Poster Film Live by Night
  • 7.1/10
  • 5.5/10

Live by Night

Sinopsis film Live by Night

Diangkat dari novel dengan judul yang sama, mengambil lokasi tahun 1920 dan 1930 an. Dimana Joe Coughlin (Ben Affleck) yang merupakan anak kepala polisi Boston, yang setelah pindah ke Tampa, Florida, ia menjadi kriminal. Ia menjadi penyelundup dan penjual minuman keras hingga akhirnya menjadi seorang gangster yang berbahaya. Tetapi diantara para kriminal tetap mereka memiliki aturan, dan Joe melanggar aturan tersebut dengan melawan bos mafia yang paling berbahaya dan mencuri uangnya.

Adegan selama kredit film: Tidak
Adegan setelah kredit film: Tidak

  • Info film: Rilis 11 Januari 2017 dengan durasi 129 menit
  • Sutradara: Ben Affleck
  • Produser: Ben Affleck, Leonardo DiCaprio
  • Produksi: Appian Way Productions, Pearl Street
  • Distributor: Warner Bros. Pictures
  • Genre: Crime, Drama
  • Kelompok Umur: 17+

Daftar pemain film Live by Night

Review & Ulasan film Live by Night

Novel yang hebat, namun kurang mampu diadaptasi dengan baik menjadi sebuah film

| Ditulis oleh:

Ini bukan film pertama yang disutradarai oleh Ben Affleck, dan sayang sekali untuk kali ini dia kurang berhasil di film Live by Night. Sebelumnya Ben Affleck sudah berpengalaman menyutradarai film seperti Argo, The Town, Gone Baby Gone. Ya, film-film tersebut disutradarai oleh Ben Affleck dan dia cukup berhasil. Ketika saya duduk di dalam ruang bioskop untuk menonton film ini, saya berharap akan disuguhi sebuah tontonan yang keren. Sebuah film drama yang digabungkan dengan aksi-aksi menawan, tembakan di sana-sini dan beberapa kebrutalan yang disajikan. Tapi semua itu tampaknya tidak saya dapatkan.

Sejak awal film ini di mulai, film ini menyajikan sebuah cerita kilas balik, yang entah kenapa itu sangat membosankan. Prolog yang ditampilkan sepertinya tidak seirama dengan apa yang ditayangkan. Tidak ada patahan-patahan yang membuat penonton terkesima. Hanya mengalir saja. Datar, bahkan menurut saya malah mendayu-dayu. Ya, mungkin itu belum di klimaks cerita, masih perkenalan.

Ketika mulai masuk cerita lebih dalam, saya berharap ada sebuah bobot cerita yang kuat yang disampaikan. Jika kita mencermati lebih jauh, ada berbagai konflik yang dihadapi oleh Joe Coughlin (Ben Affleck) dalam kehidupannya. Konflik dengan ayahnya, dengan kedua boss mafia, juga dengan wanita yang dia cintai yang ternyata adalah kekasih dari salah satu bos mafia di kota tersebut. Saya berharap itu menjadi pondasi yang kuat dalam membangun cerita selanjutnya. Tetapi tampaknya dia tidak berhasil membangun pondasi tersebut, sehingga cerita selanjutnya hanya mengalir saja. Tidak ada kekuatan di dalamnya.

Dalam film ini bisa dibagi menjadi 4 bagian menurut saya: Pertama, masa ketika Joe Coughlin menjadi seorang penjahat kelas teri, dimana dia tidak terafiliasi dengan satupun kelompok mafia di kota itu. Dia hanya seorang penjahat biasa. Kedua, saat setelah dia dijebak oleh kekasih Albert White yang adalah wanita yang juga dia cintai. Ketiga, masa ketika Joe bergabung dengan Maso Pescatore untuk membalas dendam kepada Albert White dengan memanfaatkan perseteruan antara kedua bos mafia tersebut. Di masa ini Joe berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis di Ybor City. Keempat, masa dimana dia keluar dari semua hiruk-pikuk dunia hitam, dan menyepi dengan keluarganya. Di sini ia kehilangan istrinya yang ditembak oleh Figgis.

Ketika melihat alur yang disajikan, sebenarnya sederhana dan terlihat dimana intensitas cerita itu bertitik berat. Ternyata untuk mendapatkan hal itu dibutuhkan aktor dan aktris watak yang bagus untuk bisa mendukung setiap kisah yang disampaikan. Dan mungkin kekurangannya itu, film ini menjadi seperti tidak fokus. Ada semacam serpihan-serpihan cerita yang ingin dirangkai, tetapi gagal menciptakan nat-nat yang halus. Bahkan ketika film ini ingin bercerita tentang perjalanan hidup seorang Joe Coughlin, film ini tidak mampu melakukannya.

Lalu apa kesimpulannya? Kesimpulannya film ini gagal menurut saya, tidak seperti film-film arahan Ben Affleck sebelumnya yang mampu memikat perhatian penonton sehingga mendapatkan apresiasi yang cukup bagus. Nah, tantangan selanjutnya adalah apakah The Batman dan Witness for the Prosecution, yang merupakan film selanjutnya yang akan disutradarai (dan dimainkan) oleh Ben Affleck mampu kembali mendapatkan respon positif dari para pecinta film. -SALAM NONTONERS-

Rating Film 5.5/10
1 1 1 1 1 0.5 0 0 0 0

Trailer film Live by Night

Komentar dan Review film Live by Night

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi