Poster Film Snowden
  • 7.4/10
  • 62%
  • 6.5/10

Film Snowden (2016)

Sinopsis film Snowden

Kisah nyata dari Edward Snowden (Joseph Gordon-Levitt) yang bekerja di CIA dan NSA. Ia merupakan insinyur komputer dan pada tahun 2013 membocorkan dokumen-dokumen rahasia dari NSA (National Security Agency) kepada pers. Ikuti kisah nyatanya dari ketika ia diterima kerja di CIA hingga mendapatkan suaka di Russia.

Adegan selama kredit film: Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 16 September 2016
  • Durasi 138 menit
  • Website https://snowdenfilm.com
  • Sutradara Oliver Stone
  • Produser Moritz Borman, Eric Kopeloff, Philip Schulz-Deyle, Fernando Sulichin
  • Produksi Endgame Entertainment, Wild Bunch
  • Distributor Open Road Films
  • Genre Biography, Drama, Thriller
  • Kelompok Umur SU

Daftar pemain film Snowden

Review & Ulasan film Snowden

Datar dan tanpa kejutan, tetapi asik ditonton ketika mengetahui fakta tentang CIA & NSA, jika itu benar fakta

| Ditulis oleh:

Snowden bakalan jadi film yang sulit untuk direview, fakta bahwa apa yang dilakukan Edward Snowden pada tahun 2013 mengejutkan dunia dan fakta bagaimana ia melakukan hal tersebut sebenarnya hanya dengan cara yang biasa-biasa saja, dan hal tersebut yang difilmkan bakalan menjadi tantangan tersendiri bagi sang sutradara Oliver Stone.

Pada tahun 2013 Oliver Stone membeberkan rahasia NSA dan CIA tentang fakta bahwa mereka menyadap semua telepon diamerika serikat, mereka mengambil gambar kamera CCTV bahkan dari kamera laptop Anda, mereka memiliki sebuah mesin pencari yang bisa menemukan informasi apapun dari email, percakapan chatting dan lain-lain. Ia membocorkan itu kepada wartawan The Guardian yaitu Gleen Greenwald yang diperankan oleh Zachary Quinto yang kita kenal sebagai Spock dalam film Star Trek. Selain itu ada wartawan lainnya yaitu Laura Proitas dan juga Ewen MacAskill. Pertemuan tersebut terjadi di Hongkong dan cerita film ini dimulai dari sini.

Jadi, Snowden mengambil data NSA diam-diam ya dengan tidak sulit sepertinya karena ia bekerja disana, kemudian memberikannya kepada wartawan, setelah itu selesai. Itu akan menjadi cerita yang membosankan, sehingga Oliver Stone mencoba memulai cerita dari saat wawancara dan mendengar cerita Snowden jauh kebelakang ketika ia masih melakukan pelatihan menjadi pasukan khusus. Ia mengalami cedera dan karirnya dimiliter hancur sehingga ia mencoba masuk ke CIA sebagai pakar komputer.

Disini kita bisa melihat bagaimana Snowden merupakan warga yang bangga dengan negaranya, rela berkorban demi negaranya. Dan ia tiba-tiba berubah membenci pemerintahannya begitu mengetahui bahwa mereka memata-matai semua orang, ia melihat tentara menembak roket ke anak kecil di Timur Tengah, ia melihat rekannya dapat dengan mudah memata-matai setiap orang, termasuk pacarnya. Hal ini membuat hubungan Snowden dengan kekasihnya menjadi berantakan, hubungannya antara Snowden dengan kekasihnya ditampilkan menjadi salah satu pemicu yang membuat Snowden mencuri data rahasia NSA. Ia bahkan memilih Obama dan berharap ketika Obama menjadi presiden keadaan akan berubah, tetapi ternyata sama saja.

Snowden mencuri data NSA dan memberikannya kepada wartawan, itu cerita yang singkat. Sehingga sang sutradara mencoba mengembangkannya dengan cerita hubungannya dengan kekasihnya, bagaimana Snowden berkenalan dengan veteran teknologi geek yang diperankan oleh Nicolas Cage, walaupun hanya sekilas. Dan sutradara sedikit berhasil mengembangkannya walaupun hasilnya tidak maksimal, ya karena memang tema cerita yang diambil yaitu kisah Snowden memang hanya seperti itu.

Yang menarik sebenarnya adalah apa yang terjadi setelah Snowden membeberkannya, informasi apa saja yang dibeberkan, seperti apa sebenarnya NSA dan CIA bisa memiliki data itu, bagaimana mereka memaksa raksasa teknologi seperti Google, Facebook, Microsoft dan lainnya untuk memberikan mereka data. Sayangnya semua hal tersebut tidak terlalu ditampilkan secara maksimal padahal Snowden mengetahui itu semua.

Difilm ini juga akan muncul banyak istilah-istilah dibidang IT yang bakalan sulit dimengerti orang awam. Snowden diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt dengan bagus, bahkan ia mengubah cara bicaranya agar mirip Snowden ya walaupun kadang-kadang terkesan sedikit aneh. Tetapi keperawakan dan bentuk tubuhnya memang mirip, jadi pemilihan aktornya sudah tepat. Tidak ada klimaks atau adegan yang menegangkan difilm ini karena memang lebih kearah drama.

Kasus Snowden heboh pada tahun 2013 dan pada tahun 2016 hanya 3 tahun film biopiknya keluar. Cepat sekali, biasanya film biopik keluar setelah 5 tahun lebih. Sama seperti film Steve Jobs yang keluar 2-3 tahun setelah ia meninggal. Ini menandakan betapa besar efek yang ditimbulkan oleh Snowden, efek yang terjadi setelahnya. Bahkan difilm Jason Bourne kemarin kepala CIA nya mengungkit masalah Snowden juga. Sayang dampak dan efek tersebut tidak ditampilkan dengan gamblang difilm ini.

Bagi yang penasaran seperti apa sih Snowden dan apa yang ia lakukan, silahkan tonton film ini. Anda akan melihat bagaimana ternyata NSA & CIA memata-matai semuanya. Entah benar ataupun salah tetapi informasi tersebut telah dibocorkan oleh Snowden. Sebagian besar rakyat Amerika menganggapnya pahlawan (Whistleblower) sebagian lagi menganggapnya pengkhianat. Bagi pemerintah Amerika, jelas Snowden adalah pengkhianat dan saya yakin mereka menginginkan Snowden mati. Ia sekarang berada di Russia, diberi suaka oleh presiden Russia, Vladinir Putin untuk tinggal disana, dan bahkan mungkin dilindungi. Mungkin Russia menganggap musuh Amerika adalah teman Russia, atau bisa juga jangan-jangan Snowden adalah mata-mata Russia. Who knows?

6.5/10

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

Trailer film Snowden

Berita Snowden

Edward Snowden, Seorang Pahlawan sekaligus Pengkhianat

Edward Snowden, Seorang Pahlawan sekaligus Pengkhianat

| Tidak ada komentar

Film Snowden yang sebentar lagi tayang di bioskop Indonesia merupakan adaptasi dari kisah hidup Edward Snowden yang diangkat berdasarkan buku "The Snowden Files" oleh Luke Harding dan "Time of the Octopus" oleh Anatoly Kucherena. Film ini di bintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo, Zachary Quinto, Tom Wilkinson, Scott Eastwood, Logan Marshall-Green, Timothy Olyphant, […]

Film Snowden yang berdasarkan kisah nyata tayang September 2016

Film Snowden yang berdasarkan kisah nyata tayang September 2016

| Tidak ada komentar

Apakah Anda tahu kisah Edward Snowden? Mungkin Anda sering dengar kata Snowden tapi mungkin tidak tahu apa itu, tetapi di Amerika sana Snowden sangat fenomenal. Anda bisa googling untuk mengetahui siapa itu Edward Snowden lebih lengkapnya, karena saya hanya akan menceritakan secara singkat bagian yang menarik dari kisah Edward Snowden.

Komentar dan Review film Snowden

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi