Athirah, Kisah tentang Ketegaran Hati Seorang Ibu

| Tidak ada komentar

Athirah, Kisah tentang Ketegaran Hati Seorang Ibu

Sebuah film nasional buatan anak bangsa, yang ber-genre Biografi akan segera ditayangkan di bioskop Indonesia. Film yang bercerita tentang kehidupan dan perjuangan ibunda dari bapak Jusuf Kalla (Wakil Presiden Republik Indonesia) ini dijadwalkan tayang pada 29 September 2016. Film ini diangkat dan diadaptasi dari novel berjudul Athirah yang ditulis oleh Alberthiene Endah, seorang penulis biografi tokoh-tokoh di Indonesia.

Di dalam film ini akan ditunjukkan bagaimana Athirah dengan sikap tegarnya, menghadapi berbagai permasalahan yang ada. Dengan tetap berperan sebagai seorang ibu. Sosok Athirah ini akan diperankan oleh Cut Mini. Lokasi syuting film Athirah ini dilakukan di beberapa daerah di Sulawesi Selatan, seperti: Makassar, Bone, Sengkang dan Parepare.

Setting utama film ini adalah rumah Athirah yang dibangun di kota Makassar. Kabarnya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan untuk mengubah sebuah asrama mahasiswa menjadi rumah kuno era 1950-an, lengkap dengan perabotnya.

Baca juga: Riri Riza dan Nicholas Saputra Kembali Berkolaborasi dalam Film Dokumenter Cornel Simanjuntak

Kendala lain yang muncul adalah pembuatan setting kantor Haji Kalla yang berada di kawasan niaga. Lokasi aslinya sebenarnya ada di Makassar, tetapi mereka tidak mendapatkan lokasi itu di Makassar. Untuk menemukan lokasi yang hampir mirip seperti cerita aslinya, mereka harus pindah sekitar 150 kilometer ke utara Sulawasi, yaitu di kota Sengkang. Kebetulan juga Sengkang merupakan penghasil kain tenun sutra Bugis–Makassar. Jadi akhirnya mereka membangun dan menciptakan setting Makassar di Sengkang.

Dalam film ini juga akan menampilkan dandanan perempuan khas Makassar. Cut Mini sebagai Athirah dan Jajang C Noer yang berperan sebagai ibunya atau Mak Kerah, selalu ditampilkan mengenakan sarung khas Makassar, yaitu lipa’ sa’be atau sarung sutra Bugis. Mereka juga menggunakan dialek khas Makassar. Termasuk pula tentu saja makanan yang disajikan pun adalah makanan khas Makassar.

Semoga dengan film ini, makin banyak film-film nasional yang mengangkat kisah berlatar belakang budaya lokal dari berbagai pelosok nusantara. Sehingga kita semua semakin tahu dan mencintai kebudayaan peninggalan pendahulu kita.

Kita tunggu saja penayangannya di bioskop-bioskop di kota anda pada 29 September 2016 ini, jika masih penasaran bagaimana filmnya, kalian bisa lihat dulu trailer film Athirah dan membaca sinopsis film Athirah ini terlebih dahulu.

Tag: , ,

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi