Jurassic World: Fallen Kingdom Panen 700 Juta Dolar Di Box Office Global

| Tidak ada komentar

Jurassic World: Fallen Kingdom Panen 700 Juta Dolar Di Box Office Global

Entri kedua dalam franchise Jurassic World awal pekan ini dikabarkan telah meraup pendapatan sebesar 700 juta Dolar dari bioskop-bioskop di seluruh dunia. Angka ini terbilang fantastis, terutama jika dibandingkan dengan Box Office film spin-off Star Wars baru-baru ini yang kesulitan menembus 500 juta Dolar.

Aksi Chris Pratt dkk. mampu memancing animo para penggemar film di musim panas 2018 dan mengantarkan Jurassic World: Fallen Kingdom sebagai juara Box Office akhir pekan lalu. Meski sudah beredar di bioskop global (termasuk Indonesia) sejak awal Juni, film yang sudah dikonfirmasi akan memiliki sekuel ini baru diputar perdana di negara asalnya, AS, akhir pekan lalu. Jauhnya jarak rilis global dan domestik tersebut sedikit tak wajar, tapi disinyalir tetap diputuskan karena Universal ingin mengurangi persaingan langsung dengan Incredibles 2.

Dari dalam negeri, Jurassic World: Fallen Kingdom sukses mengumpulkan hampir 150 juta Dolar. Raihan tersebut membuat film arahan J.A. Bayona ini memuncaki daftar Box Office akhir pekan AS, menggeser The Incredibles 2 yang berjaya di posisi pertama minggu lalu. Berikut adalah peringkat Box Office AS untuk akhir pekan lalu:

Baca juga: Venom Diproyeksi Pecahkan Rekor Box Office Oktober

  1. Jurassic World: Fallen Kingdom: 148 juta Dolar (total 148 juta Dolar).
  2. Incredibles 2: 80.9 juta Dolar (total $350 juta Dolar).
  3. Ocean's 8: 11.6 juta Dolar (total 100 juta Dolar).
  4. Tag: 8.2 juta Dolar (total 30.3 juta Dolar).
  5. Deadpool 2: 5.2 juta Dolar (total 304 juta Dolar).
  6. Solo: A Star Wars Story: 4 juta Dolar (total 202 juta Dolar).
  7. Hereditary: 3.8 juta Dolar (total 35 juta Dolar).
  8. Superfly: 3.3 juta Dolar (total 15.2 juta Dolar).
  9. Avengers: Infinity War: 2.4 juta Dolar (total 669 juta Dolar).
  10. Won't You Be My Neighbor?: 1.8 juta Dolar (total 4.1 juta Dolar).

Sementara di berbagai negara di luar AS, Jurassic World: Fallen Kingdom yang sudah sekitar dua minggu mengorbit berhasil menyabet lebih dari 700 juta Dolar, dengan 30% di antaranya berasal dari tiket bioskop 3D. Sementara itu, China lagi-lagi menjadi penyumbang terbesar dengan mengkontribuisikan 202.6 juta Dolar dari keseluruhan Box Office Jurassic World: Fallen Kingdom saat ini. Untuk diketahui, China kini memang menjadi salah satu pasar tujuan utama Hollywood, karena mampu menyumbang pendapatan terbesar kedua setelah AS.

 

Lebih Rendah Dari Film Pertama, Tapi Masih Memenuhi Ekspektasi

Pendapatan menakjubkan Jurassic World: Fallen Kingdom sebenarnya cukup mengecewakan jika dibandingkan dengan film pertamanya. Selain itu, film yang mengalami cukup banyak perubahan pemain ini tak mampu mengalahkan pemasukan akhir minggu pertama Incredibles 2. Jurassic World: Fallen Kingdom pun harus puas duduk di peringkat ke-4 film terlaris 2018 (versi Box Office AS) sejauh ini, mengekor Avengers: Infinity War, Black Panther, dan Incredibles 2.

Rekor Jurassic World: Fallen Kingdom di papan Box Office AS akhir pekan

Rilis pada tahun 2015, Jurassic World sanggup mencengangkan berbagai media dan pengamat dengan menorehkan pendapatan 208.8 juta Dolar secara domestik di akhir pekan pertamanya. Film itu bahkan menyelesaikan masa edarnya dengan total Box Office 1.5 miliar Dolar dan berhasil menjadi film keempat terlaris sepanjang masa, sebelum akhirnya digeser oleh Avengers: Infinity War belum lama ini.

Tak ada satupun pihak yang menduga Jurassic World akan sesukses itu, sehingga antisipasi untuk sekuelnya pun sangat besar. Praktis, Jurassic World: Fallen Kingdom mengemban tugas berat untuk mengikuti jejak kesuksesan film pertamanya.

Meski pada akhirnya tak mampu mengulang rekor Jurassic World, Universal dikabarkan cukup puas dengan performa Fallen Kingdom di musim panas ini. Maklum, hampir setiap film sekuel selalu gagal mengulang kesuksesan Box Office film pertamanya, dan Jurassic World: Fallen Kingdom menghadapi persaingan berat baik sebelum maupun sesudah rilisnya.

Maka dari itu, tak heran jika ekspektasi untuk Jurassic World: Fallen Kingdom diturunkan dari raihan film pertamanya. Dan dengan performa Box Office yang sudah melampaui poin 700 juta Dolar, Universal tak ragu mengakui kesuksesannya dan siap memberikan lampu hijau untuk produksi film ketiga Jurassic World.

 

Siap Bersaing Dengan Film Superhero Marvel

Minggu depan, film ini akan menghadapi persaingan berat dari sajian Marvel, Ant-Man and the Wasp. Walaupun jauh lebih ringan dari Infinity War, film tersebut diperkirakan tetap bisa menyedot perhatian, karena bakal menghadirkan petualangan seru Ant-Man yang kemarin banyak dipertanyakan keberadaannya di Infinity War, juga debut The Wasp sebagai superhero untuk pertama kalinya di dunia sinematik. Respon awal untuk Ant-Man and the Wasp sejauh ini sangat positif, sehingga mensinyalkan triple winning bagi studio Marvel di tahun 2018, setelah sebelumnya sukses meluncurkan Black Panther dan Avengers: Infinity War.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi