10 Rekor Baru Di Nominasi Oscar 2018

| Tidak ada komentar

10 Rekor Baru Di Nominasi Oscar 2018

Masihkah Anda ingat dengan gerakan 'Oscar So White?' Setelah sekian lama dituduh kurang diversifikasi, nominasi Oscar 2018 melontarkan banyak kejutan manis bagi siapapun yang menginginkan keragaman di Academy Awards. Untuk menyambut hiruk-pikuk pagelaran Oscar 2018 yang akan dihelat pada 4 Maret (zona waktu AS), berikut adalah beberapa kejutan yang menjadi rekor bersejarah dan patut kita cermati.

1. Pemain Basket Pertama

Kobe Bryant memang bukan pemain NBA pertama yang terjun ke dunia film. Jika berbicara tentang bintang basket AS yang banyak tampil di layar lebar, Shaquille O'Neal-lah orangnya. Namun demikian, Bryant behasil membuktikan jika kuantitas tak menentukan segalanya. Meski cuma dinominasikan lewat film animasi pendek berjudul Dear Basketball, Kobe Bryant tetap sukses menjadi pemain basket pertama yang mendapat nominasi Oscar.

2. Sinematografer Wanita Pertama

Walaupun tak sementereng kategori Best Film, Best Director, Best Actor, dsb., nominasi untuk sinematografer terbaik tetap dianggap penting karena berkaitan langsung dengan sosok-sosok cakap di balik seni visual film. Namun tahukah Anda? Selama 89 tahun Academy Awards digelar, tak satupun nama sinematografer wanita muncul dalam daftar nominasi.

Baca juga: Mark Wahlberg Dukung Nominasi Film Populer Terbaik Di Oscar

Ajang Oscar 2018 kali ini menghembuskan angin perubahan, karena Rachel Morrison mencuat sebagai figur wanita pertama yang berhasil menembus kategori tersebut. Ia merupakan sinematografer Mudbound, film Netflix yang berkisah tentang persahabatan 2 pria berbeda ras.

Film Superhero Pertama Di Kategori Best Adapted Screenplay

Sudah bukan rahasia umum bila Oscar cenderung melewatkan film-film dengan genre mainstream seperti superhero. Namun kesuksesan Logan sebagai film drama yang mengesampingkan sisi superhero-nya, berhasil memancing perhatian anggota Academy untuk memperhitungkannya di kategori top.

Logan tembus nominasi oscar

Alhasil, Logan berhasil mendarat di daftar nominasi Best Adapted Screenplay, sekaligus mencatatkan diri sebagai film superhero pertama yang sukses melakukannya. Bahkan The Dark Knight yang dikenal karena taburan prestasinya pun belum mampu melakukan hal ini.

4. Aktor Tertua

Christopher Plummer yang melangkah maju sebagai pengganti Kevin Spacey di All the Money in the World, berusia 88 tahun ketika ia terdaftar di nominasi aktor pendukung terbaik. Fenomena ini sangat menarik karena sebelumnya, Kevin Spacey sudah hampir dipastikan mendapat pengakuan terhormat berkat perannya di film ini. Namun karena skandal seks yang menerpanya, Christopher Plummer yang secara mendadak menggantikannya justru mendapat sorotan utama.

Meski dipenuhi kontroversi, bintang gaek tersebut berhasil menyingkirkan Gloria Stuart sebagai pelakon film tertua yang pernah mendapat nominasi Oscar. Sebelumnya, Stuart yang bermain di Titanic meraih rekor pemain film tertua ketika ia dinominasikan di usia ke-87.

5. Aktor Termuda

Berbanding terbalik dari rekor sebelumnya, kejutan kali ini datang dari bintang muda yang sanggup menorehkan prestasi mengesankan di jajaran kandidat Best Actor. Ia adalah Timothee Chalamet yang baru berumur 22 tahun ketika namanya resmi dicantumkan ke dalam daftar calon pemenang. Pencapaian aktor yang bermain di film Call Me by Your Name ini terjadi untuk yang pertama kalinya dalam 80 tahun terakhir.

Aktor termuda peraih nominasi oscar

 

Selain itu, Chalamet bersaing dengan Daniel Kaluuya, aktor muda lain dari film Get Out. Situasi ini mengulangi kompetisi Tom Cruise dan Kenneth Branagh di tahun 1990.

6. Serba Lima

Secara tak terduga, Oscar 2018 banyak diwarnai dengan angka lima dalam rekornya. Greta Gerwig (Lady Bird) menjadi sutradara wanita kelima yang berkesempatan nangkring di nominasi Best Director, Guillermo del Toro (The Shape of Water) adalah sutradara berkebangsaan Amerika Latin kelima yang dinominasikan dalam satu kategori dengan Gerwig, sementara Jordan Peele (Get Out) menjadi sutradara kulit hitam kelima di kategori yang sama.

Tak hanya di jajaran sutradara, situasi paralel dari angka lima ini juga menghampiri komposer John Williams. Figur legendaris di dunia film scoring ini masih memimpin sebagai peraih nominasi Oscar terbanyak sepanjang masa. Wajar saja, pencantuman namanya di Academy Awards kali ini memang sudah menjadi nominasi yang ke-55 baginya.

7. Penulis Wanita Kulit Hitam Pertama

Rekor ini dipecahkan oleh Dee Rees yang menulis naskah adaptasi untuk Mudbound. Sedangkan di kategori penulisan naskah secara umum (original dan adaptasi), ia menjadi yang kedua setelah Suzanne de Passe berhasil membuktikan diri lewat film Lady Sings the Blues di tahun 1973.

8. Peraih Nominasi Di Kategori Akting Dan Soundtrack

Film Mudbound lagi-lagi mengantarkan perwakilannya untuk memecahkan rekor baru di Academy Awards. Kali ini kejutan datang dari Mary J. Blige, bintang pertama yang menembus nominasi aktris pendukung sekaligus pembawa soundtrack terbaik. Kombinasi tersebut terbilang unik, lantaran hanya bisa dicapai oleh sosok yang sama-sama memiliki keahlian mumpuni dalam berakting dan menyanyi.

9. Nominasi Pertama Untuk Christopher Nolan

Di era film masa kini, siapa yang tak kenal Christopher Nolan? Sutradara berprestasi itu telah berulang kali mengarahkan film-film terkenal, termasuk trilogi The Dark Knight, Inception, Interstellar, dan yang terbaru, Dunkirk.

Christopher Nolan akhirnya mendapat nominasi Best Director

Meski ia telah lama menjadi sutradara yang diakui, Nolan tak pernah merasakan atmosfir penghargaan Oscar sebagai kandidat sutradara terbaik. Baru di tahun 2018 ia berhasil diperhitungkan untuk bersaing dengan sutradara-sutradara pemecah rekor sebelumnya, yakni Greta Gerwig, Jordan Peele, dan Guillermo del Toro.

10. Pasangan Terbanyak

Beberapa nominasi di Academy Awards ke-90 di tujukan pada pasangan suami istri yang memang bekerja secara berpasangan. Menariknya, jumlah pasutri yang mendapat nominasi di Oscar 2018 adalah yang terbanyak sepanjang sejarah. Tercatat, ada 7 pasangan di berbagai film dan kategori yang masuk sebagai peraih nominasi Oscar 2018. Mereka adalah:

  1. Emma Thomas dan Christopher Nolan (Best Picture untuk Dunkirk)
  2. JoAnne Sellar dan Daniel Lupi (Best Picture untuk Phantom Thread
  3. Elaine McMillion Sheldon dan Kerrin Sheldon (Best Documentry Short untuk Traffic Stop)
  4. Max Porter dan Ru Kuwahata (Best Animated Short untuk Negative Space)
  5. Emily V. Gordon dan Kumail Nanjiani (Best Original Screenplay untuk The Big Sick)
  6. Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez (Best Original Song untuk Coco)
  7. Dorota Kobiela dan Hugh Weichman (Best Animated Feature untuk Loving Vincent)

Film manakah yang sanggup berjaya di acara Oscar 2018 kali ini? Apakah Mudbound yang berhasil memecahkan beberapa rekor, atau justru ada kuda hitam yang sanggup membuat kejutan-kejutan baru? Kita tunggu saja bagaimana hasilnya 4 Maret nanti.

Tag:

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi