?

Film Jailangkung ini bercerita tentang tiga orang gadis yang ingin menguak misteri yang terjadi pada Ayah mereka kala ditemukan dalam keadaan koma. Bella (Amanda Rawles) bersama kakaknya, Angel (Hannah Al Rasyid), dan adiknya Tasya, berusaha menemukan jawabannya dengan dibantu Rama (Jefri Nichol).

Filmini diawali dengan adegan eksekusi kepada seorang wanita yang diyakini sebagai dukun, dan segera saja adegan melompat jauh ke masa depan (present day) ketika Ferdy (Lukmas Sardi) sudah berada dalam keadaan koma. Dari sini kemudian cerita ini berkembang menjadi sebuah cerita tentang pencarian jawaban atas penyebab yang menimpa Ferdy.

Jujur saja, jalan cerita yang disajikan di film ini sangat aneh bagi saya. Semuanya serba nggak masuk akal dan terkesan dipaksakan. Boleh lah cerita horror supranatural memang tidak bisa dinalar, cuma tampaknya seaneh-anehnya sebuah kejadian paling tidak jalan cerita suatu film dapat dipahami dan tampak senatural mungkin. Masa iya, setelah kehujanan basah kuyup tiba-tiba bajunya jadi kering kerontang di scene yang lain. Atau, ada adegan yang menurut saya dipaksa ada, yaitu soal sindikat “entahlah” yang tiba-tiba muncul begitu saja, yang tampaknya dijejalkan supaya pada endingnya bisa mempunyai bahan buat nampilin sesuatu (nggak spoiler lho ini). Dan kalau anda mau perhatikan dengan logika, banyak hal yang menurut saya menjadi keanehan. (Clue: Masa iya ada orang sakratul maut di RS kok disyuting, dan lain-lain)

Dari awal sampai akhir keti film ini ditayangkan, menurut saya bagian terlemahnya ada di cerita. Jalan cerita yang amburadul membuat film ini bagi saja menjadi tidak jelas dan terkesan asal-asalan. Sang penulis cerita mungkin juga bingung mau bercerita bagaimana, ini ditunjukkan dengan adanya jeda waktu yang cukup lama dari pengantar (yang ingin menceritakan soal latar belakan semua persoalan di film ini) ke inti film ini.

Hal yang menurut saya cukup menghibur adalah sinematografi yang ditampilkan dengan cukup bagus. Seperti nonton film-film hollywood. Pengambilan gambar dari angkasa ternyata cukup membuat tampilan gambar film ini terasa “mahal” dan wah.

Sebagai film horror, buat saya film ini cukup membuat para penonton terlarut dalam ketegangan. Walaupun menurut saya masih kurang greget.

Akhir kata, sebagai sebuah film hiburan film ini bisa ditonton, tapi ingat pesan saya jangan mencoba untuk kritis karena saya jamin ketika kalian mencoba untuk menjadi kritis maka kalian tidak akan menikmati film ini. Datang, duduk, nikmati dan have fun. That’s all.

5.5/10

Trailer film Jailangkung

Komentar dan Review film Jailangkung

13 komentar untuk Jailangkung

  • Dwi Purti Nabilla -

    Saya suka dengan filem ini
    karna seram bingitt filem nya

    Balas
    • Alvinazhr -

      Satu theater malahan ketawa abis pas nonton ini, jadi kesannya mirip film horror-comedy

      Balas
  • Muhammad Vijay -

    suka banget sama film horor apalagi sama jalangkung :v

    Balas
  • Sandy -

    aseek jg bareng keluarga gw..barusan gw ronton.manteb?

    Balas
  • Cella -

    Alur cerita ga jelas, ga seram sama sekali, kualitas akting rendah. Padahal liat trailernya lumayan menarik, tetapi ternyata film nya amat sangat jauh dibawah ekspetasi.

    Balas
  • anisa lestari -

    seru juga film nya . pokonya pingin nonton lagi

    Balas
    • ria -

      Kira2 tgl 3 juli msh ngga ya

      Balas
  • Alvinazhr -

    Awalnya aku kira film ini ngeri atau ngegregetin, tapi sebenarnya malah jadin kebalikannya. Plot yg nggak jelas, effects yang jelek dan terkesan bodoh buat satu theatre semua ketawa nontonnya

    Balas
  • anabolic rx24 asli -

    filme nya gokil abis

    Balas
  • skariska -

    Masih ada gk sih tanggl 11 juli

    Balas
    • Dhimas Ronggobramantyo -

      Masih

      Balas
      • Dustin Gabriel Fabiano -

        Filmnya​ bagus sekali Buat Film ini filmnya bikin tegang,seram, aktingnya​ juga lumayan dapet buat para aktor aktris, dan udah juga bikin liburan lagi terima kasih ya Film jailangkung Buat filmnya ya

        Balas

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi