The Nun Jadi Film Terlaris Di The Conjuring Universe

| Tidak ada komentar

The Nun Jadi Film Terlaris Di The Conjuring Universe

Film solo Valak yang cukup dinanti-nantikan kehadirannya, berhasil menjawab antusiasme para penikmat horor dengan prestasi terbarunya. Film berjudul The Nun ini melesat jadi yang terlaris dalam franchise The Conjuring Universe; suatu pencapaian yang impresif mengingat semua film dalam dunia sinematik ini selalu sukses menjaring banyak penonton di bioskop.

Dilansir dari media Deadline, Box Office global The Nun sukses menembus angka 330 juta Dolar AS. Torehan tersebut lebih tinggi dari pemegang rekor Box Office dalam The Conjuring Universe sebelumnya, yakni The Conjuring 2, yang berhasil meraup 320 juta Dolar AS. The Nun juga berhasil mengalahkan pencapaian A Quiet Place dalam kategori film horor 2018 dengan Opening Weekend terbaik. Sebelumnya, A Quiet Place cukup mengejutkan banyak pihak karena berhasil merajai Box Office, meski temanya sangat sederhana dan tidak berasal dari franchise manapun.

Menariknya lagi, kontributor terbesar The Nun tidak berasal dari negara-negara yang umumnya menyumbang pendapatan film terbesar seperti China, Inggris, dan India. Menurut pengamatan Caitlin Leale dari Screenrant, The Nun paling banyak digemari di negara-negara pengguna bahasa Spanyol. Hal ini terbukti dari kontribusi Meksiko dan Spanyol yang masing-masing menyetorkan pendapatan sebesar 21.5 juta Dolar AS dan 10.5 juta Dolar AS. Sementara itu, meskipun Brazil tidak termasuk dalam kategori tersebut, negara Amerika Latin ini turut berpartisipasi memberikan income sebesar 17 juta Dolar AS.

Baca juga: Robin Hood Bernasib Mengenaskan Di Box Office AS

 

Tak Menjanjikan Di Mata Kritikus

Walaupun sukses di panggung Box Office internasional, The Nun nyatanya kurang disambut hangat oleh para pengamat film. Hal ini terbukti dari perolehan skor 27% dari Rotten Tomatoes saat berita ini ditulis, dengan Average Rating 4.4/10.

Rating The Nun

Beberapa di antara kritikus menilai The Nun sebagai film terburuk dalam The Conjuring Universe. Selain itu, ada pula yang mengeluhkan minimnya unsur-unsur mencekam dalam film tersebut. Berbeda dari pendapat kritikus, sebagian besar penonton yang mengaku puas dengan The Nun, secara khusus menyoroti bagian ending yang menurut mereka benar-benar mencengangkan. Saking tak terduganya, akhir film The Nun dianggap sebagai yang terbaik dari semua film-film Conjuring sejauh ini.

Dengan dukungan yang masih mengalir deras dari para penikmat setianya, The Conjuring Universe tampaknya tak akan berhenti melaju, meskipun The Nun kurang direspon positif oleh beberapa kritikus. Setelah film ini, dunia sinematik yang dikelola James Wan akan menggarap beberapa proyek sekuel dari entri-entri sukses seperti Annabelle dan The Conjuring. Di samping itu, ada pula film The Crooked Man yang merupakan spin-off lain dari The Conjuring 2.

 

Kalahkan DCEU, The Conjuring Universe Jadi Dunia Sinematik Tersukses Warner Bros.

Raihan menakjubkan The Nun tak ayal semakin menambah pundi-pundi pendapatan yang berhasil dikumpulkan semua film The Conjuring Universe. Dengan 5 film yang sudah beredar, The Conjuring Universe menorehkan total pendapatan hingga miliaran Dolar AS. Yang lebih mengesankan lagi, film-film dalam franchise ini konsisten membukukan margin keuntungan di atas 200 juta Dolar AS.

Jika ditotal, maka semua film-film The Conjuring Universe hanya menelan biaya produksi dan marketing sebesar 105.9 juta Dolar AS. Dibandingkan dengan pendapatan total The Conjuring Universe yang sudah mencapai 1.53 miliar Dolar AS, jelas studio film sudah mengumpulkan keuntungan hingga lebih dari 10 kali lipat.

The Conjuring Universe sukses besar

Sementara itu, dunia sinematik lain yang dinaungi Warner Bros., DCEU, memang berhasil memperoleh pendapatan total yang jauh lebih besar dari The Conjuring Universe. Akan tetapi, 5 film DCEU yang sudah dirilis sejauh ini juga menghabiskan banyak biaya produksi dan pemasaran; total budget yang dikeluarkan untuk menggarap film-film dari dunia sinematik DC adalah 1.09 miliar Dolar AS. Apabila dibandingkan dengan pendapatannya yang 'hanya' sebesar 3.7 miliar Dolar AS, maka keuntungan yang tercapai tentu tidak sampai 4 kali lipat.

Mengingat DCEU mengusung properti-properti yang sangat populer seperti Superman, Batman, dan Wonder Woman, maka raihan ini tentu sangat mengecewakan. Sebaliknya, hal itu menjadi prestasi membanggakan bagi The Conjuring Universe, mengingat dunia sinematik ini dibangun dari sebuah film horor standalone yang tidak ditargetkan untuk menjadi tontonan mainstream seperti halnya film-film Blockbuster kebanyakan.

Dengan semakin meningkatnya antusiasme banyak pengikut The Conjuring Universe dengan petualangan suami istri Warren dan asal usul Annabelle serta Valak, maka kesempatan James Wan untuk semakin melebarkan sayap dengan dunia sinematik ini tentu makin terbuka lebar.

Tag: , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi