Avengers: Infinity War Tayang Seminggu Lebih Awal, Ini 3 Alasannya

| Tidak ada komentar

Avengers: Infinity War Tayang Seminggu Lebih Awal, Ini 3 Alasannya

Kabar gembira bagi Anda para penggemar film superhero Marvel! Tak perlu menunggu bulan Mei untuk menyapa Avengers, karena Studio Marvel sudah mengkonfirmasi jika Infinity War akan tayang perdana pada 27 April 2018. Tidak ada alasan yang terkonfirmasi untuk hal ini, tapi berbagai pihak sudah menafsirkan jika ada tiga faktor yang mungkin mendasarinya.

Kabar ini pertama kali diumumkan lewat percakapan unik Robert Downey Jr. dengan Studio Marvel di Twitter:

Sambil membalas cuitan itu, Marvel mengumumkan rilis Avengers: Infinity War yang dimajukan seminggu lebih awal. Meski tak diiringi alasan pasti, banyak penggemar dan berbagai media perfilman sudah memperkirakan 3 penyebab yang memungkinkan, di antaranya adalah:

1. Didesak Deadpool 2

Tak ada angin ataupun hujan, Fox tiba-tiba mengumumkan perubahan tanggal rilis Deadpool 2, dari 2 Juni menjadi 18 Mei. Berita yang pertama kali beredar pada Januari lalu ini tentu mengundang kontroversi. Pasalnya, Avengers: Infinity War sudah dijadwalkan tayang pada 4 Mei, sedangkan Solo: A Star Wars Story akan meluncur di pekan terakhir bulan Mei.

Aksi nekat Fox ini seperti menjadi tantangan terbuka untuk Disney, yang memang terlihat berniat mendominasi bulan Mei. Sebagaimana diketahui, franchise Deadpool kini menjadi jagoan Fox, setelah film pertamanya sukses mencatatkan berbagai rekor Box Office.

Dengan demikian, langkah Studio Marvel untuk mempercepat rilis Infinity War seminggu lebih awal memang bisa dikaitkan dengan keberanian Deadpool 2. Meski film ketiga Avengers sudah hampir dipastikan menjadi film terlaris 2018, Marvel tak ingin mengambil risiko sedikitpun. Disney dan Studio tersebut masih ingin merajai Box Office, paling tidak dalam waktu 3 minggu sebelum (kemungkinan) digeser Deadpool 2.

2. Disney Ingin Memastikan Kesuksesan Film Han Solo

Seri film Star Wars memang selalu fenomenal. Namun di rilis-rilis sebelumnya, Star Wars belum pernah berduel secara langsung dengan 2 film superhero besar yang sedang naik daun. Belum lagi, entri Star Wars kali ini hanyalah film antologi, yang bobotnya tentu berbeda dengan seri utama seperti The Last Jedi.

Dari sini mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa film-film hebat ini berdesakan tayang di bulan yang sama? Padahal ada banyak sekali ruang di bulan-bulan lain bagi Disney dan Fox untuk meluncurkan sinema-sinema andalan mereka.

Sekedar informasi, 'pertempuran bedarah' memang normal terjadi di bulan Mei, karena periode tersebut merupakan waktu terbaik bagi film-film unggulan untuk membuka gerbang musim panas. Tak jarang, studio-studio film berlomba mengeluarkan kartu as-nya di bulan Mei.

Keputusan Disney untuk mengorbitkan Infinity War dan Star Wars di bulan yang sama memang sangat berisiko; jika berhasil bisa semakin menancapkan dominasi studio, tetapi apabila gagal malah menurunkan pendapatan yang seharusnya bisa lebih maksimal. Layaknya studio film pada umumnya, Disney akhirnya mengambil jalan aman dengan mempercepat waktu tayang Infinity War, karena jelas-jelas tak ingin mengambil risiko untuk Solo: A Star Wars Story.

Film Han Solo dalam hal ini memang lebih dikhawatirkan. Bukan hanya karena konsepnya yang cuma antologi, tapi juga berbagai kemelut yang menghinggapi proses produksinya sedari awal. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan Avengers: Infinity War yang terus menghimpun animo, bahkan sejak pengumuman ide pembuatannya.

3. Marvel Ingin Mencegah Spoiler Tersebar

Perbedaan tanggal tayang di AS dan negara-negara luar AS memang normal, dan hal ini sudah menjadi kondisi wajar bagi film-film Marvel. Itulah mengapa, penonton di negara lain seperti Indonesia malah bisa menikmati film MCU lebih awal dari para movigoers di negara asalnya.

Yang perlu diperhatikan di sini, perubahan jadwal premiere Infinity War yang dimajukan seminggu lebih awal hanya berlaku untuk pemutaran di biosop-bioskop domestik, sedangkan tanggal tayang di luar AS tidak mengalami update apapun. Ini artinya, fans dari AS maupun luar AS bisa menikmati Avengers: Infinity War di waktu yang hampir bersamaan. Kemungkinan ini jelas menutup tersebarnya Spoiler yang biasa terjadi setelah fans dari negara tertentu sudah nonton lebih dulu.

Tiga alasan di atas hanya menjadi spekulasi populer yang berlum dikonfirmasi Marvel. Namun kita toh tak perlu terlalu memusingkan hal itu, karena apapun sebabnya, tanggal rilis yang lebih cepat adalah kabar baik untuk para fans Marvel yang sudah mengantisipasi Avengers: Infinity War sejak lama.

Tag:

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi