Karapan Sapi, Budaya Lokal yang Siap Menuju Hollywood

| Tidak ada komentar

Karapan Sapi, Budaya Lokal yang Siap Menuju Hollywood

Karapan sapi atau disebut juga kerapan sapi adalah sebuah bagian kebudayaan Indonesia, yang lebih tepatnya kebudayaan yang muncul dan bekembang di pulau Madura. Karapan sapi adalah sejenis perlombaan balapan sapi yang dikemas dalam sebuah kebudayaan lokal yang indah dan unik. Bagi masyarakat Madura, karapan sapi bukan hanya pesta rakyat tahunan. Karapan sapi juga bukan hanya sebuah tradisi yang dilaksanakan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Karapan sapi bagi mereka adalah sebuah kebanggaan yang dapat mengangkat martabat diri di mata masyarakat.

Melihat hal ini, Livi Zheng seorang sineas muda Hollywood kelahiran Blitar, Jawa Timur berpendapat bahwa kebudayaan ini sangat cocok untuk diangkat ke layar lebar dan menjadi sebuah tema yang unik, khususnya bagi pasar Amerika. Oleh karena itu ia berencana membuat film tentang budaya Karapan Sapi di Pulau Madura.
Masyarakat Madura yang selalu bersemangat berkompetisi, semangat bertahan hidup memang layak untuk dijadikan inspirasi. Oleh karena itu, cerita tentang Madura layak untuk diangkat ke pentas internasional, dengan membawa ikon Madura, Karapan Sapi.

Menurut Livi, rencananya film tersebut nantinya akan bergenre action. Oleh karena itu, Livi Zheng menggandeng aktor laga Yayan Ruhian sebagai penata laga. Ia optimis film tentang Karapan Sapi ini akan bisa menarik minat pasar film Amerika Serikat karena keunikan dan kekhasannya.

Baca juga: Raditya Dika Membocorkan Jalan Cerita Film Hangout kepada Publik, Mau Tahu?

Jadi, mari kita tunggu saja apakah film ini benar-benar akan digarap atau malah batal produksi. Semoga saja kejadian, biar budaya dan tradisi warisan leluhur ini bisa dikenal lebih luas oleh dunia.

Tag: , , , , , , ,

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi