Trailer Five Feet Apart Dituduh Tiru The Fault In Our Stars

| Tidak ada komentar

Trailer Five Feet Apart Dituduh Tiru The Fault In Our Stars

Film drama romantis yang baru merilis trailer pertamanya kemarin, Five Feet Apart, sudah memantik kontroversi karena kemiripannya dengan The Fault In Our Stars. Hal ini tak lain karena premise-nya yang mengisahkan romansa dua sejoli pengidap penyakit kronis. Seperti apa cuplikan lengkapnya?

Five Feet Apart menampilkan kisah cinta Stella dan Will, sepasang muda-mudi yang terhalang oleh penyakit Cystic Fibrosis. Karena kondisi yang rentan, keduanya harus terus menjaga jarak sekitar 5 kaki; sesuatu yang tentu agak sulit terealisasi ketika benih-benih asmara terus tumbuh di antara mereka.

Semua ini berawal ketika mereka bertukar pikiran tentang kehidupan sehari-hari yang harus mereka jalani dengan penuh keterbatasan. Stella yang ingin tetap berpandangan optimis, cenderung berpembawaan riang dan gemar membagikan aktivitas sehari-harinya di akun social media. Sebaliknya, Will yang lebih melankolis selalu memancing rasa penasaran Stella. Ketertarikan mereka sayangnya harus terbatasi dengan kondisi masing-masing sebagai sesama pengidap Cystic Fibrosis. Jangankan bersentuhan, duduk berdekatan saja bisa membawa efek fatal bagi keduanya. Lantas bagaimanakah mereka bisa saling berkomunikasi dan menjalin hubungan?

Meski berpotensi menghadirkan kisah tragis, Five Feet Apart tidak menyajikan melodrama yang dipenuhi dengan adegan-adegan serius nan sedih. Film ini justru penuh dengan dialog dan adegan yang ringan tapi berkesan, serta humor-humor tertentu yang menandakan optimisme dari para pasien Cystic Fibrosis.

Terdengar familiar? Memang inilah yang dulu juga dibawakan oleh film The Fault In Our Stars. Drama komedi romantis yang melambungkan nama Ansel Elgort dan Shailene Woodley itu juga menceritakan sepasang kekasih yang sama-sama mengidap kanker. Meski film tersebut berakhir tragis, nuansa ringan yang tersaji di sepanjang film tetap menjadi tema utama, yang membuat film itu unik dan tak terlupakan.

The Fault In Our Stars sendiri merupakan film adaptasi novel berjudul sama karangan John Green. Di luar ekspektasi, film itu sukses meraup pendapatan besar dan cukup diapresiasi oleh para kritikus. Inilah sebabnya, beberapa film yang memiliki kemiripan tema dengan The Fault In Our Stars, rentan dituduh meniru formulanya untuk mendapat kesuksesan serupa.

 

Bukan Yang Pertama Kali

Percaya atau tidak, Five Feet Apart bukanlah film drama romantis pertama yang dituduh mendompleng popularitas tema The Fault In Our Stars. Sebelum ini, ada film indie berjudul Me and Earl and the Dying Girl yang juga mengeksplor perjuangan remaja pengidap leukimia, dengan sudut pandang yang cukup ringan.

Anggapan tiruan terhadap The Fault In Our Stars untungnya tidak berlarut-larut, karena Me and Earl and the Dying Girl tidak menjadi film laris di kancah Box Office. Sebaliknya, film yang dibintangi Olivia Cooke dan John Bernthal itu sangat difavoritkan di festival-festival film. Ini berarti, Me and Earl and the Dying Girl lebih sukses di mata kritikus ketimbang The Fault In Our Stars.

Apabila Five Feet Apart nantinya berhasil mengungguli The Fault In Our Stars dalam salah satu kategori, maka bukan tidak mungkin film ini bisa melepas predikat "tiruan" yang untuk sementara ini banyak disematkan padanya.

 

Dibintangi Dua Artis Muda Kenamaan

Terlepas dari tuduhan di atas, Five Feet Apart sebenarnya memiliki "amunisi" yang cukup menjanjikan, terutama dari dua pemeran utamanya. Pertama-tama, ada Cole Sprouse yang sudah memiliki basis fans sejak kecil, karena ia meupakan bintang cilik yang pernah sangat populer bersama saudara kembarnya, Dylan Sprouse. Saat ini, Cole lebih dikenal berkat perannya di seri TV populer Riverdale.

Cole Sprouse

Penampilan Cole Sprouse di Riverdale

Kemudian, ada pula Haley Lu Richardson yang di tahun lalu membintangi 2 film besar. Meski hanya sebagai pemain pendukung, ia cukup mencuri perhatian sebagai salah satu teman Casey yang diculik di Split, juga kawan Hailee Steinfeld di The Edge of Seventeen.

Haley Lu RIchardson di Split

Haley Lu RIchardson (kanan) di film Split

Sementara dari jajaran kru, Five Feet Apart mengandalkan Justin Baldoni sebagai sutradara yang juga merangkap sebagai salah satu produser. Baldoni memang tidak terlalu high profile di kalangan penggemar film mainstream, tapi diam-diam ia ternyata pernah menciptakan film dokumenter My Last Days, yang tercatat sebagai film dokumenter digital terlaris sepanjang masa.

Untuk penulisan naskah Five Feet Apart, ia berkolaborasi dengan Tobias Iaconis yang baru-baru ini dikenal karena partisipasinya dalam film horor The Curse of La Llorona. Sayangnya, tidak banyak catatan filmografi yang bisa ditemukan dari penulis keturunan Jerman ini.

Karena itu, Five Feet Apart yang dipromosikan sebagai salah satu film besar oleh CBS akan menjadi pembuktian penting bagi Iaconis. Film ini akan meluncur di bioskop pada 22 Maret 2019.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi