Poster Film Split
  • 7.5/10
  • 74%
  • 8/10

Split

Sinopsis film Split

Tiga orang gadis diculik dan disekap oleh Kevin (James McAvoy), seorang yang memiliki 24 kepribadian yang berbeda. Mereka harus menemukan beberapa kepribadian yang mau diajak bekerjasama untuk mengeluarkan mereka dari penyekapan dan melarikan diri untuk menyelamatkan hidup mereka.

Adegan selama kredit film: Tidak
Adegan setelah kredit film: Tidak

  • Info film: Rilis 15 Februari 2017 dengan durasi 117 menit, http://www.splitmovie.com/
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Produser: M. Night Shyamalan, Jason Blum, Marc Bienstock
  • Produksi: Blinding Edge Pictures, Blumhouse Productions
  • Distributor: Universal Pictures
  • Genre: Horror, Thriller
  • Kelompok Umur: 17+

Daftar pemain film Split

Review & Ulasan film Split

24 kepribadian yang membuat kita ikut “sakit dan tegang”, didukung oleh acting yang ciamik dari tokoh utamanya

| Ditulis oleh:

Kamu suka dengan film yang mengangkat aspek gangguan psikologis tokoh utama dalam ceritanya? Mungkin Split adalah salah satu film yang wajib untuk kamu tonton.

Jika biasanya film bertema sama hanya mengangkat dua kepribadian dalam satu tubuh seperti film Fight Club (1999), film Split karya M. Night Shyamalan  ini mengangkat cerita tentang 24 kepribadian dalam satu tubuh. Fantastis bukan?

Adegan pertama Split berawal dari perculikan tiga orang gadis remaja Casey (Anya Taylor-Joy), Claire (Haley Lu Richardson), dan Marcia (Jessica Sula) oleh seorang laki-laki misterius (James McAvoy) lalu menyekap mereka dalam satu ruangan pada sebuah basement. Belakangan diketahui bahwa laki-laki tersebut bernama Kevin dan memiliki kelainan psikis. Setiap masuk dalam ruang penyekapan tiga orang gadis tersebut, Kevin selalu berubah menjadi tokoh-tokoh yang berbeda. Pertama adalah Dennis seorang laki-laki dengan ciri berkaca mata, rapi, sangat disiplin dan super bersih, kedua Patricia seorang wanita yang selalu menggunakan selendang wol di bahunya, dan ketiga Hedwig seorang anak laki-laki berumur Sembilan tahun yang masih sangat suka bermain serta takut dengan tokoh Dennis & Patricia.

Mengalihkan ketegangan adegan di basement, kita juga akan disuguhi oleh kenangan kelam masa kecil Casey, salah satu gadis yang disekap. Casey adalah gadis yang pendiam, introvert, namun sangat cerdas dan berhati-hati. Ia banyak mengalami kekerasan secara seksual dan fisik selama hidupnya sehingga ia memiliki kehidupan yang sangat berbeda pada gadis-gadis lain seumurannya.

Selain itu, ada juga adegan Kevin mengunjungi konsultan psikiaternya Dr Fletcher (Betty Buckley) sebagai kepribadiannya yang bernama Barry. Barry adalah seorang fashion designer yang sangat berbakat dan baik hati. Dari sini lah kita akhirnya mengetahui jika Kevin mengidap penyakit psikis  gangguan identitas disosiatif (Dissociative Identity Disorder) dengan 23 kepribadian. Beberapa kepribadiannya sangat baik dan dapat membuat Kevin sangat menonjol, namun ada juga kepribadian yang lemah dan dapat menyesatkan Kevin. Secara bergantian ke-23 kepribadian ini bergantian muncul memanipulasi tubuh Kevin. Eitttsss… belum selasai sampai situ, ternyata Kevin masih menyembunyikan satu kepribadian lagi yang sangat mengerikan dan akan di keluarkan pada akhir cerita.

Selama 120 menit kita akan disuguhkan dengan banyak adegan yang membuat kita tegang, bertanya-tanya dan menebak sendiri dengan potongan-potongan adegan dalam alur ceritanya. Minim fun, dominasi thriller, dan tambahan drama mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan film ini. Secara keseluruhan film ini digarap dengan sangat ciamik.

Tidak kalah dengan film M. Night Shyamalan lain seperti The Sixth Sense (1999) dan Signs (2002), Split juga menawarkan ending yang sangat menarik. Acting James McAvoy yang sangat menonjol dalam membawakan berbagai karakter berbeda secara detail dan intens juga patut menjadi pertimbangan untuk menjadikan Split sebagai film yang wajib untuk ditonton. Lewat film ini James McAvoy menyakinkan kita jika ia memiliki kemampuan acting yang sangat mumpuni.

Sebenarnya individu dengan 24 kepribadian ini benar-benar ada dalam kehidupan nyata. Seorang bernama Billy Milligan asal Ohio, Amerika  yang lahir pada tahun 1955 memiliki 24 kepribadian yang berbeda. Kisah nyata Billy ini diangkat menjadi sebuah buku berjudul ‘The Minds of Billy Milligan’’ yang terbit tahun 1988, ditulis oleh Daniels Keyes dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

Apakah kisah ini yang telah menginspirasi M. Night Shyamalan untuk membuat Split?

Penasaran ga sih sama filmnya?

Tonton aja…

Rating Film 8/10
1 1 1 1 1 1 1 1 0 0

Penulis:

Fashion Designer wannabe...

Trailer film Split

Komentar dan Review film Split

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi