Film Horor A Quiet Place Akui Kemiripan Dengan Jaws

| Tidak ada komentar

Film Horor A Quiet Place Akui Kemiripan Dengan Jaws

A Quite Place adalah film tentang sebuah keluarga yang harus menjaga kesunyian agar bisa selamat dari suatu teror. Sementara itu, Jaws merupakan film Hollywood klasik yang mengisahkan ancaman ikan hiu besar di suatu pesisir pantai. Kedua film itu jelas sangat berbeda, tapi produser A Quiet Place baru saja mengakui jika memang ada kemiripan antara filmnya dengan Jaws. Apakah itu?

Dilansir dari Cinema Blend, Andrew Form selaku produser A Quiet Place mengungkap bahwa film itu memang memiliki subtext yang kental dengan sensasi horor Jaws. Bahkan menurutnya, sutradara sekaligus penulis A Quiet Place, John Krasinski, memang terinspirasi dari teknik pencitraan horor yang diusung oleh Jaws.

"Secara kreatif, John selalu berbicara tentang Jaws. Dari diskusi pertama kami tentang A Quiet Place, ia sudah mereferensikan film itu. Kita semua sudah mempelajarinya, Brad (produser A Quiet Place yang lain) dan saya sudah paham banyak tentang genre film semacam ini, (bahwa) semakin sedikit yang Anda tunjukkan, akan semakin menakutkan jadinya. Kita juga benar-benar membahas tentang kapan monsternya bakal dimunculkan, seberapa banyak, dan di bagian manakah," ungkap Andrew Form dalam wawancaranya bersama Cinema Blend.

Baca juga: 10 Film Horor Komedi Terbaik Untuk Meramaikan Halloween

Sekedar informasi, Jaws sukses menjadi salah satu film horor paling legendaris berkat kreativitas Steven Spielberg. Karena terbatas budget dan properti, Spielberg kala itu hanya menggunakan hiu karet tanpa polesan efek visual canggih.

film jaws

Menyadari kekurangan itu, ia hampir tidak memunculkan sosok hiu yang pastinya bakal kelihatan palsu, tetapi lebih menyebar ketakutan mencekam dengan suspense yang tercipta dari olahan musik, trik pengambilan gambar, dan teknik penyutradaraan yang benar-benar memaksimalkan teror sebuah monster tak terlihat.

A Quiet Place pun demikian, karena hingga mendekati bagian akhir film, penonton bakal diajak fokus untuk mengikuti perjuangan sebuah keluarga yang ketakutan untuk bersuara, tanpa benar-benar tahu sosok monster macam apa yang mengancam mereka. Belajar dari kelihaian Spielberg, John Krasinski memusatkan kekuatan A Quiet Place pada suasana, sinematografi, iringan musik, plot, dan akting maksimal dari para pemainnya.

Menurut Screenrant, ini merupakan langkah brilian, mengingat fans film horor di generasi sekarang sudah terbiasa melihat segala macam momok, mulai dari alien, zombie, hewan-hewan buas, iblis, hingga roh penasaran yang bisa menyebarkan teror. Sebuah ancaman tak terlihat adalah sosok antagonis sempurna untuk film horor masa kini, karena bisa terus-terusan memantik rasa penasaran penonton hingga bagian akhir. Selama sang sutradara tahu cara menjaga suspense yang meyakinkan, maka teknik pencitraan horor seperti ini hampir tak pernah gagal.

Sudah Panen Pujian

A Quiet Place pertama kali debut di Festival Film SXSW pada 9 Maret 2018 lalu, tapi baru akan rilis perdana di bioskop-bioskop AS tanggal 6 April mendatang. Keputusan Paramount untuk mengambil start di festival film rupanya sangat tepat, karena A Quiet Place langsung dihujani apresiasi dan berhasil membangun antisipasi tinggi di kalangan penggemar film.

Selama beberapa minggu setelah tampil di SXSW, A Quiet Place konsisten di-rating 100% di Rotten Tomatoes. Saat berita ini ditulis, skor film tersebut hanya turun ke 98%. Sementara di Metacritic, A Quiet Place mendapat nilai 80 dari 100 yang mengindikasikan status "generally favorable reviews".

Film Yang Kebetulan Horor

John Krasinski yang terlibat sebagai sutradara dan salah satu penulis di film ini, juga terjun sebagai aktor utama. Ia melibatkan istrinya, aktris Emily Blunt, untuk memerankan tokoh pendukung yang juga menjadi istri dari karakternya di A Quiet Place. John Krasinski berangkat sebagai aktor televisi yang popularitasnya melejit lewat sitkom The Office, sehingga banyak pihak terkejut ketika ia debut sebagai sutradara film horor.

A Quiet Place garapan John Krasinski

Dalam suatu sesi tanya jawab bersama Entertainment Weekly, John Krasinski mengungkapkan bahwa A Quiet Place bukanlah film horor, tapi film keluarga yang kebetulan menakutkan. "Menurut saya, cerita film ini bisa menjadi metafora yang baik tentang pengorbanan orang tua," tutur Krasinski. Ia kemudian mengaku bahwa keterlibatannya di film ini pertama kali dimotivasi oleh istrinya sendiri, Emily Blunt.

Walaupun A Quiet Place baru tayang tanggal 6 April, film horor ini sudah bisa disaksikan sekarang di bioskop-bioskop Indonesia.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi