Ditinggal Danny Boyle, Bond 25 Bidik Sutradara Mission: Impossible

| Tidak ada komentar

Ditinggal Danny Boyle, Bond 25 Bidik Sutradara Mission: Impossible

Belum lama mengunci nama Danny Boyle di posisi sutradara, film James Bond berikutnya sudah harus kelimpungan mencari sutradara baru. Menurut posting dari akun Twitter resmi film tersebut, Danny Boyle sudah tak tergabung dalam proyek Bond 25 yang sedianya dirilis November tahun depan. Tak ingin berlama-lama membiarkan kekosongan tersebut, studio yang memproduksi film-film James Bond, MGM dan EON, dikabarkan tengah mengincar nama Christopher McQuarrie.

Pemilihan McQuarrie ini sebenarnya belum dikonfirmasi, karena baru muncul dari cuitan salah satu jurnalis Variety, Justin Kroll.

Meski demikian, Screenrant telah mengangkat isu menarik tersebut, karena nama McQuarrie baru-baru ini banyak diapresiasi berkat kesuksesan Mission: Impossible - Fallout. Tak hanya film tersebut, Christopher McQuarrie bahkan sudah membuktikan kepiawaiannya menyutradarai film action lewat Mission: Impossible - Rogue Nation, yang rilis pada tahun 2015 silam.

Dengan catatan 2 film Mission: Impossible yang sama-sama sukses, rekor McQuarrie sebagai sutradara tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih lagi, seri James Bond dan Mission: Impossible sama-sama bertemakan agen rahasia, juga telah lama bersaing satu sama lain karena memiliki target Audience yang serupa. Jadi wajar saja apabila MGM dan EON tak butuh lama untuk mencatutkan nama McQuarrie dalam perburuan mereka.

 

Mengapa Danny Boyle Mengundurkan Diri?

Menurut pernyataan resmi dari produser Michael G. Wilson, Barbara Broccoli, dan pemeran James Bond sendiri, Daniel Craig, Danny Boyle memutuskan untuk keluar dari proyek Bond 25 karena masalah perbedaan arah kreativitas dengan anggota tim produksi lain. Tidak ada pernyataan lebih lanjut yang menguraikan statement tersebut, sehingga beberapa pihak masih ramai berspekulasi dengan alasan sebenarnya di balik keputusan Danny Boyle tersebut.

Sebelumnya, banyak penggemar James Bond telah bersuka cita setelah MGM dan EON akhirnya mengumumkan nama Danny Boyle sebagai sutradara Bond 25. Selain karena prestasinya sebagai sutradara peraih Oscar, Boyle juga memiliki sentuhan unik yang membuat film-filmnya sukses dengan ciri khas tertentu. Salah satu film Danny Boyle yang meraih kesuksesan fenomenal adalah Slumdog Millionaire, yang memanen 10 nominasi dan 8 piala Oscar di tahun 2009.

 

Perekrutan Christopher McQuarrie Bisa Terganjal 2 Hal Ini

Walaupun masih sekedar rumor, tak dapat dipungkiri jika kabar bergabungnya Christopher McQuarrie bisa menjadi sinyal positif bagi Bond 25. Bagaimanapun juga, kebangkitan Mission: Impossible sejak seri Ghost Protocol (2011) selalu diikuti dengan sekuel-sekuel yang konsisten berperforma baik. Pencapaian itu bahkan dinilai sudah melampaui James Bond, yang dianggap gagal mengikuti kesuksesan Skyfall dengan Spectre. Belum lagi, kontroversi komitmen Daniel Craig dan penunjukan sutradara yang berubah-ubah telah menciderai reputasi Bond 25.

Sayangnya, perekrutan Christopher McQuarrie tampaknya memiliki 2 rintangan besar yang tak bisa dikesampingkan dengan mudah. Pertama, McQuarrie pernah menyatakan bahwa setelah Fallout, ia hanya berhasrat membesut film original, bukan film sekuel seperti halnya Mission: Impossible dan sejenisnya. Jadi apabila MGM dan EON benar-benar berminat merekrut McQuarrie, mereka perlu mengajukan penawaran spesial yang sulit diabaikan olehnya.

Christopher McQuarrie

Christopher McQuarrie

Kedua, Christopher McQuarrie juga mengungkapkan bahwa ia ingin mengambil waktu jeda sebelum menangani proyek film selanjutnya. Hal ini tentu tak sesuai dengan target Bond 25 yang dijadwalkan rilis November 2019 mendatang. Selain itu, berbagai media juga masih memperhitungkan potensi kembalinya Christopher McQuarrie di Mission: Impossible 7.

Meski ia sebelumnya telah menyiratkan tidak ingin mengarahkan film sekuel, sejarah panjangnya dengan Tom Cruise bisa membuatnya mengubah pendirian. Sekedar informasi, McQuarrie dan Tom Cruise sudah beberapa kali bekerja sama sebelum di Mission: Impossible, tepatnya di film-film Valkyrie (2008), Jack Reacher (2012), dan Edge of Tomorrow (2014).

 

Bond 25 Berpotensi Diundur

Kandidat selain McQuarrie sejauh ini belum ada yang bermunculan. Nama Christopher Nolan dan Denis Villeneuve yang sempat dikaitkan dengan Bond 25 sudah hampir mustahil untuk kembali mempertimbangkan terikat di proyek film ini. Sementara itu, Martin Campbell yang merupakan sutradara GoldenEye dan Casino Royale, berkomitmen tak akan kembali jika MGM dan EON tak mengganti Daniel Craig sebagai pemeran James Bond.

Melihat polemik di atas, kita hanya bisa berharap jika pihak studio bisa cepat-cepat menemukan pengganti Danny Boyle. Namun untuk menjaga kualitas film, penggantian sutradara sebaiknya tidak hanya sekedar cepat, tapi juga memperhitungkan kompetensi dan kesesuaian arah kreativitas dengan tim produksi. Jika hal ini tak bisa terpenuhi, maka waktu rilis Bond 25 bisa dimundurkan ke tahun 2020.

Tag: ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi