Siapkan Nyali! Insidious Bakal Luncurkan Film Kelima

| Tidak ada komentar

Siapkan Nyali! Insidious Bakal Luncurkan Film Kelima

Setelah kesuksesan The Last Key yang tak disangka-sangka, Blumhouse akan memproduksi film kelima Insidious yang masih penuh misteri. Meski demikian, seri kali ini dikabarkan tidak lagi dikonsep sebagai prekuel. Bagaimana detail selengkapnya?

Sebelum fenomena The Conjuring (2013) yang akhirnya mengorbitkan spin-off Annabelle dan The Nun (Valak), ada Insidious (2011) yang sukses mengumpulkan popularitas di Box Office maupun panel kritik. Sama-sama disutradarai James Wan, Insidious dan The Conjuring dikenal sebagai dua sinema modern yang gemilang dalam membangkitkan animo horor di kalangan penikmat film.

Secara khusus, Insidious memang menghadirkan sesuatu yang berbeda, karena tidak hanya mengandalkan jump scare dan penampakan-penampakan mengerikan saja. Film yang dibintangi Rose Byrne (Spy, X-Men: First Class) dan Patrick Wilson (The Conjuring, Aquaman) itu memperkenalkan The Further, semacam alam gaib yang dihuni oleh berbagai makhluk spiritual, dan bisa dijelajahi oleh mereka yang memiliki kemampuan khusus.

Baca juga: 10 Film Terseram Yang Diangkat Dari Novel Stephen King

Dengan kepiawaian James Wan merangkai drama horor dan sentimentalitas yang mengandung nilai-nilai kekeluargaan, Insidious sukses menjelma sebagai film horor yang patut diperhitungkan di generasi ini. Layaknya 'kebiasaan' film-film lain yang meraup kesuksesan besar, Insidious pun kemudian diikuti oleh sekuel-sekuel yang mengeksplor cerita dan tokoh-tokohnya lebih jauh.

Namun selepas mencapai performa puncak lewat Insidious: Chapter 2, Box Office film ketiga justru melorot cukup signifikan. Karena itu, banyak pihak terkejut saat Blumhouse mengumumkan proyek film keempat yang kemudian diluncurkan dengan judul Insidious: The Last Key.

Ekspektasi untuk keberhasilan film itupun rendah, karena seri Insidious juga menunjukkan penurunan rating kritik yang konsisten dari entry pertama hingga ketiga. Dengan kata lain, Insidious seharusnya sudah 'kehabisan ide', seperti seri Saw ataupun Resident Evil yang semakin tak signifikan di seri-seri akhir.

Namun ternyata, Insidious: The Last Key malah berhasil menjadi film yang meraih pendapatan terbesar dibanding para pendahulunya. Meski gagal mendapat pengakuan kritik, sinema arahan Adam Robitel ini meraih pemasukan total 164.4 juta USD, jauh lebih besar dari Insidious: Chapter 3 yang hanya memperoleh 113 juta USD, dan berhasil melampaui Chapter 2 yang meraup pendapatan total 161.9 juta USD. Praktis, The Last Key resmi menjadi film Insidious terlaris.

Hasil tak terduga ini mendorong studio Blumhouse untuk meloloskan proyek film Insidious kelima. Dilansir dari media Bloody Disgusting, sebuah sumber internal menyebutkan jika entry kelima untuk Insidious sudah direncanakan. Namun seperti apa ceritanya, siapa sutradara dan pemain-pemainnya, serta kapan waktu rilisnya, masih menjadi misteri yang dirahasiakan.

Satu-satunya kejelasan yang dihadirkan dari rumor ini adalah konsep film. Dikabarkan, Blumhouse tak akan menjadikannya sebagai prekuel, seperti halnya Insidious: Chapter 3 dan The Last Key. Hal ini pun memicu spekulasi yang mulai bermunculan untuk premise Insidious kelima.

Sekuel Atau Crossover?

Media film Screenrant menafsirkan dua kemungkinan untuk film Insidious berikutnya. Pertama, kisah yang diangkat bakal kembali melanjutkan akhir film kedua. Meski keluarga Lambert yang diteror di film pertama dan kedua sudah mendapat happy ending, para screenwriter bisa beralih menyoroti petualangan Specs dan Tucker, dua 'pemburu hantu' yang menjadi asisten Elise.

Elise Rainier Insidious

Tokoh cenayang Elise yang sejauh ini konsisten muncul di film pertama hingga kelima memang harus menemui ajalnya di Chapter 2. Namun sebuah adegan telah mengkonfirmasi jika ia masih bisa membantu Specs dan Tucker dari dunia roh. Belum lagi, The Last Key telah membawa karakter-karakter baru yang bisa bergabung di Insidious kelima.

Kemungkinan kedua, Blumhouse benar-benar merealisasikan rencana crossover Insidious dengan Sinister. Sekedar informasi, Sinister adalah seri film horor tentang rekaman video misterius yang menunjukkan kematian tragis beberapa keluarga.

Jason Blum selaku pimpinan Blumhouse pernah mengekspresikan ketertarikannya untuk mewujudkan kombinasi tersebut, tetapi banyak pihak pesimis dengan kemungkinannya. Selain karena tema dan atmosfir yang jauh berbeda, Sinister bukanlah seri populer seperti Insidious maupun The Conjuring. Jikapun dibuat, tidak banyak penonton akan mengetahui konsep crossover tersebut.

Apapun jawabannya, kabar ini jelas menjadi berita menggembirakan bagi fans film horor yang setia mengikuti Insidious sedari awal. Di era film yang kini tengah didominasi oleh genre superhero, kesuksesan franchise horor tentu bisa menjadi warna baru yang bisa memberikan variasi menarik.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi