7 Fakta Menarik Chris Pratt Yang Perlu Anda Tahu

| Tidak ada komentar

7 Fakta Menarik Chris Pratt Yang Perlu Anda Tahu

Mulai dari Guardians of the Galaxy hingga Jurassic World, nama Chris Pratt dalam beberapa tahun terakhir nyaris selalu rajin menghiasi film-film high profile di industri perfilman Hollywood. Bahkan genre animasi pun ikut dirambahnya, terbukti dari kesuksesan The Lego Movie dan sekuelnya yang saat ini tengah tayang di bioskop, The Lego Movie 2: The Second Part. Sebenarnya, seperti apa sih sosok Chris Pratt? Apa saja fakta menarik darinya?

Aktor tampan di Hollywood tak terkira jumlahnya, tapi hanya sedikit di antara mereka yang memiliki reputasi sebagai pria baik-baik; Chris Pratt adalah salah satu di antaranya. Berpembawaan ceria dan selalu down to earth, Chris Pratt merupakan sosok publik figur yang banyak disukai oleh publik dan media.

Ketika ia meminta maaf akan pernyataan bernada politis yang kemungkinan ia buat selama masa promosi Jurassic World, warganet membalasnya dengan komentar pujian, alih-alih mencercanya dengan segudang kalimat hinaan. Hingga kini, belum jelas komentar seperti apa yang ditakutkan Chris Pratt bakal terungkap, karena toh ternyata tidak ada ucapan kontroversial yang dipermasalahkan darinya saat melakoni press tour Jurassic World.

Terlepas dari image positif yang didapatnya, ada 7 hal unik lain yang membuat aktor ini pantas dianggap sebagai figur mengesankan:

Baca juga: Per 2021, Marvel Akan Rilis Film 4 Kali Setahun

 

1. Penuh Perjuangan

Barangkali, sifat rendah hati Chris Pratt ketika ia sudah super populer seperti saat ini didapat dari perjuangannya yang memang dimulai dari bawah sekali. Tidak seperti kebanyakan bintang yang meniti karir di LA sedari awal, Chris justru pertama kali merantau ke Hawaii. Ia dan temannya hidup serba kekurangan, hingga tak punya tempat tinggal dan terpaksa hidup di sebuah mobil van. Meski demikian, Chris mengaku enjoy dengan kehidupannya saat itu.

Perjuangan Chris Pratt

Berbagai pekerjaan dilakoninya untuk bertahan hidup, mulai dari jadi pelayan, sales keliling, hingga penari di klub malam. Hidup Chris Pratt mulai berubah setelah ia dilirik seorang aktris sekaligus sutradara, Rae Dawn Chong, saat bekerja di sebuah restoran. Ia direkrut bermain di sebuah film horor kelas C berjudul Cursed Part 3, dan dari situlah perjalanannya sebagai aktor Hollywood dimulai.

Meski memiliki fisik yang menjual, Chris Pratt tak lantas mendapat kesuksesan instan ketika ia mencoba berkarir di dunia perfilman. Karena ia tak punya background akting sama sekali, Chris belajar secara otodidak dari proyek ke proyek. Namanya perlahan-lahan mulai dikenal lewat layar kaca; pertama dari serial TV Everwood, kemudian penampilan sekilas di The O.C., hingga akhirnya kemunculan paling terkenalnya di Parks and Recreation sebagai Andy Dwyer.

Selanjutnya, Chris mulai merambah layar lebar dan muncul sebagai aktor pembantu di beberapa film terkenal seperti Wanted, Moneyball, Zero Dark Thirty, dan Her. Namun semua itu tampaknya belum cukup membuat agen casting di Hollywood memandang Chris sebagai aktor menjanjikan. Ia bahkan ditolak bergabung di 2 film sci fi mayor Hollywood, yang menurut spekulasi adalah Star Trek dan Avatar. Kegagalan ini sempat membuatnya putus asa dan hampir menyerah.

Untungnya, kegigihan Chris membuahkan hasil. Ia kini dikenal sebagai salah satu aktor pilihan utama untuk membintangi film Blockbuster, dan terlibat dalam dua seri film paling fenomenal dekade ini, yakni Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Jika dihitung-hitung sejak kemunculan Chris di film sukses pertamanya yaitu Wanted (2008), butuh waktu sekitar 6 tahun sebelum namanya benar-benar diperhitungkan melalui The Lego Movie dan Guardians of the Galaxy yang rilis di tahun 2014.

Hal tersebut sekali lagi membuktikan bahwa Chris Pratt memang adalah bintang yang benar-benar bekerja keras mendapatkan reputasinya, bukan artis instan yang mendapatkan popularitasnya karena sensasi semalam.

 

2. Siswa Populer Di SMA

Sebelum ia merantau ke Hawaii dan mendapat tawaran main film, Chris Pratt sudah dikenal sebagai anak baik-baik dan berprestasi di kota kecil tempatnya dibesarkan. Ia mengikuti beberapa kejuaraan olahraga dan memenangkan beberapa di antaranya, juga aktif berpartisipasi dalam tim gulat, lari, maupun Football di sekolahnya.

Chris Pratt semasa remaja

Tak heran, Chris Pratt mendapat kehormatan untuk menyampaikan pidato spesial di acara kelulusan sekolahnya. Ia pun masih aktif berkomunikasi dengan pihak SMA-nya hingga kini. Setelah menjadi aktor sukses, Chris menarasikan film dokumenter mengenai tim gulat sekolahnya, yang mendapat respon positif dan ditayangkan di channel ESPN serta MTV.

Sayangnya, reputasi cemerlang Chris Pratt di dunia akademis hanya sampai di SMA saja. Ia sempat mendaftar kuliah, tapi memutuskan drop out untuk ikut temannya merantau di Hawaii.

 

3. Lihai Beradaptasi

Kemudahan beradaptasi dan penjiwaan karakter adalah dua kualitas penting yang wajib dimiliki seorang aktor. Dalam kasus Chris Pratt, ia sudah diakui hampir secara universal sebagai aktor yang sangat mudah menyesuaikan kondisi fisiknya untuk suatu peran.

Sebagai contoh, ia pernah dengan mudah menggemukkan badan hingga 60 pon untuk karakternya di film Delivery Man. Saat diminta membentuk badan sebelum membintangi Guardians of the Galaxy, Chris Pratt pun tak kesulitan melakukannya.

Hal ini membuat banyak orang tak mengenali performa Chris ketika ia masih menjadi aktor pembantu. Misalnya, siapa sangka jika pria berbadan besar yang suka mengganggu James McAvoy di film Wanted, adalah salah satu superhero populer di film MCU saat ini?

Adaptasi Chris Pratt

Menurut catatan Mick Joest dari CinemaBlend yang membandingkan penampakan Chris Pratt di Parks and Recreation, Moneyball, hingga Guardians of the Galaxy, aktor ini sanggup menambah ataupun mengurangi rata-rata 70 pon secara konstan dalam kurun waktu 5 tahun.

 

4. Punya Bakat Musik

Sebagai pelaku peran yang terlibat di dunia seni, tak heran jika aktor kadang-kadang juga dikaruniai dengan kemampuan musik ataupun skill artistik lainnya. Chris Pratt termasuk salah satu aktor beruntung tersebut. Dalam salah satu wawancara di awal karirnya, aktor yang pernah berakting dengan Jennifer Lawrence ini mengaku bisa bermain gitar dan pernah membuat studio musik sebagai tempatnya rekaman. Namun karena suatu hal, ia batal mengejar mimpinya di dunia musik.

Chris Pratt tak pernah lagi membicarakan soal kaitannya dengan kemampuan bermain instrumen musik, tapi ia pernah beberapa kali tampil sebagai karakter yang memiliki skill dalam hal tersebut. Selain itu, Chris Pratt juga pernah "bernyanyi" dalam film Five Years Engagement.

 

5. Belajar Dari Phillip Seymour Hoffman

Mendiang Phillip Seymour Hoffman merupakan salah satu aktor veteran yang diakui kepiawaiannya sebagai aktor bertalenta. Chris Pratt bertemu dengannya pertama kali saat sama-sama terlibat dalam film Moneyball, dan langsung terkesan dengan profesionalisme sang aktor.

Phillip Seymour Hoffman di Moneyball

"Sekitar lima menit sebelum adegan dimulai, ia mulai menunjukkan perilaku yang menunjukkan bahwa ia tak ingin diajak bicara oleh siapapun. Ia akan menunduk dan berjalan mondar-mandir… (Intinya,) ada banyak orang dan diskusi yang perlu dilakukan, tapi ketika sudah waktunya fokus (untuk masuk ke dalam peran,) maka ia harus fokus. Itulah yang saya ambil pelajaran darinya -- fokus yang luar biasa," ungkap Chris Pratt saat ditanya tentang apa yang membuatnya terinspirasi dari sosok Phillip Seymour Hoffman.

Lebih dari sekedar pelajaran tentang bagaimana mengambil sikap sebagai aktor profesional di lokasi syuting, Chris Pratt juga mengaku senang mengenal Hoffman. Menurutnya, Hoffman adalah sosok yang baik dan tidak sombong. Ia berteman cukup baik dengan Chris yang saat itu belum sepopuler sekarang, sehingga tak heran jika pemeran Star-Lord itu menilai Hoffman sebagai salah satu dari sedikit bintang terkenal yang rendah hati.

 

6. Punya Hobi Aneh

Siapa sangka jika aktor sekeren Chris Pratt ternyata punya hobi seaneh mengoleksi serangga mati? Faktanya, kegemaran ini memang benar dimiliki oleh sang aktor. Menariknya lagi, hobi inilah yang mempersatukan Chris dengan Anna Faris. Keduanya berkenalan dalam suatu proyek berjudul Take Me Home Tonight, tapi kemistri di antara mereka belum benar-benar terwujud sebelum Chris memperlihatkan koleksi serangganya pada Anna.

Usut punya usut, Anna ternyata juga memiliki hobi serupa, dan merasa cukup terasingkan karena hampir tidak ada rekan-rekan sesama artisnya yang bisa memahami hobi anehnya.

Chris Pratt dan Anna Faris
Chris Pratt dan Anna Faris

Chris dan Anna akhirnya menikah pada tahun 2009, dan dikaruniai seorang putra bernama Jack. Sayang, pasangan yang dikenal romantis dan memiliki dinamika unik itu mengumumkan perceraian pada tahun 2018 lalu. Saat ini, Chris Pratt sudah menjalin hubungan baru dengan seorang penulis yang juga anak sulung Arnold Schwarzenegger, yakni Katherine Schwarzenegger.

 

7. Fasih Berbahasa Jerman

Sejak mempelajari Bahasa Jerman sebagai salah satu mata pelajaran di sekolahnya, Chris Pratt mengaku tertarik dengan bahasa tersebut. Ia juga pernah bercita-cita mengunjungi Jerman, sehingga tak heran bila pada akhirnya, Chris cukup berkomitmen mempelajari bahasa negara tersebut.

Keahlian Chris Pratt dalam berbahasa Jerman baru terungkap pada akhir 2016 lalu, ketika ia dan Jennifer Lawrence tengah mengadakan promosi untuk Passengers. Chris Pratt dengan mudah memahami pertanyaan seorang reporter Jerman, dan merespon pertanyaan tersebut dengan Bahasa Jerman. Jennifer Lawrence yang berada di sampingnya pun tak mampu menyembunyikan rasa kagumnya.

Simak kejadian tersebut dalam video di bawah ini:


Demikianlah 7 fakta menarik tentang Chris Pratt. Semoga perjuangan, sikap rendah hati, dan komitmennya untuk terus belajar bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Tag: , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi