Aquaman Puncaki Box Office AS Selama 2 Pekan Berturut-turut

| Tidak ada komentar

Aquaman Puncaki Box Office AS Selama 2 Pekan Berturut-turut

Warner Bros. panen besar di akhir tahun ini, karena film superhero keluarannya, Aquaman, berhasil meraup kesuksesan fantastis di Box Office domestik maupun global. Di tengah ketatnya persaingan sinema-sinema unggulan di bulan Desember, film besutan James Wan ini berhasil membuktikan diri sebagai favorit Audience, bukan hanya sekali, tapi hingga dua kali berturut-turut.

Menurut laporan Box Office Mojo, penghasilan Aquaman dari bioskop-bioskop domestik kini sudah mencapai angka 188 juta Dolar AS, jauh mengungguli Mary Poppins Returns dan Bumblebee yang masing-masing duduk di peringkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, pendatang baru di minggu lalu sama sekali tak memiliki kesempatan bersaing di 5 besar. Vice yang dibintangi Christian Bale dan Amy Adams hanya menduduki peringkat ke-6, sementara Holmes and Watson yang merupakan film parodi Sherlock berada satu posisi di bawah Vice.

Berikut adalah daftar lengkap 10 besar Box Office AS untuk akhir pekan lalu:

Baca juga: Dora Tak Sanggup Kalahkan Hobbs And Shaw Di Box Office AS

  1. Aquaman: 51.5 juta Dolar AS (total pendapatan 188.78 juta Dolar AS).
  2. Mary Poppins Returns: 28 juta Dolar AS (total pendapatan 98.92 juta Dolar AS).
  3. Bumblebee: 20.5 juta Dolar AS (total pendapatan 66.77 juta Dolar AS).
  4. Spider-Man: Into the Spider-Verse: 18.3 juta Dolar AS (total pendapatan 103.64 juta Dolar AS).
  5. The Mule: 11.7 juta Dolar AS (total pendapatan 60.73 juta Dolar AS).
  6. Vice: 7.7 juta Dolar AS (total pendapatan 17.69 juta Dolar AS).
  7. Holmes and Watson: 7.3 juta Dolar AS (total pendapatan 19.70 juta Dolar AS).
  8. Second Act: 7.2 juta Dolar AS (total pendapatan 21.76 juta Dolar AS).
  9. Ralph Breaks the Internet: 6.5 juta Dolar AS (total pendapatan 175.71 juta Dolar AS).
  10. Dr. Seuss' The Grinch: 4.2 juta Dolar AS (total pendapatan 265.53 juta Dolar AS).

 

Lampaui Justice League Dan Suicide Squad

Jika Aquaman berhasil merajai Box Office AS selama dua minggu berturut-turut, maka pencapaiannya di ranah global lebih fantastis lagi. Per 31 Desember 2018, film superhero DCEU ini sudah mengumpulkan 748.48 juta Dolar AS dari bioskop seluruh dunia. Angka tersebut mengantarkan Aquaman di atas Justice League dan Suicide Squad dalam hal Box Office global. Secara internasional, Aquaman hanya berada di bawah Batman v Superman: Dawn of Justice dan Wonder Woman.

Penghasilan terbesar film ini didapat dari China, yang pada 27 Desember lalu dilaporkan telah menyumbang sekitar 250 juta Dolar AS dari total pendapatan global Aquaman saat itu. Saking digemarinya film ini di Negeri Tirai Bambu tesebut, waktu rilisnya diperpanjang hingga 6 Februari 2019.

Sebagaimana yang tercermin pada contoh kasus sebelumnya, hanya film superhero yang benar-benar viral yang bisa mendapatkan perlakuan istimewa ini. Jadi bisa dikatakan, performa Aquaman di China sudah sejajar dengan Avengers: Infinity War dan Venom.

Fenomena kesuksesan Aquaman yang di luar dugaan ini membuat beberapa pihak berani menafsirkan jika film tersebut bakal segera mengungguli Wonder Woman di akhir pekan ini. Menariknya lagi, ada pula beberapa pengamat yang meyakini jika Aquaman dapat meraih 1 miliar Dolar AS.

 

Berkat Sentuhan James Wan

Respon positif yang diberikan para kritikus terhadap Aquaman bagaikan angin segar di tengah hujatan demi hujatan yang diterima DCEU dalam waktu beberapa tahun terakhir. Meski Wonder Woman berhasil membuat gebrakan, kegagalan masif Justice League seolah menjadi pengingat pahit terhadap ketidakmampuan Warner Bros. dalam mengolah dunia sinematik dari properti superhero DC.

Aquaman berhasil meraih atensi banyak penonton karena sukses menjadi film DC yang tidak dihujani kritikan, dan benar-benar menyuguhkan petualangan seru yang membuatnya menarik diikuti hingga akhir. James Wan barangkali bisa disebut sebagai sosok utama di balik keberhasilan tersebut.

James Wan sutradara Aquaman
James Wan (kedua dari kanan) dan para pemain Aquaman

Sutradara ini sebenarnya lebih dikenal sebagai spesialis film horor yang sukses menggagas lahirnya beberapa franchise terkenal seperti Insidious dan The Conjuring Universe. Namun, Wan sebelumnya juga pernah membuktikan bahwa ia mampu menangani tontonan action berbudget besar, setelah berhasil mengarahkan Furious 7.

Kali ini, giliran Aquaman yang ia arahkan sedemikian rupa untuk menjadi "film yang berhasil". Meskipun secara rating tidak sefantastis Wonder Woman, paling tidak film ini mampu meraih rating Fresh di Rotten Tomatoes. Saat berita ini ditulis, Aquaman masih mencatatkan skor 64% dan Average Rating 6/10 dari situs agregator kritik tersebut.

Karena itu, tak heran film ini dapat dengan mudah melewati pencapaian-pencapaian Box Office Justice League maupun Suicide Squad. Meskipun banyak fans menampik korelasi antara Box Office dengan rating pengamat, tak dapat dipungkiri bahwa saat ini semakin banyak penonton film yang sadar kualitas dan gemar mengandalkan rating-rating di situs agregator sebagai rujukan; baik itu dari IMDb, Rotten Tomatoes, ataupun Metacritic.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi