Steven Spielberg Akan Menyutradarai Film Adaptasi Komik DC

| Tidak ada komentar

Steven Spielberg Akan Menyutradarai Film Adaptasi Komik DC

Warner Bros. dikabarkan resmi menggaet sutradara kondang, Steven Spielberg, untuk menyutradarai salah satu film adaptasi komik DC. Sosok legendaris yang baru-baru ini sukses mengantarkan Ready Player One menjuarai Box Office itu dipercaya untuk mengangkat tokoh Blackhawk ke layar lebar. Tokoh seperti apa itu Blackhawk dan kapan proyek ini akan mulai dikerjakan?

The Hollywood Reporter, sumber yang pertama kali menyebutkan berita ini mengungkapkan bahwa Steven Spielberg sudah resmi direkrut sebagai produser, dan kemungkinan besar akan turun juga untuk menyutradarai film Blackhawk.

Bagi penggemar buku komik modern, nama Blackhawk mungkin terdengar asing. Hal itu sebenarnya wajar, mengingat tokoh tersebut paling banyak dikenal di era 1940-an. Sebagai informasi, tokoh Blackhawk adalah pemimpin regu pilot yang melakukan aksi-aksi heroik di Perang Dunia II, ketika AS dan sekutunya masih bertempur melawan Nazi.

Baca juga: 7 Fakta Zachary Levi Sang Pemeran Shazam!

Blackhawk tokoh komik DC

Karakter ini pertama kali diciptakan di tahun 1941 oleh Will Eisner, Bob Powell, dan Chuck Cuidera. Blackhawk bukanlah properti asli DC karena ia awalnya dipublikasikan oleh Quality Comics. Baru setelah melihat popularitasnya yang terus melesat, DC Comics kemudian membelinya di tahun 1956.

Steven Spielberg akan mengembangkan film Blackhawk di studionya, Amblin Entertainment. Ia juga mengajak David Koepp, penulis naskah yang pernah bekerja sama dengannya untuk membuat beberapa film fenomenal seperti Jurassic Park, War of the Worlds, dan Indiana Jones and the Crystal Skull, untuk menangani skenario film ini.

Dilatarbelakangi Kesuksesan Ready Player One

Kerjasama Steven Spielberg dengan Warner Bros. ini disinyalir berakar dari keberhasilan Ready Player One. Film sci-fi tersebut memang disutradarai Spielberg dan didistribusikan Warner Bros., serta mendulang pendapatan mengesankan, terutama dari Box Office China yang mencatatkan raihan fantastis. Oleh karena itu, tak heran bila kedua belah pihak ingin mengulangi kesuksesan serupa di film lain.

Toby Emmerich, perwakilan Warner Bros. mengungkapkan, "Kami sangat bangga bisa menjadi studio di balik film hit Spielberg terbaru, dan sangat antusias untuk bisa bekerjasama dengannya lagi di film action petualangan ini." Ia juga menambahkan bahwa Warner Bros. sudah tak sabar untuk melihat inovasi apa lagi yang bisa dihadirkan Spielberg saat memperkenalkan Blackhawk ke layar lebar nantinya.

Sementara itu, Spielberg sendiri menyambut positif pujian Warner Bros. dengan menyatakan, "Sangat menakjubkan rasanya bisa bekerja dengan tim Warner Bros. untuk 'menghidupkan' Ready Player One. Mereka menerapkan kombinasi passion dan profesionalisme di semua hal yang mereka lakukan, serta memiliki sejarah mengesankan di genre ini. Saya senang bisa reuni dengan mereka lagi untuk membuat Blackhawk."

Belum Tentu Film DCEU

Meski Blackhawk akan menjadi film adaptasi komik DC, statusnya tidak otomatis tergabung dalam proyek DCEU (DC Extended Universe) yang sejauh ini sudah menelurkan Man of Steel hingga Justice League. Warner Bros. memang memiliki segudang rencana film superhero untuk dikembangkan, tapi tidak semuanya akan dimasukkan ke dunia sinematik DC yang sengaja dibuat untuk menandingi MCU (Marvel Cinematic Universe). Beberapa di antara proyek film Warner Bros. akan menjadi rilis solo yang sama sekali tak terhubung dengan DCEU. Satu contoh yang sudah mulai memasuki tahap praproduksi adalah film solo Joker, yang kabarnya akan dibintangi Joaquin Phoenix.

Blackhawk sendiri belum memiliki status jelas terkait keikutsertaannya dalam DCEU. Perlu perkembangan lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana kejelasannya, karena Warner Bros. tampak masih menimbang potensi Blackhawk dengan sangat hati-hati. Jika film ini nantinya benar-benar tergabung ke DCEU, para penggemar DC tentu akan bersorak, karena nama legendaris Steven Spielberg seringkali dapat menjanjikan tontonan epik yang bisa menyelaraskan selera penonton dengan kritikus.

Masih Di Daftar Tunggu

Film Blackhawk boleh jadi sudah mendapatkan produser, penulis naskah, dan mungkin saja sutradara. Namun proses syuting dan tanggal rilisnya masih belum ditentukan oleh pihak Warner Bros. Bahkan, film ini berpotensi tertunda sampai 4 tahun yang akan datang, karena jadwal Spielberg saat ini sudah dipenuhi dengan pembuatan Indiana Jones 5 dan remake West Side Story.

Film terbaru Indiana Jones direncanakan meluncur pada tahun 2020, sedangkan film remake West SIde Story belum mendapatkan jadwal rilis. Jadi sekalipun Spielberg bisa mengerjakan kedua film itu secara beriringan, Blackhawk masih akan digarap pada 2021 atau 2022.

Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Justin Kroll dari Variety, yang melaporkan bahwa proyek Blackhawk tak akan mengubah daftar prioritas Spielberg. Meski demikian, pembuatan Blackhawk bisa jadi lebih cepat dari perkiraan, mengingat sang sutradara sudah berpengalaman menangani 'proyek cepat' dengan hasil maksimal.

Contoh paling baru adalah The Post yang tahun ini masuk di beberapa nominasi Oscar. Film drama tersebut dibuat, diedit, dan dipromosikan dalam waktu kurang dari setahun. Uniknya lagi, Steven Spielberg menangani semua itu sambil menyelesaikan tahap pascaproduksi Ready Player One. Itulah mengapa, rilis The Post dan Ready Player One hanya berselang beberapa bulan. Dan melihat bagaimana kedua film tersebut berhasil tampil gemilang di ajang penghargaan maupun Box Office, keahlian Steven Spielberg tentunya sudah tak diragukan lagi.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi