Marvel Merilis Timeline Resmi Film-film MCU

| Tidak ada komentar

Marvel Merilis Timeline Resmi Film-film MCU

Banyaknya film MCU yang telah beredar saat ini seringkali membuat penonton bingung; apakah cerita Avengers terjadi sebelum atau sesudah Iron Man 3? Lantas bagaimana dengan Guardians of the Galaxy Vol. 2 yang katanya terjadi beberapa tahun sebelum Infinity War? Untuk mengatasi perdebatan tersebut, Studio Marvel akhirnya merilis timeline resmi yang mengurutkan latar waktu film-filmnya.

Dalam rangka memperingati ulang tahun kesepuluhnya, MCU meluncurkan buku edisi spesial berjudul "Marvel Studios: The First 10 Years". Termasuk di dalamnya adalah pembahasan lengkap mengenai evolusi film-film MCU di 10 tahun pertamanya, mulai dari Iron Man pertama hingga Avengers: Infinity War dan Ant-Man and the Wasp. Interview spesial dengan Robert Downey Jr., Chris Evans, dan Chadwick Boseman juga termasuk dalam paket buku ini.

Nah, yang menarik perhatian adalah salah satu rubrik mengenai timeline film-film MCU. Selama ini, kontinuitas antar film yang tercipta di dunia sinematik Marvel memang dikenal cukup solid. Namun, tak dapat dipungkiri jika masih ada detail-detail kecil yang luput dari perhatian para kreator film MCU, sehingga membuat penonton kurang memahami urutan cerita film yang satu dengan lainnya.

Baca juga: Venom Batal Dirating Dewasa Karena Ingin Menghadirkan Spider-Man

Salah satu contoh kesalahan paling fatal adalah ketika dalam Spider-Man: Homecoming disebutkan bahwa latar waktunya terjadi sekitar 8 tahun setelah peperangan besar para Avengers di New York (film pertama Avengers di tahun 2012). Jika itu benar terjadi, maka artinya segala peristiwa di Homecoming terjadi di tahun 2020, yang tentunya tidak masuk akal karena Infinity War saja terjadi sebelum tahun itu.

Menanggapi eror tersebut, Joe Russo selaku salah satu sutradara Infinity War sudah mengakui jika itu adalah sebuah kesalahan. Sementara itu, Kevin Feige merespon dengan menjanjikan rilisan official timeline untuk film-film MCU.

Kevin Feige janjikan official timeline MCU

Kevin Feige, Presiden Studio Marvel

Para penggemar ternyata tak perlu menunggu lama, karena pengumuman resmi mengenai timeline MCU sudah diikutsertakan dalam buku spesial edisi 10 tahun MCU. Berikut adalah informasi yang berhasil dihimpun oleh Thomas Bacon dari Screenrant:

  • 1943-1945: Captain America: The First Avenger
  • 2010: Iron Man
  • 2011: Iron Man 2, The Incredible Hulk, Thor
  • 2012: The Avengers, Iron Man 3
  • 2013: Thor: The Dark World
  • 2014: Captain America: The Winter Soldier, Guardians of the Galaxy, Guardians of the Galaxy Vol. 2
  • 2015: Avengers: Age of Ultron, Ant-Man
  • 2016: Captain America: Civil War, Spider-Man: Homecoming
  • 2016-2017: Doctor Strange
  • 2017: Black Panther, Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War

Yang menarik untuk diperhatikan dari urutan di atas adalah, kejadian di film Doctor Strange, yang ternyata berekspansi dari tahun 2016 hingga 2017. Sementara itu, ada keganjilan terhadap latar waktu Black Panther yang semestinya di-set hanya seminggu setelah Captain America: Civil War. Indikasi ini sudah ada di salah satu dialog dalam film. Selain itu, jika latar waktu Black Panther memang di tahun 2017, kurang masuk akal juga bagi T'Challa untuk meninggalkan rakyatnya hingga setahun lamanya.

Satu lagi hal yang sedikit di luar dugaan adalah latar waktu Avengers: Infinity War. Bukannya ber-setting di tahun yang sama dengan rilis filmnya (2018), peristiwa Infinity War justru diplot terjadi di tahun 2017. Mencermati hal tersebut, Thomas Bacon memperkirakan jika Marvel sengaja melakukannya karena ingin menyesuaikan dengan skenario utama, yang menyebutkan bahwa Infinity War terjadi langsung setelah perisitiwa di film Thor: Ragnarok. Rilis Ragnarok sendiri terjadi di tahun 2017.

Meski sudah ada rekomendasi urutan nonton film Marvel dari awal hingga sebelum Infinity War, timeline di atas bisa menjadi daftar baru yang menarik untuk dijadikan acuan, mengingat urutan ini dirilis langsung oleh Studio Marvel sendiri.

 

Siap Meramaikan Tahun Depan Dengan 3 Film

Terlepas dari polemik timeline dan urutan nonton film-film MCU yang tepat, Marvel sudah memastikan jika akan ada 3 film yang rilis di tahun depan. Ketiganya adalah Captain Marvel, Avengers 4, dan Spider-Man: Far From Home. Captain Marvel dan Avengers sudah ramai dispekulasikan akan saling berkaitan, mengingat salah satu Post Credit di Infinity War menampilkan logo Captain Marvel.

3 Film MCU Tahun Depan

Di sisi lain, pengumuman rilis Spider-Man: Far From Home tidak hanya menandai sekuel untuk Homecoming, tapi juga kematian Peter Parker di Infinity War yang hanya bersifat sementara. Sejauh ini, Studio Marvel selalu berupaya menyimpan rapat semua informasi yang bisa mengarah pada tersebarnya spoiler untuk Avengers 4. Namun, mereka tampaknya sengaja melepas info mengenai potensi kebangkitan para superhero yang gugur di akhir Infinity War.

Permainan spekulasi pun kini mengarah pada bagaimana cara para pahlawan super itu kembali hidup; akankah melalui penjelajahan waktu, perpindahan dimensi ke Soul Stone, atau penggunaan alam Quantum yang masih menyisakan banyak misteri? Yang jelas, Marvel sepertinya perlu merancang timeline baru di tahun depan, karena baik Captain Marvel maupun Avengers 4 akan berlatar waktu di masa lalu dan masa kini.

Tag:

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi