9 Fakta Unik Seputar Film - Film MCU

| Tidak ada komentar

9 Fakta Unik Seputar Film - Film MCU

Sejak pertama kali diluncurkan melalui film pertama Iron Man yang pada mulanya sangat diragukan, hingga berhasil menjadi salah satu franchise tersukses sepanjang masa, Marvel Cinematic Universe (MCU) telah mencatatkan berbagai rekor mengesankan. Namun di balik semua itu, ada 10 fakta unik dan mengejutkan yang belum diketahui semua orang. Apa sajakah itu?

1. Selain Thanos, Loki Hampir Punya Sekutu Lain Di Film Pertama Avengers

Masih ingat dengan Obadiah Stane? Villain di film pertama Iron Man itu sering disebut-sebut sebagai salah satu tokoh penjahat terbaik di film MCU. Sayangnya, tidak seperti Loki yang bisa berulang kali kembali hidup, Stane tak dapat bangkit dari kematiannya.

Namun ternyata, Joss Whedon sempat merancang ide untuk menghadirkan putra Obadiah Stane di film pertama Avengers. Karakter bernama Ezekiel Stane itu awalnya direncanakan menjadi salah satu musuh para Avengers, sehingga tak menutup kemungkinan jika ia akan bersekutu dengan Loki di bumi.

Obadiah Stane

"Kami banyak membahas ide-ide gila tentang kemungkinan cerita Avengers… Saya juga khawatir jika satu aktor Inggris saja tak akan cukup untuk menghadapi para Avengers… Jadi saya menulis sebuah naskah matang dengan Ezekiel Stane di dalamnya," jelas Joss Whedon dalam sebuah wawancara bersama media Thrillist.

Baca juga: 7 Film Superhero Anti Mainstream Yang Wajib Ditonton

Sayangnya, ide itu ditolak mentah-mentah oleh Studio Marvel. Yang lebih mengejutkan lagi, Marvel juga mengurungkan niat Joss Whedon untuk menghadirkan The Wasp di film pertama Avengers. Namun seperti yang kita semua tahu, The Wasp akhirnya mendapat sorotan dalam film ke-20 di MCU, yakni Ant-Man and the Wasp yang rilis pertengahan tahun 2018 lalu.

 

2. Tom Holland "Di-casting" Lewat Instagram

Cukup sulit mempercayai jika perusahaan sebesar Studio Marvel sampai lupa mengumumkan hasil casting pada aktor yang ditunjuknya. Namun, inilah yang memang benar terjadi pada Tom Holland ketika ia di-casting sebagai Spider-Man. Bukannya dihubungi secara personal oleh pihak Marvel, Tom Holland justru mengetahui keberhasilan dirinya mendapat peran Spider-Man melalui post Instagram Marvel di akun resminya.

Meskipun ini kabar baik, Tom Holland sempat kebingungan karena khawatir jika info yang tersebar di media online hanya isu belaka. Pada akhirnya, Kevin Feige sendiri yang kemudian menghubungi Tom untuk mengkonfirmasi kabar tersebut. Cerita lengkap mengenai fakta unik ini dipaparkan langsung oleh Tom Holland dalam wawancaranya bersama Ellen DeGeneres.

Sebagai informasi, proses casting Spider-Man untuk film-film kolaborasi Sony-MCU merupakan salah satu topik terpanas di tahun 2015. Berbagai spekulasi nama aktor rajin memenuhi media perfilman Hollywood di tahun itu; beberapa di antaranya adalah nama-nama populer seperti Asa Butterfield, Logan Lerman, dan Nat Wolff.

 

3. Stan Lee Berambisi Memerankan Odin

Selain aksi para superhero, cameo Stan Lee merupakan salah satu hal paling dinantikan oleh fans ketika mereka menyaksikan filmmMarvel. Seringkali, cameo-cameo ini begitu ikonik hingga berhasil mengalihkan perhatian Audience dari film utamanya.

Namun tahukah Anda? Stan Lee ternyata sempat mengekspresikan keinginannya untuk mendapat peran yang lebih besar dari sekedar cameo di film-film Marvel. Dalam sebuah interview bersama Collider, ia bahkan mengungkapkan kekecewaannya terhadap film Thor, karena ia tak kebagian peran sebagai Odin.

Stan Lee ingin jadi Odin

Odin, ayah Thor yang dikisahkan memiliki kekuasaan dan kekuatan sangat besar, merupakan salah satu karakter yang "diagungkan" di dunia Marvel. Mengingat posisi Stan Lee yang sangat penting di Marvel, Danny Meegan dari Whatculture menilai wajar jika ia ingin memerankan sosok ini di MCU; meskipun bukan secara fisik, tapi setidaknya secara simbolis.

 

4. Indiana Jones Berpeluang Crossover Dengan MCU

Jika bertemunya franchise MCU dan X-Men saja sudah memicu pemberitaan besar-besaran, bagaimana jika sampai ada crossover dengan Indiana Jones, yang merupakan seri film klasik dan sama sekali tak memuat tema superhero?

Meski agak tidak masuk akal, hal itu sebenarnya berpeluang terjadi. Para penggemar yang cukup jeli mengamati dialog di film pertama Captain America, berhasil menemukan keterkaitan dengan salah satu plot device di dua film Indiana Jones.

Indiana Jones Crossover dengan MCU?

Di Captain America: The First Avenger, Red Skull yang tengah mencari Tesseract di Norwegia mengatakan bahwa "Führer menggali artefak-artefak di gurun". Secara kebetulan, Raiders of the Lost Ark dan The Last Crusade mengisahkan bahwa pasukan Nazi sedang mencari dua artefak penting (Ark of the Covenant dan Holy Grail) di gurun. Tak ingin berlama-lama menunggu konfirmasi dari Marvel, beberapa penggemar pun mendeklarasikan jika MCU dan Indiana Jones memang terkait.

Dengan jatuhnya film-film Fox ke tangan Disney saat ini, akankah crossover itu bisa semakin menjadi kenyataan?

 

5. Penghasilan Total MCU Melampaui Kombinasi Star Wars Dan DCEU

Sejak awal, MCU telah berhasil menelurkan film-film Blockbuster dengan kesuksesan konsisten. Dari segi Box Office, film-film awal MCU mendapatkan rata-rata penghasilan sebesar 300-400 juta Dolar AS. Setelah film pertama Avengers, rerata itu meningkat jadi 500 juta-an, dan kini sudah berkisar di antara 700-800 juta Dolar AS. Avengers: Infinity War bahkan berhasil mengumpulkan 2 miliar lebih di tahun lalu.

Jika dikombinasikan, maka 20 film MCU sejauh ini sudah mencetak pendapatan sebesar 17.53 miliar Dolar AS!

Box Office total MCU

Sekarang mari kita bandingkan dengan franchise-franchise besar lain. Film-film Star Wars mengumpulkan total 9.49 miliar Dolar AS, sementara DCEU mendatangkan sekitar 4.63 miliar Dolar AS per Januari 2019. Jika dijumlah, maka total Box Office 17 film Star Wars (termasuk edisi spesial) dan 6 film DCEU adalah sebesar 14.12 miliar Dolar AS; tentunya masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan total pendapatan MCU.

Mengingat Star Wars dan DCEU adalah dua franchise besar yang memiliki basis fans besar, keberhasilan MCU dalam mengungguli keduanya tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, MCU masih berusia sangat muda, apabila dibandingkan dengan Star Wars yang sudah dimulai sejak akhir 1970-an.

 

6. Vin Diesel Dapat Naskah Eksklusif Berisi Dialog Groot (Yang Sebenarnya)

Tak dapat dipungkiri, Groot merupakan salah satu karakter paling ikonik di dunia MCU saat ini; pertama karena dialognya yang cuma "I am Groot", kedua karena penampilannya yang sangat menggemaskan di Guardians of the Galaxy Vol. 2.

Meskipun sudah jelas bahwa frase "I am Groot" sebenarnya memiliki banyak makna, hanya Groot, Rocket, dan Thor saja yang mengetahui apa artinya. Vin Diesel yang dipercaya mengisi suara Groot pun dituntut untuk bisa mengatakan frase yang sama secara berulang-ulang, dengan ekspresi dan intonasi yang sekreatif mungkin. Untuk membantunya, James Gunn pun menerbitkan naskah khusus yang menampilkan dialog Groot dalam versi Bahasa Inggris, dan hanya diberikan pada Vin Diesel.

Vin Diesel sebagai Groot

Gunn mengkonfirmasikan hal ini di akun Twitter-nya sendiri, sembari menjelaskan bahwa hanya ia dan Vin Diesel yang memiliki naskah tersebut.

 

7. Film Pertama Iron Man Dapat Figuran Dadakan

Fakta unik ini berawal dari keisengan seorang turis Inggris yang sedang berlibur di Las Vegas. Pada Juni 2007, ia sedang mengunjungi Caesar's Palace untuk menyaksikan pertandingan tinju antara Ricky Hatton dan Jose Luis Castillo. Ketika melihat sebuah area yang ditutup untuk umum, ia pun coba mendekat untuk memuaskan rasa penasarannya.

Tak disangka, area tersebut merupakan lokasi syuting Iron Man. Turis bernama Carl Kelly itu lantas tiba-tiba didatangi seorang Bodyguard yang meminta tanda pengenalnya. Bermaksud coba-coba, Kelly mengatakan jika tanda pengenal miliknya ketinggalan di suatu tempat. Menariknya, si Bodyguard percaya dan memperbolehkan Kelly masuk ke area syuting Iron Man. Ia pun dikira figuran hingga akhirnya didandani oleh tim make up artist dan tampil di film Iron Man.

Figuran dadakan di Iron Man

Cerita ini tak berhenti di situ saja, karena sutradara Jon Favreau meminta Kelly untuk melakoni adegan dengan Gwyneth Paltrow. Karena ia hanyalah aktor jadi-jadian, maka butuh waktu lama bagi Kelly untuk menampilkan performa memuaskan. Pada akhirnya, meskipun Kelly mendapat sorotan di film sepopuler Iron Man, adegan yang ia lakoni bersama Paltrow membuatnya ketinggalan pesawat pulang ke Inggris.

 

8. Gal Gadot Adalah Kandidat Pemeran Nebula

Fakta ini cukup mengejutkan, mengingat Gal Gadot sekarang adalah salah satu ikon DCEU paling populer. Namun percaya atau tidak, aktris asal Israel ini memang pernah menjalani audisi untuk peran Nebula di Guardians of the Galaxy.

Meski tidak menyebutkannya secara gamblang, deskripsi yang ia tuturkan dalam wawancaranya bersama media Comic Book Movie ini sudah sangat jelas:

"(Jadi aktris) sangatlah rumit, karena Anda harus menggantungkan penghasilan dari satu peran ke peran lainnya, dan Anda tak akan pernah tahu peran apa yang selanjutnya Anda dapatkan… Ada begitu banyak pilihan dan kemungkinan. Salah satu pilihan yang sempat mampir di daftar saya adalah untuk (melakoni peran yang menuntut saya agar) mencukur rambut dan di-body paint dengan warna biru. Saya bersumpah ini benar terjadi."

Gal Gadot hampir memerankan Nebula

Jelas, perjuangan Gal Gadot yang dibicarakan di atas terjadi sebelum ia direkrut menjadi pemeran Wonder Woman. Dan salah satu film dengan karakter yang cocok dengan deskripsi Gal Gadot tentu adalah Nebula. Jika saja Marvel tidak memilih Karen Gillan dan meloloskannya untuk memerankan sosok tersebut, mungkin kita tidak akan mendapat Wonder Woman sesempurna Gal Gadot.

 

9. Satu Adegan Yang Membutuhkan Waktu Setahun

Tidak hanya bermasalah pada penyutradaan, penulisan naskah, dan proses promosi, The Incredible Hulk ternyata juga mengalami problematika pada efek visualnya. Hal ini kemudian berujung pada lamanya proses pembuatan suatu adegan yang hanya berdurasi beberapa detik.

Tak tanggung-tanggung, penyempurnaan proses efek visual untuk adegan ini berlangsung lebih dari setahun! Padahal, semakin lama proses pembuatan sebuah film, tentu semakin besar burget yang dikeluarkan studionya. Jika film itu tak mendapatkan respon yang diharapkan, maka studio bisa rugi besar. Dan kita semua tahu jika pada akhirnya The Incredible Hulk menjadi salah satu film gagal di MCU.

Apa yang membuat Studio Marvel berani menanggung risiko tersebut adalah signifikasi adegan yang dimaksud terhadap kelangsungan cerita. Rupanya, ini adalah adegan ketika darah Bruce Banner jatuh bertetesan di pabrik tempatnya bekerja. Momen ini penting karena menjadi katalis yang membuat Thunderbolt Ross dapat mengendus keberadaan Banner.

Adegan di The Incredible Hulk

Untungnya, efek visual pada adegan ini memang benar-benar diakui bagus dan memperlihatkan kerja keras yang tidak main-main. Meskipun Marvel tak bisa membanggakan penokohan, plot, dan film The Incredible Hulk secara umum, at least pengorbanan yang satu ini tak terbuang sia-sia.

 


Dari 9 fakta di atas, manakah yang menurut Anda paling menarik? Jangan ragu untuk sharing opini di kolom komentar di bawah ini.

Tag: , , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi