Poster Film The Light Between Oceans
  • 7,2/10
  • 61%
  • 7/10

Film The Light Between Oceans (2017)

Sinopsis film The Light Between Oceans

Pada tahun-tahun setelah Perang Dunia I, Tom Sherbourne (Michael Fassbender), seorang veteran muda yang masih mati rasa dalam tahun-tahun hidupnya akibat pertempuran, mendapat pekerjaan sebagai penjaga mercusuar di Janus Rock, sebuah pulau terpencil di lepas pantai Australia Barat. Sebagai satu-satunya penghuni pulau itu, dia menemukan penghiburan dalam monoton tugas dan kesendirian lingkungannya. Ketika bertemu dengan putri kepala sekolah, Isabel Graysmark (Alicia Vikander), di kota kecil Partageuse di daratan, Tom terpukau oleh kecantikan, kecerdasan dan gairahnya, dan mereka segera menikah dan tinggal di pulau itu. Saat cinta mereka berkembang, dia mulai merasa lagi, kebahagiaan mereka hanya dirusak oleh ketidakmampuan mereka untuk memulai sebuah keluarga. Ketika sebuah perahu dayung dengan seorang pria mati dan bayi perempuan secara misterius terdampar di darat, Isabel mulai mendapatkan kebahagiaannya kembali. Dua kali mengalami keguguran membuat Isabel yakin bahwa doa mereka akhirnya dapat dijawab. Ini membuat Tom berada di persimpangan keputusan, antara melaporkan anak yang hilang itu sebagai bagian dari tanggung jawabnya sebagai penjaga mercusuar atau menyenangkan wanita yang dicintainya. Mengabaikan penilaiannya sendiri, dia setuju untuk membiarkan Isabel membesarkan anak itu sebagai milik mereka sendiri, sebuah pilihan dengan konsekuensi yang kemudian menghancurkan kehidupan mereka.

Adegan selama kredit film: Tidak Ada
Adegan setelah kredit film: Tidak Ada

Info Film

  • Tanggal Rilis 26 Mei 2017
  • Durasi 132 menit
  • Sutradara Derek Cianfrance
  • Produser David Heyman, Jeffrey Clifford
  • Produksi Ron Patane Production companies DreamWorks Pictures, Reliance Entertainment, Participant Media, Heyday Films
  • Distributor Walt Disney Studios, Motion Pictures, Entertainment One Films
  • Genre Drama, Romance
  • Kelompok Umur 17+

Daftar pemain film The Light Between Oceans

Review & Ulasan film The Light Between Oceans

Cerita yang lemah, yang bahkan akting Michael Fassbender, Alicia Vikander dan Rachel Weisz pun tidak mampu mengangkat film ini

| Ditulis oleh:

The Light Between Oceans adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel karya M. L. Stedman dengan judul yang sama. Novel yang dipublikasikan pada tahun 2012 ini memang bukan novel yang istimewa, dengan jalan cerita yang pastinya mudah untuk ditebak. Ide ceritanya sangat sederhana, yaitu tentang seorang veteran perang dunia I yang merasa putus asa dan depresi akibat perang yang dia hadapi, kemudian mencoba mengasingkan diri dengan cara melamar pekerjaan menjadi penjaga mercu suar di sebuah pulau terpencil. Di sana dia bertemu dengan perempuan yang ternyata membuat dia kembali bersemangat menatap masa depannya, dan kemudian dinikahinya. Setelah dua kali mengalami keguguran dan dalam keputusasaanya, mereka menemukan seorang bayi yang terdampar di pulau tersebut  dan mengangkat bayi tersebut sebagai anak mereka. Konflik terjadi ketika mereka mendapati sang ibu bayi tersebut ternyata sangat kehilangan dan mengharapkan anaknya bisa kembali dengan selamat.

Film yang diceritakan dengan alur sederhana ini nyaris tidak memiliki sesuatu yang wah di dalamnya. Dan saya rasa akting pemain utamanya, Michael Fassbender, Alicia Vikander dan Rachel Weisz yang merupakan poros dari cerita tersebut tidak mampu mengangkat film ini menjadi sesuatu yang "wah". Memang akting mereka cukup ciamik di film ini, bahkan menurut saya sangat keren karena mereka menghidupkan karakter dengan terlihat natural, dan tidak berlebihan. Lihat saja bagaimana Isabel Sherbourne (Alicia Vikander) yang merasa hancur ketika mengetahui dirinya harus keguguran dua kali, dan di sana ditampakkan kesedihannya dengan tidak berlebihan namun cukup membuat penonton paham bagaimana perasaan seorang ibu yang hancur ketika mendapati peristiwa tersebut. Lalu bagaimana dia bisa membuat penonton turut merasakan suka citanya seorang wanita yang menemukan seorang bayi yang terdampar dan menjadikan dia anaknya. Dan lalu bagaimana dia menerjemahkan kesedihannya lagi ketika anak yang dia rawwat dan besarkan, kemudian secara paksa harus diambil darinya. Tom Sherbourne (Michael Fassbender), yang menghadapi situasi pelik antara harus melakukan sesuatu yang benar menurut aturan atau memilih mengalah mengikuti keinginan istrinya pun ditampilkan dengan apik. Lalu lihatlah bagaimana Rhachel Weisz berlakon. Dia pun menerjemahkan karakternya dengan sangat luar biasa, bisa membawa penonton masuk ke dalam emosi yang dia rasakan. Ada kemarahan, kesedihan yang bercampur yang bisa dia sampaikan dengan cara yang menawan.

Tidak diragukan lagi, ketika orang ini adalah aktor dan aktris yang sangat baik, tetapi dalam film ini bakat mereka seakan tidak didukung oleh jalan cerita yang hebat. Cerita yang ditampilkan terkesan mengalir dengan terlalu lancar, dan tanpa ada simpul-simpul kejutan disana. Dan dengan penalaran yang sederhana pun anda akan bisa menduga bagaimana cerita dalam film ini berakhir. Bahkan di pertengahan film ini pun, anda mungkin sudah menganggap kalau film ini sudah berakhir. Sayang memang...

Jadi, akhirnya ini bukan karena akting mereka yang tidak bagus. Mereka sudah menjalankan peran dengan sangat bagus, namun sayangnya hal itu tidak mampu mengangkat film ini menjadi sesuatu yang keren.

Jika anda ingin menonton film ini, tenang film ini tidak akan membuat anda berderai airmata, dan anda dapat menikmati film ini dengan cukup santai tanpa harus menyiapkan banyak tissue.

Meskipun cerita dalam film ini, sangat sederhana dan disajikan dengan alur yang sederhana, namun film ini mau berkata kepada kita para penonton soal cinta, kesetiaan dan juga pengkhianatan.

Jadi, apakah film ini layak untuk ditonton? Saya katakan anda tidak akan kecewa menonton film ini, apalagi jika anda menonton bersama pasangan anda. Karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya, film ini bercerita banyak hal kepada kita.

Akhir kata, "The Light Between Oceans adalah film yang bagus, namun tidak cukup keren."

7/10

Trailer film The Light Between Oceans

Komentar dan Review film The Light Between Oceans

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi