Ini Dia Urutan Menonton Dan Daftar Film Conjuring Universe

| 1 komentar

Ini Dia Urutan Menonton Dan Daftar Film Conjuring Universe

Film The Nun sudah tayang di bioskop, Valak kembali hadir di bioskop yang kali ini memang film ini dikhususkan untuk Valak. The Nun bisa dibilang merupakan bagian dari film The Conjuring yang memang cukup sukses dan membuat Warner Bros memutuskan untuk membuat filmnya sendiri-sendiri untuk masing-masing setannya.

James Wan adalah otak dibalik semua ini, sutradara yang memang terkenal dari film horror Saw kemudian Insidious dan akhirnya The Conjuring ini. Film The Conjuring dirilis pada tahun 2013 dan ternyata sangat sukses yang membuat mereka terus membuat filmnya hingga bercabang kemana-mana.

The Conjuring

Disutradarai oleh James Wan dan dirilis pada tahun 2013, film ini menceritakan kisah nyata dari pasangan suami istri Ed dan Lorraine Warren yang memang pakar dalam mengatasi kasus-kasus paranormal. Film ini menceritakan tahun 1971 ketika sebuah keluarga dihantui. Nah yang menarik adalah selipan ketika film dimulai dimana Ed dan Lorraine baru saja menyelesaikan kasus boneka Annabelle dan ketika akhir film The Conjuring juga kita melihat sedikit aksi Annabelle yang menyerang anak mereka.

Baca juga: Bagaimana Jika Irene Dalam Film The Nun Adalah Lorraine?

Annabelle

Kesuksesan film The Conjuring langsung diteruskan dengan film Annabelle pada tahun 2014. Disutradarai oleh John R. Leonetti dimana James Wan kali ini duduk sebagai produser film ini juga sangat laris. Seorang suami membelikan boneka untuk istrinya yang akan melahirkan, nah diawal film ini kunci penghubungnya. Kita melihat adegan bahwa tetangga suami istri ini yaitu keluarga Higgins dibunuh oleh seseorang. Dan orang tersebut kemudian juga menyerang mereka. Orang tersebut adalah Annabelle dengan pacarnya, pacarnya tewas ditembak oleh polisi sementara Annabelle bunuh diri sambil memegang boneka yang kita kenal dengan nama Annabelle. Film ini mengambil tema tahun 1967 dimana akhirnya pasangan suami istri tersebut memiliki seorang anak, dan setan Annabelle ingin mengambil anak tersebut. Akhir film ini juga menarik dan menjadi penghubung Conjuring, dimana seorang Ibu membeli boneka Annabelle untuk Debbie anaknya. Si Debbie ini merupakan salah satu siswa keperawatan diawal film The Conjuring.

The Conjuring 2

Dirilis tahun 2016 dan kembali disutradarai oleh James Wan. Mengambil setting tahun 1977 dimana pasangan Ed dan Lorraine kembali dihadapkan kasus misterius sebuah keluarga yang kali ini berada di London. Disinilah pertama kalinya Valak muncul, dan mereka pasangan ini kembali berhadapan dengan setan yang cukup kuat. Disini sempat muncul The Crooked Man, manusia kurus tinggi yang keluar dari mainan sirkus. Dan diakhir film kita melihat pasangan Ed dan Lorraine membawa pulang mainan tersebut dan menyimpannya disamping boneka Annabelle. Seperti Annabelle dan Valak, The Crook Man ini juga akan dibuat filmnya sendiri.

Annabelle: Creation

Dirilis tahun 2017 karena kesuksesan Annabelle, film Annabelle: Creation ini disutradarai oleh David F. Sandberg yang sebelumnya membuat film Lights Out. Film ini mengambil setting tahun 1955 dimana pasangan suami istri berduka karena anaknya yang bernama Annabelle meninggal karena kecelakaan. Si suami adalah pembuat boneka dan mereka mencoba memanggil arwah anaknya. Mereka juga membuka pintu untuk anak-anak dari panti asuhan untuk menginap dan tinggal dirumah mereka. Ada adegan ketika salah satu suster dari panti asuhan ini menunjukkan foto suster-suster temannya dulu dan ternyata disitu ada Valak. Diakhir film kita melihat suster-suster dan sisa dari anak panti asuhan diamankan oleh polisi, dimana satu orang anak yang bernama Annabelle membawa boneka tersebut. Ia kemudian diadopsi oleh keluarga Higgins, dan 12 tahun kemudian ia membunuh keluarga Higgins, kalau Anda ingat itu adalah adegan pembuka dari film Annabelle. Di kredit kita juga melihat sedikit adegan Valak di Romania.

The Nun

Dirilis tahun 2018 film ini kembali ketahun 1952 dimana seorang pastur dan suster muda diminta menginvestigasi kasus bunuh diri seorang suster di Carta Monastery di Romania, mereka meminta bantuan seseorang bernama Frenchie dari daerah sana yang mengenal daerah tersebut untuk mengantar mereka. Disutradarai oleh Corin Hardy film ini merupakan asal muasal hadirnya Valak dari Romania. Diakhir film kita melihat bagaimana pasangan Ed dan Lorraine sedang memberikan kuliah tentang orang yang kerasukan yang seperti kita lihat dari awal film The Conjuring, dan ternyata orang tersebut adalah Frenchie yang berarti pasangan Ed dan Lorrainer pernah berhadapan dengan Valak sebelum film The Conjuring 2.

Bingung kan? Ya mereka berusaha agar film-film ini saling terhubung, bukan cuma itu saja tetapi terhubung juga dengan film-film seri Conjuring yang akan datang seperti The Crooked Man dan The Conjuring 3.

Jadi jika Anda ingin menikmati filmnya bisa menontonnya berdasarkan urutan tahun rilis filmnya atau malah berdasarkan urutan tahun kejadian dalam filmnya.

The Conjuring Universe urut berdasarkan tahun rilis

Judul FilmTahun Rilis
1The Conjuring2013
2Annabelle2014
3The Conjuring 22016
4Annabelle: Creation2017
5The Nun2018

The Conjuring Universe urut berdasarkan tahun kejadian difilm

Judul FilmTahun Kejadian Dalam Film
1The Nun1952
2Annabelle: Creation1955
3Annabelle1970
4The Conjuring1971
5The Conjuring 21977

Tag: ,

Penulis:

Web Designer lokal yang hobi nonton dan menjadi penulis tetap di bioskoptoday.com, jangan lupa untuk follow Twitter dan Instagramnya.

1 komentar untuk Ini Dia Urutan Menonton Dan Daftar Film Conjuring Universe

  • Mawarrimbaraya -

    Keren

    Balas

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi