Joker Versi Suicide Squad Akan Mendapat Film Solonya

| Tidak ada komentar

Joker Versi Suicide Squad Akan Mendapat Film Solonya

Joker versi DCEU akan kembali muncul, kali ini di film solonya sendiri. Setelah menuai kontroversi karena hanya menjadikan Joker sebagai 'pancingan', Warner Bros. akhirnya merancang proyek spin-off Suicide Squad yang sepenuhnya menuturkan kisah Joker. Aktor Jared Leto dipastikan kembali untuk memerankan tokoh Villain tersebut, meski belum ada titik terang tentang sutradara maupun penulis naskah yang akan terlibat di film ini.

Dilansir dari media Variety, film solo Joker yang masih dalam tahap perencanaan ini akan menjadi bagian dari DCEU. Posisinya sebagai spin-off Suicide Squad membuatnya sejajar dengan proyek film-film Harley Quinn yang sebelum ini juga diumumkan Warner Bros.

Keputusan Jared Leto untuk kembali bergabung sebagai Joker cukup mengejutkan, mengingat ia tak terlalu antusias dengan rilis Suicide Squad. Aktor pemenang Oscar itu bahkan mengaku belum pernah menonton Suicide Squad, dan kecewa dengan banyaknya Editing yang diberlakukan pada film tersebut. Sebagai informasi, masalah Editing telah diketahui sebagai biang keladi kegagalan Suicide Squad untuk menjadi film yang bisa diapresiasi secara utuh; terlalu banyak ketimpangan, inkonsistensi, dan kurangnya penokohan yang baik di film garapan David Ayer tersebut.

Baca juga: Joker Lagi-Lagi Pecahkan Rekor Baru, Apakah Itu?

Sentimen tersebut agaknya dirasakan pula oleh para fans yang merasa 'terkecoh' dengan trailer dan promosi Suicide Squad sebelum rilis. Warner Bros. memang banyak menampilkan berita tentang peran Leto sebagai Joker dan tampak menjanjikan peran sentralnya di film tersebut. Namun kenyataannya, Joker justru dipasang sebagai karakter lapis ketiga, sama sekali tak signifikan terhadap jalannya cerita, dan hanya muncul untuk menjelaskan latar belakang Harley Quinn.

 

Langkah Nekat Warner Bros.?

Jangankan keputusan Jared Leto untuk kembali, dibuatnya film solo Joker dari versi Suicide Squad saja sudah cukup mengagetkan banyak pihak. Performa Jared Leto sebagai Joker banyak menuai kontroversi, bukan hanya karena porsi kemunculannya yang terlampau sedikit, tapi juga aktingnya yang dianggap terlalu berlebihan. Joker selayaknya mampu menimbulkan perasaan ngeri melalui kegilaannya yang tak terkendali, tapi di tangan Leto, Joker hanya tampil gila tanpa benar-benar mencitrakan kesan ngeri.

Citra Jared Leto sebagai Joker

Selain itu, metode pendalaman karakter yang terlalu ekstrim telah menimbulkan banyak berita miring tentang aksi-aksi nyeleneh Jared Leto. Itulah mengapa, langkah Warner Bros. untuk memproduksi film solo Joker banyak dipertanyakan. Di era Batman versi Christopher Nolan, tokoh Joker mungkin menjadi 'primadona' karena performa gemilang mendiang Heath Ledger, tapi dalam versi DCEU, tidak ada yang menduga jika Joker akan cukup menarik untuk dibuatkan film solonya.

Belum lagi, Warner Bros. masih mengerjakan film Origin Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix. Walaupun sinema ini tidak tergabung dalam DCEU, adanya dua film Joker dalam waktu yang hampir bersamaan jelas bisa membingungkan banyak khalayak.

 

Ingin Ditiru Dave "Drax" Bautista

Berita kembalinya Jared Leto di film solo Joker memancing banyak respon, salah satunya adalah dari rekan sesama artis yang saat ini juga terlibat dalam franchise film superhero. Ia adalah Dave Bautista, pemeran Drax di Guardians of the Galaxy yang terkenal garang tapi cenderung naif.

Dengan nada bercanda, ia mengungkapkan bahwa Drax mungkin bisa mendapatkan film solonya jika Joker saja sudah dibuatkan oleh Warner Bros. Celetukan Dave Bautista yang dibagikan lewat akun Twitter-nya itu ternyata mendapat balasan dari James Gunn, sutradara film Guardians of the Galaxy.

Kenyataan itu tampak sangat jauh dari harapan, karena daftar film Marvel Cinematic Universe sampai beberapa tahun ke depan sudah cukup penuh dengan film solo Captain Marvel, Black Widow, sekuel Spider-Man: Homecoming dan Black Panther, juga film Avengers dan rilis ketiga Guardians of the Galaxy. Ditambah lagi, karakter Drax jelas kalah ikonik dari Joker yang sudah melegenda sebagai musuh bebuyutan Batman.

Selain film solo Joker ini, Warner Bros. sudah mengembangkan Suicide Squad dengan memproduksi film Birds of Prey yang akan menonjolkan Harley Quinn, juga rencana film duet Harley Quinn dan Joker yang belum diketahui judulnya. Obsesi Warner Bros. terhadap kedua tokoh tersebut tampaknya agak berlebihan, terbukti dari beberapa film Harley Quinn yang sudah dipersiapkan, juga total 6 film Joker yang sudah masuk tahap perencanaan. Apa saja yang dirancang Warner Bros. dengan film sebanyak itu? Kita tunggu saja bagaimana perkembangan selanjutnya.

Tag: , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi