Rilis X-Men: Dark Phoenix Diundur Ke Tahun 2019

| Tidak ada komentar

Rilis X-Men: Dark Phoenix Diundur Ke Tahun 2019

Setelah mengubah jadwal rilis Deadpool 2 dan The New Mutants, Fox kembali membuat kejutan heboh. Kali ini, studio film itu menunda X-Men: Dark Phoenix, keluaran terbaru dari seri utama X-Men Universe yang sudah dinantikan sejak tahun lalu. Tak main-main, perubahan ini membuat film lanjutan X-Men: Apocalypse itu gagal tayang di tahun 2018.

Direncanakan tayang perdana pada November 2018, X-Men: Dark Phoenix secara resmi ditunda hingga 14 Februari 2019. Tidak ada keterangan apapun dari Fox mengenai alasan perubahan jadwal ini. Padahal, sebagai seri film utama yang menampilkan tokoh-tokoh penting X-Men, Dark Phoenix sudah sangat ditunggu-tunggu.

Kisah Phoenix sebagai kekuatan kosmik terbesar di semesta Marvel sempat diangkat di X-Men: The Last Stand (2006), tapi gagal dieksekusi dengan baik. Ketidakberhasilan itu bahkan sampai menyebabkan Fox melakukan semacam soft reboot dengan X-Men: First Class (2011).

Baca juga: Film X-Men Keluaran Marvel Baru Bisa Rilis Pada Tahun 2021

Dihantui Kegagalan X-Men: Apocalypse?

Dugaan pertama yang diungkapkan oleh media Screenrant adalah sikap super hati-hati Fox yang ingin meluncurkan film lanjutan X-Men sesempurna mungkin. Maklum, film pendahulu Dark Phoenix, X-Men: Apocalypse (2016), dianggap mengecewakan pengamat dan meraup pendapatan Box Office yang sedang-sedang saja. Film itu langsung mendapat 'tomat busuk' di Rotten Tomatoes di hari pertama rilisnya, dan hanya mengumpulkan total Box Office domestik sebesar $155 juta.

X-Men: Apocalypse seharusnya menjadi pemuncak dalam trilogi soft reboot yang digawangi James McAvoy, Michael Fassbender, dan Jennifer Lawrence, tapi justru gagal mempertahankan momentum kesuksesan yang diukir X-Men: Days of Future Past (2014).

X-Men: Apocalypse gagal

Di tengah saratnya rilis film superhero di tahun 2016, X-Men: Apocalypse kemudian tenggelam di antara nama besar Batman v Superman: Dawn of Justice, Captain America: Civil War, Suicide Squad, bahkan juga Deadpool yang masih 'teman sejawatnya'.

Karena itu, ketika Fox mengumumkan jika film lanjutan X-Men bakal mengangkat konflik Dark Phoenix, banyak pihak merasa sangsi dengan kemampuan tim produksi untuk mewujudkan salah satu plot terpenting dalam sejarah komik Marvel itu. Fans ingin melihat kisah Phoenix di angkat di layar lebar, tapi usaha 'setengah hati' yang ditampilkan di seri The Last Stand membuat mereka trauma.

X-Men: Dark Phoenix sendiri akan melanjutkan timeline X-Men: Apocalypse, dan masih menampilkan James McAvoy sebagai Profesor X, Michael Fassbender sebagai Magneto, serta Jennifer Lawrence sebagai Mystique. Sophie Turner yang baru dikenalkan sebagai Jean Grey di seri Apocalypse rencananya akan memiliki porsi yang sangat signifikan di Dark Phoenix.

Geser Jadwal Tayang The New Mutants

Penundaan X-Men: Dark Phoenix turut memicu perubahan besar pada film lain yang masih termasuk dalam X-Men Universe, yakni The New Mutants. Padahal, film itu sudah mengalami satu kali pergeseran sebelum ini.

The New Mutants awalnya direncanakan meluncur bulan April 2018. Namun karena Fox ingin menjadikannya lebih horor dan menambah satu lagi karakter mutan di film itu, reshoot atau pengambilan gambar ulang pun terpaksa dilakukan. Akibatnya, rilis The New Mutants ditunda sampai 22 Februari 2019.

The New Mutants kembali ditunda

Nah, dengan penempatan X-Men: Dark Phoenix di slot penayangan bulan tersebut, rilis The New Mutants kembali digeser, kali ini ke 19 Agustus 2019. Penundaan signifikan ini cukup dipertanyakan, terutama setelah salah satu bintangnya, Maisie Williams, mengaku jika reshoot yang dilakukan tidak terlalu banyak.

Imbas Akuisisi Disney?

Pengaturan tanggal rilis film memang bisa menjadi strategi distributor untuk memaksimalkan potensi Box Office-nya. Namun jika terlalu banyak ditunda, studio film justru bisa menciderai reputasi sinemanya. Para pengamat dan media pun biasanya sudah bisa mencium aroma kegagalan dari tindakan ini, karena 'kebingungan' mengatur tanggal rilis film, dianggap mencerminkan rasa tidak yakin studio terhadap potensi film yang dimaksud.

Namun demikian, mengingat situasi Fox yang saat ini akan diakuisisi Disney, tak sedikit pihak yang memperkirakan jika studio tersebut sedang memutar otak untuk mempersiapkan kehadiran para mutan di Marvel Cinematic Universe.

Hal itu cukup sulit dilakukan, mengingat franchise MCU dan X-Men sudah berkembang secara terpisah dalam waktu lebih dari 10 tahun terakhir. Keduanya pun memiliki gaya cerita yang berbeda, serta memiliki puluhan karakter ikonik yang tampak mustahil bisa dipertemukan dengan 'rapi'.

Terkait hal ini, Studio Marvel sudah menegaskan jika kesepakatan Fox-Disney tak akan mempengaruhi film-film MCU yang saat ini sudah dikerjakan. Artinya, kehadiran mutan tak akan dipaksa masuk dalam cerita film-film Marvel terdekat.

Namun sejauh ini, Fox belum benar-benar mengkonfirmasi rencana mereka terkait potensi bergabungnya X-Men ke dalam tim Avengers di MCU. Studio tersebut justru berencana menelurkan lebih banyak film X-Men dalam waktu 3 tahun ke depan. Dengan ditundanya 2 film andalan mereka di waktu dekat, akankah rencana tersebut bisa terealisasikan? Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan perkembangannya. Yang jelas, setelah kehadiran Deadpool 2 di bulan Mei nanti, para penggemar X-Men tak akan mendapat tontonan baru lagi di tahun 2018.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi