Jumanji 3 Siap Meluncur Desember 2019

| Tidak ada komentar

Jumanji 3 Siap Meluncur Desember 2019

Studio Sony Pictures baru saja mengkonfirmasi jika film ketiga Jumanji akan rilis akhir tahun depan. Meski masih cukup lama, film yang menyusul kesuksesan tak terduga Jumanji: Welcome to the Jungle ini cukup ditunggu-tunggu, karena akan menghadirkan deretan bintang yang sama, yakni Dwayne Johnson, Karen Gillan, Kevin Hart, dan Jack Black.

Kabar ini diamini sendiri oleh bos Sony, Tom Rothman, dalam presentasinya di acara CinemaCon. Dengan setengah bercanda, ia juga meminta Audience yang hadir untuk tidak mencurahkan perhatian pada Star Wars saja. Mengapa harus Star Wars? Apa hubungan Jumanji dengan seri film yang kini beredar di bawah payung Disney itu?

Sekedar informasi, waktu peluncuran Jumanji 3 yang mengincar libur Natal tahun depan akan menandingkannya dengan Star Wars Episode IX. Salah satu saga film terlaris itu cenderung sangat tangguh di Box Office, tak pernah gagal mencapai angka 1 miliar Dolar AS secara global. Banyak studio film sering menghindari persaingan langsung dengan Star Wars,  karena tentunya mereka ingin mendapat kesempatan lebih untuk mendapat perolehan Box Office maksimal.

Baca juga: Jumanji: The Next Level Tawarkan Petualangan Seru Dengan Tokoh Baru

Menariknya, ini bukan pertama kali Sony 'menantang' franchise Star Wars dalam sebuah persaingan terbuka. Tahun lalu, Jumanji: Welcome to the Jungle meluncur berdekatan dengan Star Wars Episode VIII (The Last Jedi), dan memanen kesuksesan mengejutkan.

Padahal, Jumanji: Welcome to the Jungle tidak disambut dengan antusiasme tinggi menjelang pemutaran perdananya. Waktu rilis yang sangat berjauhan dengan film pertamanya (lebih dari 20 tahun), permainan Video Game yang terkesan kuno, dan karakter-karakter yang tampak tipikal, membuat banyak pihak meragukan potensi film ini.

Namun pada akhirnya, performa film itu berhasil membungkam pesimisme massa. Secara global, sinema yang menjadi spin-off sekaligus sekuel dari film pertama Jumanji itu mengumpulkan sekitar 957 juta Dolar AS, dan masih terus diputar hingga 4 bulan setelah rilisnya.

Jumanji Welcome to the Jungle awalnya diragukan

Prestasi gemilang itu tak pelak mengungkit rasa percaya diri Sony untuk kembali berduel dengan Disney akhir tahun depan. Rencananya, Sony tak hanya akan membawa kembali para aktor dari Jumanji: Welcome to the Jungle, tapi juga meyakinkan sutradara Jake Kasdan serta dua penulis film tersebut untuk menangani Jumanji 3. Sony dikabarkan sedang semangat menggenjot penggarapan film ini, dan benar-benar mematok target Desember 2019 sebagai tanggal rilis incarannya.

Bisa dikatakan, studio yang menghadirkan film antihero Venom pada akhir tahun 2018 itu sedang mengerahkan upaya maksimal agar bisa mewujudkan keinginannya. Media Screenrant bahkan menafsirkan jika Sony bersedia mengorbankan dua proyek film lain, yakni film animasi yang belum berjudul dan proyek Live Action Masters of the Universe, hanya untuk mendahulukan realisasi Jumanji 3 di akhir tahun 2019.

Antara Star Wars Dan Film Musikal

Selain film ke-9 Star Wars, tantangan berat yang siap menghadang Jumanji 3 adalah film musikal Wicked yang diangkat dari pertunjukan teater ternama. Sinema produksi studio Universal itu akan disutradarai Stephen Daldry, sosok yang sebelum ini berpengalaman mengarahkan Billy Elliot dan The Hours. Namun hingga berita ini ditulis,  belum ada nama aktor yang dikonfirmasi sebagai bintang utamanya.

Konsep peta persaingan Jumanji, Star Wars, dan film musikal di akhir tahun 2019 lagi-lagi mengulang situasi di tahun 2017. Akhir tahun lalu, bioskop di bulan Desember memang diramaikan dengan kehadiran The Last Jedi, Jumanji: Welcome to the Jungle, dan The Greatest Showman.

Jumanji 2 vs Star Wars VIII vs The Greatest SHowman

Jumanji bukan satu-satunya film yang mampu bersaing ketat dengan Star Wars, karena The Greatest Showman ternyata juga mampu menarik Audience lebih banyak dari ekspektasi. Dengan demikian, kesempatan Wicked untuk bersinar di tengah persaingan Jumanji dan Star Wars Episode IX belum tertutup sama sekali.

Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa The Last Jedi sedikit underperformed karena memicu kemarahan di kalangan fans Star Wars. Mereka menentang intrik cerita dan perubahan karakterisasi Luke Skywalker di film itu. Saking ekstrimnya reaksi tersebut, banyak fans yang ingin menggagalkan kesuksesan The Last Jedi, dengan memberikan rating Audience buruk di Rotten Tomatoes dan mendukung saingan film tersebut di Box Office.

Jadi apabila Star Wars Episode IX nantinya kembali bisa memuaskan para penggemar fanatiknya, maka bukan tidak mungkin Jumanji 3 akan kesulitan mengulangi kesuksesan Welcome to the Jungle.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi