10 Aktor Berprestasi Yang Konsisten Bermain Di Film Gagal

| Tidak ada komentar

10 Aktor Berprestasi Yang Konsisten Bermain Di Film Gagal

Bagi seorang aktor, terus-terusan bermain di film sukses adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Bahkan untuk seukuran aktor berbakat dan berprestasi sekalipun, satu atau dua kali berpartisipasi di film gagal adalah hal wajar. Namun bagaimana jika keadaan itu terus terjadi sampai lebih dari lima kali berturut-turut? Artikel ini akan mengupas 10 aktor dengan prestasi dan talenta yang sudah diakui, tapi entah mengapa selalu terjebak bermain di film-film gagal.

1. Michael Fassbender

Aktor berkebangsaan Irlandia-Jerman ini melejit setelah di awal dekade 2010-an rutin muncul dalam film-film sukses. Sederet film-film fenomenal yang dibintanginya meliputi 12 Years of Slave, Steve Jobs, X-Men: First Class, Prometheus, dan X-Men: Days of Future Past. Ia pun berhasil dinominasikan dua kali di Academy Awards.

Michael Fassbender

Baca juga: Syuting Joker Diwarnai Konflik Joaquin Phoenix Dan Robert De Niro

Namun sejak tahun 2016, film-film sang aktor selalu dianggap gagal. Berawal dari X-Men: Apocalypse yang mengecewakan ekspektasi, Michael Fassbender terus terlibat dalam film-film tanggung yang cepat menghilang dari radar, seperti The Light Between Oceans, Assassin's Creed, Trespass Against Us, Song to Song, dan The Snowman. Bahkan sekuel Prometheus yang diharapkan bisa mengembalikan kredibilitasnya, Alien: Covenant, mendapat hujatan dari fans fanatik franchise Alien.

Proyek besar Michael Fassbender selanjutnya adalah X-Men: Dark Phoenix yang baru saja diundur jadwal rilisnya, dan film adaptasi Kung Fury yang belum jelas bagaimana prospeknya.

 

2. Kate Winslet

Setelah fenomena Titanic yang mengantarkannya menjadi aktris papan atas, Kate Winslet bisa membuktikan jika popularitasnya juga didukung oleh talenta. Tak kurang dari 7 nominasi dan 1 Piala Oscar telah dikantonginya. Namun sejak tahun 2011, hanya Steve Jobs satu-satunya film Kate Winslet yang di-review positif. Uniknya, film itu juga merupakan proyek sukses terakhir dari Michael Fassbender.

Beberapa film gagal yang belakangan ini dibintangi Kate Winslet adalah Movie 43, Labour Day, dua film Divergent, A Little Chaos, Triple 9, Collateral Beauty, dan Wonder Wheel. The Dressmaker dan The Mountain Between Us memang tidak seburuk yang lain, tapi posisinya cukup tanggung untuk bisa diklaim sukses.

Kate Winslet

Film Kate Winslet yang paling potensial saat ini adalah Avatar 2, kelanjutan dari film terlaris sepanjang masa, Avatar. Proyek tersebut akan mempertemukannya kembali dengan sutradara Titanic, James Cameron.

 

3. Morgan Freeman

Di suatu masa (yang mungkin sudah tak terjangkau oleh anak-anak zaman now), nama Morgan Freeman hampir selalu menghiasi film-film favorit audience maupun kritikus. Driving Miss Daisy, Shawshank Redemption, dan Se7en adalah beberapa contohnya.

Namun semakin ke sini, semakin terlihat bahwa Morgan Freeman sudah tak peduli dengan tipe film yang dipilihnya. Selama bisa menghasilkan uang, ia tampak bersedia menerima film apapun, tak peduli bagaimana prospeknya dan apakah proyek tersebut bisa menciderai karirnya.

Morgan Freeman

Beberapa judul film buruk yang dibintangi Freeman dalam beberapa tahun terakhir adalah Last Knights, 5 Flights Up, Ted 2, Momentum, London Has Fallen, Now You See Me 2, Ben-Hur, Going in Style, dan Just Getting Started. Kecuali London Has Fallen, Now You See Me 2, dan Ben-Hur, pernahkah Anda mendengar judul-judul film Morgan Freeman tersebut?

Dua film besar yang berada dalam daftar tunggu filmografinya adalah sekuel London Has Fallen dan tontonan bergenre fantasi, The Nutcracker and the Four Realms yang rilis akhir tahun ini.

 

4. Bruce Willis

Bruce Willis memang tidak dikenal sebagai sosok berbakat seperti aktor-aktor sebelumnya, tetapi ia pernah mengejutkan para pengamat dengan performa solidnya di film pertama Die Hard, The Sixth Sense, dan Looper.

Sayangnya, Looper yang rilis di tahun 2012 adalah film sukses terakhir Bruce Willis. Setelah itu, ia terjebak berperan di film-film action thriller 'asal jadi' seperti Fire with Fire, G.I. Joe: Retaliation, Sin City: A Dame to Kill For, Precious Cargo, Acts of Violence, Death Wish, dan masih banyak lagi.

Bruce Willis

Film selanjutnya dari aktor ini cukup potensial, yaitu seri keenam Die Hard, sekuel Split, dan drama kriminal yang disutradarai Edward Norton.

 

5. Naomi Watts

Bagi sebagian besar penggemar film mainstream, penampilan paling berkesan dari Naomi Watts mungkin adalah ketika ia bermain di film King Kong garapan Peter Jackson. Namun sebenarnya, kebolehan aktris ini sudah diakui dengan 2 nominasi Oscar di sepanjang karirnya.

Naomi Watts

Sayang, namanya kini seolah tenggelam dalam lautan film-film buruk yang dibintanginya, seperti Allegiant, Demolition, The Sea of Trees, Shut In, 3 Generations, The Book of Henry, The Glass Castle, dan Ophelia. Dalam waktu dekat, nasib Naomi Watts tampak belum akan berubah karena tak ada satu pun proyek film yang menjanjikan di daftar film sang aktris berikutnya.

 

6. Will Smith

Siapa sangka, Superstar seperti Will Smith yang banyak dikenal lewat film-film Blockbuster ternyata sudah mengantongi 2 nominasi Oscar. Namun sejak 2012, ia hanya bermain di satu film yang cukup mendapat pengakuan, yakni Concussion.

Will Smith

Daftar sinema Will Smith yang mengecewakan di antaranya adalah After Earth, Winter's Tale, Focus, Collateral Beauty, dan Bright. Suicide Squad memang meraup banyak pendapatan, tapi film itu gagal mengungkit kredibilitas Will Smith karena dihujani kritik.

Film Will Smith selanjutnya yang akan meluncur adalah sekuel Suicide Squad, Bright, dan Bad Boys. Ketiganya masih sangat meragukan, tapi reputasi Will Smith kemungkinan masih bisa tertolong oleh potensi Box Office Suicide Squad, dan proyek sci-fi Gemini Man yang disutradarai Ang Lee. Ia juga bakal terlibat dalam film Live Action Aladdin.

 

7. Jim Carrey

Aktor komedi yang terkenal sangat nyentrik dan ekspresif ini pernah menjadi magnet Box Office setelah membintangi film-film terkenal seberti The Mask, Bruce Almighty, dan seri Ace Ventura. Ia pun pernah berubah drastis dengan menjadi lakon di film drama berprestasi, yakni Eternal Sunshine of the Spotless Mind.

Namun kini, kapasitas filmnya meredup dan mengalami regresi ke proyek-proyek kelas B hingga C. Mr. Popper's Penguins, The Incredible Burt Wonderstone, Kick-Ass 2, Dumb and Dumber To, dan The Bad Batch adalah beberapa contohnya. Peluang Jim Carrey untuk kembali ke masa kejayaannya pun tampak belum terbuka, mengingat tak ada film baru yang sedang dikerjakan oleh aktor asal Kanada ini.

 

8. Alicia Vikander

Setelah muncul dalam 2 film Oscar di tahun yang sama dan memenangkan piala Best Supporting Actress dari The Danish Girl, Alicia Vikander belum mampu mengikuti prestasinya dengan film-film yang sepadan.

Alicia Vikander

Enam film yang mengikuti kesuksesan sebelumnya tak banyak menonjol, bahkan sebagian besar gagal. Beberapa di antaranya adalah Jason Bourne, The Light Between Oceans, Euphoria, Tulip Fever, Tomb Raider, dan Submergence.

Namun karena usianya masih muda, Vikander masih punya banyak waktu dan kesempatan untuk bangkit kembali. Saat ini, proyek film yang terlihat menjanjikan darinya adalah film thriller Freak Shift olahan Ben Wheatley.

9. Robert De Niro

Selain Morgan Freeman, aktor legendaris yang bis dikatakan sudah 'turun mesin' adalah Robert De Niro. Di tahun 1975, bintang satu ini sudah menggondol Piala Oscar lewat perannya sebagai Vito Corleone di The Godfather Part II. Kesuksesan itu pun diikuti dengan prestasi di film-film yang tak kalah berkualitas, seperti Raging Bull, Taxi Driver, Cape Fear, The Deer Hunter, dan Goodfellas.

Walaupun De Niro sempat beberapa kali tampil dalam film-film sarat pujian di masa sekarang (Silver Linings Playbook, American Hustle, Joy), ia juga banyak bermain di berbagai film gagal. Keterlibatannya di sinema-sinema seperti The Intern, Hands of Stone, Dirty Grandpa, dan The Comedian membuktikan bahwa Robert De Niro tak lagi selektif dalam memilih film.

Robert De Niro

Namun demikian, sang aktor digadang-gadang bakal kembali bangkit lewat The Irishman, film mafia arahan Martin Scorsese yang juga dibintangi aktor-aktor legendaris seperti Al Pacino dan Joe Pesci.

10. Al Pacino

Kejatuhan Robert De Niro memang tampak disayangkan, tapi apa yang dialami Al Pacino jauh lebih miris. Setelah panen piala berkat penampilannya di trilogi The Godfather, Al Pacino sempat mempertahankan kesuksesannya dengan membintangi deretan film-film populer seperti Scarface, Carlito's Way, Heat, Donnie Brasco, dan The Insider.

Namun semua itu tak bertahan lama, karena Al Pacino kemudian bertransisi ke film-film action dan thriller gagal seperti Gigli, Manglehorn, Danny Collins, Misconduct, The Pirates of Somalia, dan Hangman. Ia bahkan pernah terlibat dalam film Adam Sandler, Jack and Jill yang banyak dihujat.

Al Pacino

Sama seperti Robert De Niro, momen kembalinya Al Pacino diperkirakan bakal terjadi lewat rilis The Irishman yang siap meluncur tahun 2019 di Netflix.

 

Penutup

Melihat para bintang di atas 'terdegradasi' ke film-film tak bermutu jelas adalah hal yang menyedihkan. Bagaimanapun juga, keputusan untuk bermain di suatu film ada di tangan mereka sendiri. Ketika para aktor berprestasi itu selalu terlibat dalam film-film yang 'meragukan', hanya ada 4 alasan yang melatarbelakanginya: dorongan agen mereka, hanya mengejar upah tanpa membertimbangkan bobot film, sedang tidak beruntung, dan kombinasi ketiga faktor tersebut.

Para penggemar dari aktor-aktor di atas hanya bisa berharap jika film berikutnya dapat menjadi momen kebangkitan mereka. Bagaimanapun juga, Ben Affleck yang sempat terpuruk karena Gigli dan Daredevil saja berhasil bersinar lagi lewat Gone Girl dan Argo. Mel Gibson pun baru-baru ini bangkit dari 'masa-masa suramnya' melalui Creed dan Hacksaw Ridge. Jika kedua aktor itu bisa menemukan kembali jalan kesuksesan di Hollywood, pintu peluang 10 aktor di atas tentu belum benar-benar tertutup.

Tag: , , , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi