Benarkah Star Trek 4 Dibatalkan?

| Tidak ada komentar

Benarkah Star Trek 4 Dibatalkan?

Spekulasi seputar nasib Star Trek 4 kembali mencuat. Namun bukan kabar positif yang muncul, melainkan berita buruk bagi para fans yang sudah antusias menantikan film tersebut. Sebuah liputan dari media Deadline menyebutkan bahwa sutradara yang digaet untuk mengarahkan film tersebut, S.J. Clarkson, sudah move on ke proyek lain. Sementara itu, Paramount menolak memberikan komentar atas berita ini.

Nama Clarkson sebagai sutradara Star Trek 4 pertama kali diumumkan pada April 2018 lalu. Ia sudah digadang-gadang akan menjadi sutradara wanita pertama yang menangani film Star Trek di sepanjang sejarah franchise tersebut. Selain itu, beredar kabar bahwa Chris Hemsworth yang dulu sempat terlibat di film pertama akan kembali di seri ke-4 ini.

Sayangnya, perkembangan-perkembangan tersebut dikoyak dengan kabar tak sedap seputar buntunya negosiasi Chris Pine dengan pihak Paramount. Kedua pihak dirumorkan berselisih karena masalah honor, dimana Chris Pine ingin mendapatkan lebih karena statusnya sebagai aktor ternama, sementara Paramount justru ingin memangkas budget Star Trek 4. Parahnya lagi, kemelut yang sama juga terjadi pada Chris Hemsworth.

Berbagai spekulasi sempat muncul setelah Chris Pine dikabarkan bermasalah dengan Paramount. Ada yang menduga jika studio tersebut akan mencari aktor pengganti, tapi ada pula yang memprediksi jika karakter Kapten Kirk tak akan dimunculkan sama sekali di Star Trek 4.

Baca juga: 7 Film Yang Dibatalkan Karena Alasan Tak Biasa

Chris Pine di Star Trek

Kedua opsi tersebut sama-sama terkesan janggal, mengingat sosok Chris Pine yang sudah terlanjur melekat di benak penonton, sementara presensi Kapten Kirk juga terlalu kuat untuk dikesampingkan begitu saja. Saat ditanya seputar masalah ini, Pine mengaku masih tertarik untuk berperan sebagai Kapten Kirk di layar lebar. Namun setelah itu, tidak ada lagi perkembangan yang bisa dipetik dari proses negosiasi lanjutan Chris Pine dan Paramount.

 

Dihantui Performa Star Trek Beyond

Selain masalah perekrutan pemain, Star Trek 4 juga dibayangi oleh film pendahulunya yang tak bisa dibilang sukses. Meski mengumpulkan pendapatan senilai 343.5 juta Dolar AS, Star Trek Beyond banyak dicap gagal jika dibandingkan dengan film keduanya, Star Trek Into Darkness yang sanggup meraih 467.4 juta Dolar AS. Belum lagi, waktu rilis Star Trek Beyond yang berdesakan dengan film-film populer lain di musim panas 2016 membuat hype-nya tenggelam begitu saja.

Secara kualitas, film yang juga dibintangi Joe Taslim itu sebenarnya relatif positif. Kritukus menganggap Star Trek Beyond sebagai film yang sukses dari segi akting dan action sequence. Sinema ini bahkan mendapat nominasi Oscar dalam kategori Best Makeup and Hairstyling.

Film Star Trek Beyond dianggap gagal

Namun sekali lagi, para pengamat perfilman menganggap Star Trek Beyond cenderung mengecewakan jika dibandingkan dengan pencapaian film pertama dan keduanya. Hal ini banyak disebut-sebut sebagai faktor yang membuat Paramount tak mau terlalu "ngoyo" mempertahankan eksistensi Star Trek 4.

 

John Cho Masih Optimis

Salah satu aktor yang terlibat dalam seri film ini, John Cho, mengaku masih yakin jika Star Trek 4 akan digarap suatu hari nanti. Aktor pemeran Sulu di film-film Star Trek rilisan Paramount itu mengungkapkan pendapatnya dalam suatu sesi wawancara dengan ET Online.

John Cho
John Cho di Star Trek

"Sejujurnya, Star Trek 4 memang tidak sedang dikembangan sekarang, tapi saya pikir hal itu akan terjadi. Pada suatu saat nanti, semua pihak akan mampu menyelaraskan tujuan masing-masing dan kita akan mulai menggarapnya… Bagi saya, Star Trek merupakan bagian penting dalam budaya populer Amerika Serikat. Saya kira tidak mungkin seri ini akan dibiarkan hilang begitu saja selamanya."

 

Apa Kabar Star Trek Versi Quentin Tarantino?

Sementara itu, proyek film Star Trek yang akan disutradarai Quentin Tarantino juga belum jelas rimbanya. Tidak ada kata pembatalan, tapi tidak ada pula perkembangan baru yang mengkonfirmasi nasib film ini lebih jauh. Sebelumnya, Tarantino diisukan bakal langsung menggarap Star Trek setelah menuntaskan Once Upon A Time in Hollywood. Beberapa pemain dari film seri Star Trek Paramount (John Cho, Simon Pegg, Zachary Quinto, dkk.) juga diproyeksi akan memiliki keterlibatan di sinema versi Tarantino.

Hanya saja, dengan kabar pembatalan yang semakin kuat mengguncang Star Trek 4, masa depan film besutan Tarantino turut terkatung-katung. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Paramount, baik mengenai rumor pembatalan Star Trek maupun spekulasi terkait proyek film Quentin Tarantino.

Tag: ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi