6 Misteri Yang Tersisa Dari Ant-Man And The Wasp

| Tidak ada komentar

6 Misteri Yang Tersisa Dari Ant-Man And The Wasp

Sudah nonton Ant-Man and the Wasp? Keluaran terbaru dari Studio Marvel di musim panas 2018 ini memang jauh lebih santai dan ringan dari dua pendahulunya, Black Panther dan Avengers: Infinity War. Namun hal itu tidak lantas menjadikan Ant-Man and the Wasp memiliki bobot dan kompleksitas cerita yang bisa diremehkan. Film ini justru menghadirkan beberapa sub-plot yang dirangkai dengan kohesif, sambil tetap menampilkan guyonan-guyonan segar khas Marvel. Selain itu, ada beberapa misteri yang memancing diskusi dan menggugah rasa penasaran para penonton.

Karena artikel ini akan membahas hal-hal yang belum terjawab dari berbagai detail di sepanjang film Ant-Man and the Wasp, maka peringatan SPOILER akan dipasang di bagian ini. Bagi Anda yang belum nonton dan masih berniat untuk lanjut membaca artikel ini hingga akhir, maka risiko Spoiler ditanggung sendiri.

 

Baca juga: Venom Batal Dirating Dewasa Karena Ingin Menghadirkan Spider-Man

1. Bagaimana Cara Alam Kuantum Bekerja?

Meski sudah dijelaskan di dua film Ant-Man, Quantum Realm atau alam kuantum masih meninggalkan beragam teka-teki yang terlalu sulit untuk dipahami; mengapa tempat itu mudah menyesatkan pikiran orang? Ada apa saja di dalamnya? Dan benarkah waktu tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya di alam tersebut?

Di film pertama Ant-Man, telah disebutkan bahwa tak ada seorang pun yang bisa kembali dari alam kuantum, tapi Scott Lang kemudian berhasil mematahkan anggapan tersebut di akhir film. Jika ia bisa keluar dari alam kuantum dengan begitu mudahnya, mengapa Janet van Dyne masih terjebak di sana bertahun-tahun lamanya?

Alam Kuantum Ant-Man and the Wasp

Belum lagi, usaha menyelamatkan Janet memerlukan begitu banyak proses; mulai dari pembukaan portal ke alam kuantum, Janet yang perlu mengirim sinyal melalui Scott, pencarian titik koordinat Janet, hingga akhirnya perjalanan yang menggunakan sebuah alat transportasi khusus. Jika dibandingkan dengan pengalaman Scott Lang yang kala itu hanya mengenakan kostum Ant-Mannya saja, tentu semua prosedur penyelamatan Janet tadi terasa sangat rumit.

Bisa saja, Hank dan Hope ingin memastikan semua aspek keselamatan dan jalan pulang bagi siapapun yang menyelamatkan Janet. Namun hal ini tak menjelaskan Janet yang ikut menua seperti ketika ia hidup di dunia biasa, padahal alam kuantum disebut-sebut tak mengikuti aturan waktu seperti pada umumnya. Apapun alasannya, peringatan Janet yang melarang Ant-Man masuk ke dalam pusaran waktu tak bisa diabaikan begitu saja. Ucapan itu bisa menjadi kunci jawaban dari misteri waktu di alam kuantum, atau justru sarana penjelajahan waktu yang banyak dirumorkan bakal berperan penting di Avengers 4.

 

2. Apa Hubungan Janet Van Dyne Dengan Captain Marvel?

Ya, Anda tak salah baca. Karakter The Wasp lama yang sudah puluhan tahun menghilang di alam kuantum bisa jadi terikat dengan Captain Marvel, tokoh superhero yang kisahnya baru akan diluncurkan awal tahun depan.

Hubungan keduanya berasal dari kekuatan alam kuantum yang tampaknya diserap oleh Janet van Dyne. Bertahun-tahun hidup di dunia tersebut rupanya membuat Janet mampu mentransmisikan elemen-elemen dari alam kuantum. Kemampuan ini sudah diperlihatkan di penghujung film Ant-Man and the Wasp, tepatnya ketika Janet menyembuhkan Ghost.

The Wasp dan Captain Marvel

Di sisi lain, sumber kekuatan Captain Marvel juga mengandung elemen dari alam kuantum. Jadi apakah Janet van Dyne dan Captain Marvel memiliki basis kekuatan yang sama? Jika ya, apakah ini akan membuat kekuatan Janet bisa menandingi Captain Marvel? Apapun jawabannya, studio Marvel jelas punya alasan untuk menempatkan Ant-Man and the Wasp dan film Captain Marvel di antara rilis Avengers: Infinity War dan Avengers 4.

 

3. Bagaimana Cara Ant-Man Menghentikan Thanos?

Masih ingatkah Anda dengan adegan post-credit Ant-Man and the Wasp? Kecerdikan Marvel merangkai keterkaitan antara satu film dengan film lainnya kembali terbukti di penggalan adegan ini. Tidak hanya menghubungkan Ant-Man and the Wasp dengan Infinity War, post-credit film ini juga membuka gerbang kemungkinan bagi Ant-Man untuk menemukan kunci mengalahkan Thanos.

Thanos bisa dikalahkan Ant-Man?

Setelah Hank, Janet, dan Hope musnah menjadi abu, Scott ditampilkan terjebak dalam alam kuantum dan belum mengetahui situasi genting yang tengah terjadi. Padahal, tepat sebelum ia masuk ke alam kuantum, Janet memperingatkannya untuk tidak masuk ke pusaran waktu (time vortex). Itu artinya, pusaran waktu di alam kuantum kini berada dalam jangkauan Scott Lang, dan ia bisa menggunakannya untuk membantu tokoh Avengers lain kembali ke masa lalu.

Sekarang pertanyaannya, mengapa mereka harus mundur ke belakang? Disadari atau tidak, cara ini rupanya bisa menjadi satu-satunya strategi mengalahkan Thanos. Bagaimanapun juga, jatuhnya semua Infinity Stone ke tangan Thanos adalah hasil dari serangkaian peristiwa  yang membuat makhluk Titan tersebut mudah mengetahui letak Infinity Stone. Jadi kemungkinan, para Avengers akan mencari titik peristiwa di masa lalu untuk mematahkan kelangsungan skenario tersebut. Belum lagi, Doctor Strange telah menyebutkan ada satu kemungkinan yang berpihak pada kemenangan mereka, dan ini bisa jadi skenario yang sebelumnya dibicarakan Strange.

Terlepas dari itu semua, foto-foto syuting Avengers 4 yang bocor ke media selama ini telah memperlihatkan para superhero kembali ke kostum lama mereka. Tak cuma itu, Ant-Man juga terlihat bersama Captain America, Iron Man, dan Hulk; tiga anggota Avengers awal yang bertahan dari "pembantaian" Thanos. Dengan demikian, jelaslah bahwa Ant-Man sedikit banyak akan terlibat dalam kepergian para Avengers ke masa lalu.

 

4. Akankah Cassie Lang Menjadi Superhero?

Putri Scott Lang memang masih kecil di film-film Ant-Man, tapi berita tentang pencarian aktris dewasa untuk memerankan tokoh tersebut di Avengers 4 sudah tersebar luas. Ini Artinya, akan ada Cassie Lang versi dewasa yang siap tampil di sekuel Avengers. Pertanyannya, akankah ia muncul sebagai superhero?

Kemungkinan ini sudah berulang kali disinyalkan di film Ant-Man and the Wasp. Ketika Scott merasa bimbang dengan nasib Hank dan Hope yang berada di tangan FBI, Cassie meyakinkannya untuk mempertahankan seorang partner di sampingnya. Ketika semua orang mengira bahwa yang ia maksud adalah Hope (The Wasp), Cassie justru menyatakan jika dirinyalah yang ingin menjadi partner sang ayah. Kemudian, Cassie kembali menyebutkan keinginan tersebut di akhir film, ketika ia bersantai bersama Hope dan ayahnya. Ia juga mengutarakan ingin bisa menyelamatkan orang-orang ketika Hope bertanya mengenai cita-citanya.

Cassie Lang

Yang perlu diperhitungkan dalam hal ini adalah, Cassie Lang memang menjelma menjadi superhero di cerita komiknya. Ketika Scott Lang telah tiada, ia memutuskan untuk memanfaatkan teknologi Pym agar bisa menjadi penerusnya. Cassie Lang kemudian dikenal dengan aliasnya, Stature, dan bergabung dalam kelompok Young Avengers.

Apakah skenario ini akan diadopsi ke layar lebar oleh MCU? Kita tunggu saja kemunculannya di Avengers 4 tahun depan.

 

5. Mengapa Kostum Baru Ant-Man Selalu Eror?

Tak hanya sekali dua kali, kostum baru Ant-Man nyaris selalu mengalami malafungsi di saat-saat genting. Kegagalan itu mungkin bisa memicu efek-efek komedi yang membuat penonton terpingkal-pingkal, tapi ada saat-saat ketika kerusakan kostum Ant-Man justru berakibat fatal dan bahkan mengancam nyawanya.

Kostum baru Ant-Man payah

Hank Pym memang menjelaskan bahwa kostum tersebut masih dalam tahap pengembangan, tapi realistiskah jika sosok yang dikenal sebagai salah satu tokoh paling jenius dalam dunia Marvel itu membuat prototype yang demikian buruknya? Bahkan hasil percobaan Tony Stark saja bisa bekerja jauh lebih baik dari kostum baru Ant-Man.

Terlebih lagi, Hank juga mengembangkan kostum The Wasp, tapi pakaian yang dikenakan Hope itu bisa bekerja dengan sempurna, bahkan memiliki sayap dan beberapa senjata tambahan. Apakah ini hanya sekedar alat para penulis naskah untuk menciptakan suasana lucu? Adakah maksud tersembunyi lain yang baru terungkap di film-film Marvel berikutnya? Atau mungkinkah ini sekedar menjadi ajang 'pembalasan dendam' Hank Pym yang masih kecewa dengan aksi gegabah Scott Lang di Civil War?

 

6. Ghost: Musuh Atau Pahlawan?

Ditampilkan sebagai tokoh antagonis yang nyaris selalu berselisih dengan Ant-Man dan The Wasp, Ghost justru mengalami pengembangan karakter yang tak terduga di akhir film. Tanda-tanda ini sebenarnya sudah mulai terlihat di bagian pertengahan, ketika sosok yang bernama asli Ava Starr tersebut menjelaskan bahwa ia hanya menjadi korban dan telah dimanfaatkan oleh SHIELD. Ia juga tengah putus asa mencari cara menyembuhkan diri karena sedang sekarat dan selalu didera rasa sakit.

Apakah Ghost bisa jadi superhero

Namun ketika penonton mulai bersimpati padanya, ia kembali menunjukkan cara-cara brutal yang membuatnya tampak menjelma sebagai sosok supervillain sesungguhnya. Perubahan mengejutkan baru muncul ketika ia sudah disembuhkan oleh Janet van Dyne, dan meminta Bill Foster untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Di sini, sosok Ghost yang rela melakukan apapun demi kepentingannya sendiri telah sirna. Lantas, apakah hal itu menjadi tanda perubahannya menjadi superhero?

Sebelum terlalu jauh memikirkan kemungkinan tersebut, perlu diperhitungkan bahwa adegan post-credit Ant-Man and the Wasp adalah tentang Ant-Man yang kembali ke alam kuantum, untuk mencari materi yang dibutuhkan dalam usaha penyembuhan Ghost. Dengan kata lain, Ghost belum benar-benar pulih dari kondisinya, dan tidak ada kejelasan apakah ia masih memiliki kekuatannya saat ia benar-benar sembuh nantinya.

Namun apabila ia tidak menjadi bagian dari separuh populasi yang dimusnahkan Thanos, maka ada kemungkinan bagi Scott Lang untuk mengajaknya bergabung dengan superhero lain di Avengers 4; itupun jika Marvel bersedia menyelipkan karakternya di tengah 'lautan' superhero lain dalam sekuel Avengers: Infinity War.

 


Itulah 6 misteri Ant-Man and the Wasp yang masih menyisakan pertanyaan di benak para penggemar Marvel. Anda punya teori untuk menjelaskan misteri-misteri di atas? Atau justru memiliki pertanyaan lain yang belum terpecahkan? Silahkan berdiskusi di kolom komentar.

Tag: ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi