10 Film Paling Viral Di Tahun 2018

| Tidak ada komentar

10 Film Paling Viral Di Tahun 2018

Tahun 2018 sebentar lagi akan berakhir, dan kita akan menyongsong tahun 2019. Ada begitu banyak momen berkesan dari rilis film di tahun ini, mulai dari ending Avengers: Infinity War yang memilukan, hingga hashtag Crazy Rich Asians yang dipelintir sedemikian rupa oleh warganet Indonesia. Selengkapnya, berikut adalah kumpulan 10 film paling viral di tahun 2018 yang dikumpulkan oleh redaksi Bioskoptoday:

10. Jurassic World: Fallen Kingdom

Dirilis di musim panas dan berstatus sebagai sekuel dari film yang mencetak rekor mengejutkan, tak heran jika Jurassic World: Fallen Kingdom menjadi salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini.

Jurassic World: Fallen Kingdom jadi film viral

Baca juga: Spider-Man Akan Bergabung Dalam Dunia Sinematik Venom

Namun, Jurassic World: Fallen Kingdom hanya menjadi bahan perbincangan karena antisipasi sebelum premiere. Kualitas yang di bawah ekspektasi membuat hype film ini turun setelah resmi dirilis. Meski demikian, Box Office global Jurassic World: Fallen Kingdom tetap mengesankan. Dilansir dari Box Office Mojo, film ini berhasil mengumpulkan total pendapatan sebesar 1.3 miliar Dolar AS dari bioskop seluruh dunia.

9. Incredibles 2

Satu lagi film yang menjadi viral karena diantisipasi sebagai sekuel sinema film populer adalah Incredibles 2. Tak tanggung-tanggung, jarak waktu antara film ini dan pendahulunya adalah selama 14 tahun. Selain itu, film pertama Incredibles dikenal sebagai salah satu film animasi Pixar tersukses yang berhasil menggabungkan genre superhero dan drama keluarga dengan begitu sempurna. Maka dari itu, tak heran jika antusiasme untuk Incredibles 2 cukup tinggi.

Incredibles 2 jadi film viral

Waktu rilis di musim panas dan tontonan sarat aksi yang disajikan film ini membuatnya menjadi salah satu film paling banyak dibicarakan di medsos ataupun media-media film terkenal. Pendapatan Box Office-nya pun terbilang mengesankan, karena berhasil menorehkan angka 1.2 miliar Dolar AS secara global. Di kancah domestik, Incredibles 2 bahkan sukses mengalahkan Box Office Jurassic World: Fallen Kingdom, dengan selisih hampir 200 juta Dolar AS.

8. The Nun

Film yang berkisah tentang penyelidikan kasus bunuh diri di sebuah biara di Romania ini merupakan spin-off dari The Conjuring, franchise film horor terpopuler saat ini. Ide ceritanya dikembangkan dari sosok Valak yang menghantui para tokoh utama di film The Conjuring 2. Secara kualitas, The Nun mungkin bisa dikatakan sebagai yang terendah di The Conjuring Universe (bisa dicek dalam perbandingan rating di situs-situs agregator kritik seperti Metacritic dan Rotten Tomatoes).

The Nun jadi film viral

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa film ini berhasil mencapai kesuksesan secara komersial. Besarnya pendapatan The Nun bahkan menjadikan The Conjuring Universe sebagai dunia sinematik tersukses dari Warner Bros, mengalahkan DCEU yang tadinya digadang-gadang sebagai Cinematic Universe pesaing MCU. Sayangnya, tren popularitas The Nun tidak seheboh The Conjuring 2 yang berhasil memviralkan berbagai meme Valak.

7. Deadpool 2

Kedatangan Deadpool 2 awalnya dikhawatirkan tak terlalu disambut antusias, karena jadwal rilisnya yang cukup berdekatan dengan Avengers: Infinity War. Namun di luar ekspektasi, film antihero yang digawangi Ryan Reynolds itu berhasil keluar dari bayang-bayang Infinity War, dan sukses memecahkan rekor Box Office baru untuk film berating dewasa.

Deadpool 2 jadi film viral

Salah satu hal yang menjadikan film ini viral adalah video Soundtrack yang dinyanyikan secara khusus oleh Celine Dion, dan menampilkan performa tarian Deadpool yang cukup menggelitik. Selain itu, berbagai cameo dari bintang-bintang terkenal Hollywood juga membuat para penggemar film terus memperbincangkan Deadpool 2 dalam waktu beberapa minggu setelah rilisnya. Dimana lagi kita bisa melihat Matt Damon ditampilkan sebagai sopir truk dengan tampilan yang mengejutkan? Atau bintang sebesar Brad Pitt yang muncul sebagai karakter tak terlihat? Belum lagi, kemunculan Wiro Sableng di trailer promosi Deadpool 2 juga sempat menggegerkan para penggemar film di Indonesia.

Satu lagi unsur yang cukup banyak dibahas dari Deadpool 2 adalah kumpulan adegan post-credit, yang dengan begitu cerdas menunjukkan ambisi tokoh antihero unik ini untuk menghapus "masa lalu kelamnya". Meski demikian, belum diketahui apakah adegan-adegan tersebut menjadi cannon, atau hanya ditampilkan untuk sekedar mengilustrasikan kegilaan Deadpool jika ia memiliki alat pemutar waktu.

6. Star Wars: The Last Jedi

Film ini memang dirilis di akhir tahun 2017, namun pembicaraan tentangnya ramai berlanjut hingga memasuki pertengahan tahun 2018. Hal ini tak lain karena besarnya kekecewaan para penggemar setia Star Wars dengan ending The Last Jedi. Selain itu, muncul pula perdebatan serius antara mereka yang tak mendukung film ini, dan para fans yang masih 'mentolerir' atau bahkan menyukai perubahan kontroversial yang dilakukan Disney di The Last Jedi.

The Last Jedi jadi film viral

Namun pada akhirnya, pihak kontra yang lebih vokal memprotes film ini tampaknya lebih memenangkan persaingan. Hal ini terlihat dari "keberhasilan" mereka memboikot Solo: A Star Wars Story, yang mereka klaim gagal karena kekecewaan fans terhadap The Last Jedi.

5. Crazy Rich Asians

Tak banyak yang optimis jika genre drama romantis bisa mencetak kesuksesan di Box Office, terutama karena trend perfilman saat ini lebih dikuasai oleh film-film superhero. Namun, Crazy Rich Asians berhasil membalikkan persepsi tersebut. Bukan hanya berhasil memanen pendapatan besar d bioskop-bioskop AS dan menjadi juara Box Office selama 2 minggu berturut-turut, film ini nyatanya juga mendapatkan apresiasi luar biasa positif dari para kritikus.

Crazy RIch Asians jadi film viral

Yang lebih mengesankan lagi, kemunculan Crazy Rich Asians juga memantik fenomena hashtag #CrazyRichSurabayans dan Crazy Rich daerah-daerah Indonesia lainnya. Secara keseluruhan, film ini sukses masuk dalam 10 besar sinema yang paling banyak di-tweet di tahun 2018.

4. Venom

Di awal tahun, Venom banyak masuk dalam 5 besar film yang diantisipasi di tahun 2018. Namun ketika bulan Oktober tiba dan review kritik bermunculan sebelum film ini benar-benar dirilis, hype untuk Venom mendadak sedikit turun. Hal itu karena ulasan para pengamat cenderung negatif untuk film ini.

Untungnya, para penonton tak terlalu memusingkan hal tersebut. Mereka malah berhasil mengantarkan Venom menjadi penguasa Box Office, bukan hanya di AS, tapi juga di China. Venom bahkan sukses bertahan dari kedatangan Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, dan mencetak rekor sebagai film Oktober terlaris sepanjang masa.

Venom jadi film viral

Di platform media sosial, Venom juga menjadi viral karena beredarnya meme-meme yang memparodikan hubungan Eddie Brock dengan sang monster. Menurut tanggapan para Audience, kemistri antara Eddie dan Venom memang terbangun dengan sangat apik, sehingga bisa menjadi sumber penghiburan yang bisa mengalahkan kekurangan-kekurangan dari aspek lain di film ini.

3. To All The Boys I've Loved Before

Dibandingkan film-film sebelumnya, To All The Boys I've Loved Before mungkin kurang dikenal oleh penggemar film mainstream di Indonesia. Padahal, film ini sangat viral dan menjadi topik hashtag yang gencar dibagikan oleh para pengguna akun Twitter dari berbagai belahan dunia.

Usut punya usut, film ini boleh jadi kurang dikenal secara mainstream, karena memang tidak ditayangkan di bioskop-bioskop. Hal itu karena To All The Boys I've Loved Before merupakan film produksi Netflix yang hanya ditayangkan di jaringan streaming saluran tersebut.

Diperankan oleh Lana Condor, Noah Centineo, dan Janel Parrish, film ini menceritakan kegalauan Lara Jean, seorang remaja putri yang panik luar biasa setelah surat-surat cinta rahasianya dikirimkan tanpa sepengetahuannya.

To All The Boys I've Loved Before jadi film viral

Sama seperti Crazy Rich Asians, premise film drama romantis ini sebenarnya terkesan klise, bahkan sangat dipenuhi nuansa teenlit. Namun kualitas produksi yang maksimal ternyata bisa menyempurnakan film ini menjadi film yang tidak hanya banyak ditonton pelanggan Netflix, tapi juga diakui kehebatannya oleh para kritikus. Saat artikel ini ditulis, To All The Boys I've Loved Before masih mencatatkan skor 96% di Rotten Tomatoes.

Yang membuat film ini kemudian menjadi sangat viral adalah berbagai hashtag yang disebarkan oleh para pengguna Twitter. Mereka menggunakan frase To All The Boys I've Loved Before untuk mengirimkan ekspresi cinta terhadap orang-orang terkasih mereka.

2. Avengers: Infinity War

Siapa yang tak kenal dengan film ini? Fans film di negara manapun, baik yang suka genre superhero maupun tidak, pasti pernah mendengar nama Infinity War. Sejak akhir tahun 2017, film ini sudah muncul sebagai yang teratas di hasil survei untuk film-film paling diantisipasi di tahun 2018. Sesuai ekspektasi, film ini pun berhasil menjawab antusiasme tersebut dengan menjadi film terlaris di tahun 2018, dan mengumpulkan total pendapatan senilai 2 miliar Dolar AS lebih.

Avengers: Infinity War jadi film viral

Banyak hal-hal yang membuat film ini viral, baik di media sosial maupun di liputan-liputan media perfilman. Beberapa di antaranya adalah meme Thanos, ending yang sangat menguras emosi, juga adegan khusus yang memperlihatkan "kematian" Spider-Man dengan dialog I don't feel so good. Hingga saat ini, spekulasi mengenai sekuel Infinity War masih menjadi topik hangat yang setiap hari di bahas di media-media perfilman Hollywood.

1. Black Panther

Di luar ekspektasi, Black Panther justru berhasil mengalahkan Infinity War dalam daftar film paling viral di tahun 2018. Hype-nya mungkin tidak terlalu terasa di Indonesia, tapi sensasi film ini sangat bergaung di Amerika Serikat.

Hanya dalam waktu beberapa hari setelah rilisnya di bulan Februari silam, media Variety bahkan sudah berani menasbihkan Black Panther sebagai film paling banyak di-tweet di tahun 2018, karena sudah dicuit sebanyak 5 juta kali dan sukses mematahkan rekor Twitter di kategori perfilman.

Hal itu rupanya masih bertahan di akhir tahun ini, karena menurut laporan Entertainment Weekly, Black Panther masih menjadi film yang paling banyak di-tweet di tahun 2018, mengungguli Avengers: Infinity War. Dilansir dari Screenrant, film ini juga menduduki posisi puncak dalam daftar sinema paling banyak dicari di Google.

Black Panther jadi film viral

Para penggemar film di AS memang sangat menyambut baik Black Panther, karena film ini berhasil membawa dominasi kaum minoritas kulit hitam di genre mainstream. Belum lagi, Black Panther juga bisa diandalkan secara kualitas, meski banyak yang beranggapan jika film ini tak terlalu superior dalam hal tersebut.

Apapun perdebatan yang melingkupi kualitas Black Panther, yang jelas film ini sudah berhasil membuntuti Avengers: Infinity War di daftar film terlaris tahun 2018. Pendapatan globalnya mencapai 1.3 miliar Dolar AS, sementara Box Office domestiknya bahkan berhasil mengungguli Infinity War dengan margin sekitar 22 juta Dolar AS. Selain itu, Black Panther juga sudah dinobatkan masuk dalam kategori penghargaan-penghargaan bergengsi, seperti Golden Globe Awards, Critics' Choice Awards, dan SAG Awards.

Selain ke-10 film di atas, beberapa film lain yang cukup memancing banyak perbincangan di tahun ini adalah Bohemian Rhapsody, Mission: Impossible - Fallout, A Star Is Born, A Quiet Place, Love, Simon, dan Hereditary.


Setujukah Anda dengan 10 film di daftar ini? Adakah film yang menurut Anda kurang layak menempati peringkat tertentu? Silahkan berbagi ide di kolom komentar di bawah ini.

Tag: , , , , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi