Zac Efron Tanggapi Tuduhan Terkait Film Biopik Ted Bundy

| Tidak ada komentar

Zac Efron Tanggapi Tuduhan Terkait Film Biopik Ted Bundy

Film Zac Efron terbaru yang diangkat dari kisah nyata menghadapi banyak protes. Film berjudul Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile itu mengisahkan sepak terjang Ted Bundy, seorang pembunuh berantai yang memiliki daya pikat luar biasa. Keberhasilan Zac memerankan Ted Bundy rupanya memicu reaksi berlebihan dari para penggemarnya, dan inilah yang membuat sang aktor angkat bicara.

Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile sebenarnya belum dirilis secara luas di bioskop-bioskop AS. Film garapan sutradara Joe Berlinger ini baru tayang perdana secara terbatas di Festival Film Sundance pada 26 Januari 2019.

Namun, teaser trailer yang dirilis sekitar satu pekan yang lalu memancing banyak tanggapan dari pengagum Zac Efron. Mereka terang-terangan mengaku "kagum" dengan Ted Bundy karena melihat pesonanya yang berhasil dibawakan dengan baik oleh sang aktor. Hal ini kemudian menjadi kontroversial, karena banyak pihak menganggap kekaguman itu tidaklah etis.

Bagaimanapun juga, Ted Bundy adalah seorang kriminal yang telah membunuh korban-korbannya dengan sadis, dan selalu berkelit dari tuduhan dengan mengeluarkan kharismanya agar bisa menarik simpati publik.

Baca juga: Baywatch hadir kembali, lihat trailer terbaru dari film yang dibintangi Dwayne Johnson ini

Mereka yang merasa terganggu akan ungkapan kagum para fans itu lambat laun merasa khawatir jika Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile hanya akan menggambarkan Ted Bundy sebagai sosok memesona yang tak layak mendapat hukuman mati. Mereka pun menuduh film ini berusaha memancing simpati Audience untuk Ted Bundy, karena mengisahkan "sisi lain" dari sosok-sosok kriminal terkenal di masa lalu memang menjadi semacam tren di Hollywood saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Zac Efron menampik tuduhan yang dilayangkan pada Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile. Menurutnya, film ini tidaklah "merayakan" atau mengglorifikasi Ted Bundy.

"Saya merasa bertanggung jawab untuk memastikan bahwa film ini tidaklah 'merayakan' atau mengglorifikasi Ted Bundy. Tapi malahan sebuah studi psikologis tentang siapa ia sebenarnya. Dalam hal ini, ada kejujuran (yang digambarkan dalam Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile)", ujar Zac Efron saat diwawancara oleh media Variety.

Dengan kata lain, Zac menganggap bahwa karakterisasi Ted Bundy yang penuh daya pikat bukanlah suatu usaha untuk menjustifikasi kesalahannya, tapi lebih merupakan penggambaran yang realistis, karena memang demikianlah adanya figur Ted Bundy yang dikenal publik pada masa itu.

Lebih lanjut, meskipun sudah menuai kecaman dari banyak netizen, film ini sebenarnya sudah mendapat persetujuan dan pujian dari pihak-pihak yang memiliki pengalaman langsung dengan Ted Bundy di dunia nyata. Kathy Kleiner Rubin, salah seorang korban selamat dari aksi Ted Bundy, mengaku jika Zac Efron berhasil memerankan figur psikopat tersebut dengan baik.

 

Tantangan Baru Buat Zac Efron

Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile merupakan film biopik thriller yang jauh dari zona nyaman Zac Efron selama ini. Maka dari itu, banyak pihak terkejut ketika sang aktor dikabarkan terlibat sebagai pemeran utama di film tersebut. Saat ditanya tentang persiapannya memerankan Ted Bundy, Zac mengaku menghadapi tantangan tersendiri, tapi juga mengungkapkan bahwa ia dan Bundy memiliki beberapa kemiripan yang membuat persiapannya lebih mudah.

Perbandingan Zac Efron dan Ted Bundy
Kiri: Zac Efron sebagai Ted Bundy. Kanan: Ted Bundy yang sebenarnya

Walaupun sudah cukup lama melanglang buana di dunia perfilman, alumni Disney ini masih banyak dikenal sebagai pemeran Troy Bolton di seri film remaja High School Musical. Tidak ada satupun film pasca Disney-nya yang cukup ikonik untuk membuat publik mengenalnya sebagai aktor "serius". Sebelum ini, Zac Efron memang lebih suka bergelut di film-film ringan dan bergenre komedi seperti 17 Again, Neighbors, Baywatch, Dirty Grandpa, dan sejenisnya.

Dengan ramainya tanggapan dari fans dan pengamat yang menilai performanya di Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile, film ini bisa menjadi pembuktian bagi Zac Efron untuk melebarkan sayapnya lebih lanjut di industri perfilman Hollywood.

Selain Zac Efron, Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile juga dibintangi beberapa bintang muda lain seperti Lily Collins (The Blind Side, The Mortal Instruments: City of Bones) dan Kaya Scodelario (The Maze Runner, Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales). Meski tanggal rilis resminya di bioskop belum diumumkan, hype yang sudah terasa mulai sekarang membuat Eric Trigg dari Screenrant meyakini jika film ini akan segera meluncur tak lama lagi.

Tag:

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi