Para Pemain Guardians of the Galaxy Nyatakan Dukungan Untuk James Gunn

| Tidak ada komentar

Para Pemain Guardians of the Galaxy Nyatakan Dukungan Untuk James Gunn

Kontroversi pemecatan James Gunn ternyata berbuntut panjang. Bukannya disibukkan dengan rencana pemilihan sutradara pengganti James Gunn untuk Guardians of the Galaxy Vol. 3, Disney kini harus menghadapi gelombang protes dari fans Marvel dan para pemain yang membintangi seri film Guardians of the Galaxy.

Tak lama setelah Disney mengumumkan pemberhentian James Gunn, aktor Dave Bautista yang memerankan Drax The Destroyer langsung angkat bicara. Melalui cuitannya di Twitter, ia terang-terangan mengaku tidak senang dengan perlakuan Disney terhadap James Gunn. Bukan hanya sekali, Bautista bahkan mengungkapkan protesnya berulang kali. Yang paling menonjol adalah ketika ia menyerukan istilah "Cybernazi", dan menghimbau agar publik tidak mudah menjadi korban tipu daya kelompok tersebut.

Selain Dave Bautista, adik James Gunn yang juga bermain di Guardians of the Galaxy sebagai Kraglin, Sean Gunn, mengungkapkan dukungannya untuk sang kakak.

Tak lama kemudian, Karen Gillan si pemeran Nebula, Zoe Saldana yang memainkan Gamora, dan Chris Pratt pemeran Star-Lord ikut menyuarakan opini mereka di akun medsos masing-masing. Meski tidak sefrontal Dave Bautista dan Sean Gunn, ketiganya mengisyaratkan dukungan terhadap James Gunn melalui pernyataan berikut.

Baik Karen Gillan, Zoe Saldana, maupun Chris Pratt tampaknya ingin berhati-hati mengambil langkah. Mereka tak ingin langsung menyalahkan Disney atas keputusan pemecatan James Gunn, tapi juga tetap ingin berpihak pada pemain Guardians of the Galaxy lain yang telah menentukan sikap.

Sementara itu, pemeran Yondu, Michael Rooker, tak ingin ketinggalan menyerukan kritikan untuk Disney. Ia bahkan mengambil langkah paling nekat sebagai bentuk protes, yakni dengan menonaktifkan akun Twitter-nya.

Tweet Michael Rooker terkait James Gunn

Selain bintang-bintang Guardians of the Galaxy, ada juga beberapa artis dan sineas Hollywood lain yang berpihak pada James Gunn. Mereka adalah aktris Selma Blair, sutradara Uwe Boll, Justin Rolland, Fede Alvarez, Lloyd Kaufman, dan Michael Rosenbaum.

 

Memicu Petisi Online Yang Ditandatangani 65,000 Fans

Bukan hanya dari kalangan artis, para penggemar James Gunn dan penonton setia Marvel juga tidak tinggal diam. Chandler Edwards memulai petisi online untuk mengembalikan posisi James Gunn, yang tak butuh waktu lama untuk mengumpulkan puluhan ribu dukungan dari para fans. Pada 22 Juli kemarin, petisi tersebut sudah mengumpulkan lebih dari 65,000 tanda tangan, mendekati target 75,000 yang ditetapkan oleh Edwards.

Meski demikian, Chandler Edwards juga menghimbau jika petisi tersebut merupakan sekedar tuntutan informal; terpenuhinya petisi tidak serta merta mengharuskan Disney untuk memenuhi tuntutan mereka. Menurut Edwards, gerakan petisi untuk mengembalikan James Gunn tetap memiliki peran, tapi hanya sebagai simbol dukungan fans yang menginginkan sang sutradara tetap menangani Guardians of the Galaxy Vol. 3.

 

Mengapa Banyak Pihak Membela James Gunn?

Sejak terungkapnya kasus Harvey Weinstein dan skandal Kevin Spacey, publik AS memang tengah sensitif terhadap kasus pelecehan seksual dan segala tindakan menyimpang yang dituduhkan pada berbagai nama besar di Hollywood. Sebagian besar di antaranya menjadi "kuburan karir" bagi artis-artis yang dituduh, karena sentimen publik begitu cepat mempercayai isu-isu yang baru beredar.

Namun demikian, skandal James Gunn menjadi pengecualian karena ia masih meraih dukungan dari berbagai kalangan. Sejauh ini, ada 3 alasan yang membuat James Gunn tidak serta merta 'dikucilkan'.

Pertama, cuitan James Gunn sudah sangat lama diunggah, dan James Gunn sendiri sudah berulang kali meminta maaf akan hal itu. Dalam pernyataan maafnya yang terbaru, ia juga mengungkapkan telah berubah dari karakternya yang dulu, dan menyadari jika candaannya memang tidak pada tempatnya.

Alasan kedua, James Gunn merupakan sosok vital dalam kesinambungan MCU saat ini. Bukan hanya Guardians of the Galaxy yang sebagian besar sukses karena gaya penyutradaraannya, Infinity War dan Avengers 4 juga mengandalkannya sebagai penyumbang keputusan kreatif yang berkontribusi besar pada karya Russo bersaudara. Jika Guardians of the Galaxy Vol. 3 tidak dilanjutkan oleh James Gunn, fans khawatir dengan kualitas dan reputasinya yang bisa berantakan seperti Justice League atau Solo: A Star Wars Story.

James Gunn figur penting di MCU

Faktor ketiga, cuitan James Gunn yang kontroversial pertama kali mengemuka karena ia 'diserang balik' oleh pihak konservatif, yang selama ini kesal dengan kritik blak-blakan James Gunn terhadap Donald Trump dan para pendukungnya. Dengan kata lain, pengungkapan Tweet lama James Gunn hanyalah aksi hater yang ingin menjatuhkannya, bukan suatu publisitas yang bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kewaspadaan publik.

Pemilik akun @shawnxmadden bahkan mengekspos cuitan Mike Cernovich yang tak kalah buruk dari Tweet James Gunn. Sekedar informasi, Cernovich merupakan orang yang pertama kali menyebar cuitan lama James Gunn. Jadi bisa disimpulkan, aksi Mike Cernovich sudah seperti "maling teriak maling".

 

Masih Ramai Diperdebatkan

Terlepas dari dukungan-dukungan di atas, masih ada beberapa pihak yang menilai James Gunn layak dipecat Disney. Mereka berpendapat jika skandal ini bisa mempengaruhi pamor Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan image studio Disney secara umum. Yang paling ekstrim, mereka mengatakan jika siapapun yang mendukung James Gunn sama saja dengan mendukung isi cuitannya.

Di lain pihak, pendukung James Gunn menegaskan bahwa sang sutradara memang pantas dikritik atau bahkan dihujat, tapi menurut mereka, komentar-komentar di Twitter yang sudah lama diunggah dan disesali tidak seharusnya membuat seseorang sampai kehilangan pekerjaan.

Sampai berita ini ditulis, perdebatan warganet terus berkobar di berbagai artikel yang mengulas kontroversi pemecatan James Gunn. Lantas menurut Anda, bagaimanakah keputusan Disney yang memberhentikan James Gunn?

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi