Alita: Battle Angel Singkirkan The Lego Movie 2 Dari Puncak Box Office

| Tidak ada komentar

Alita: Battle Angel Singkirkan The Lego Movie 2 Dari Puncak Box Office

Film sci-fi yang ditulis oleh James Cameron, Alita: Battle Angel, berhasil menunjukkan keperkasaannya dengan menggulingkan The Lego Movie 2: The Second Part. Kesuksesan ini mengantarkan Alita menjuarai Box Office akhir pekan AS di minggu pertamanya.

Setelah cukup lama digantungkan, rilis Alita: Battle Angel disambut dengan cukup baik oleh berbagai kalangan. Hal ini di luar ekspektasi, mengingat beberapa pengamat sempat memproyeksi jika film adaptasi manga tersebut akan gagal meraih atensi penonton. Faktanya, Alita: Battle Angel berhasil meraup 28.2 juta USD di akhir pekan pertamanya, melebihi ekspektasi yang sebelumnya cuma dipatok sebesar 23 juta USD.

Film ini juga berhasil mengalahkan prediksi analis yang memperkirakan Alita bakal berjuang keras untuk bisa bersaing dengan The Lego Movie 2 dan Happy Death 2U. Alih-alih kesulitan, film yang dibintangi Rosa Salazar itu mampu menjuarai tangga Box Office dan mengalahkan dua pesaingnya. Kejadian di luar ekspektasi ini pun memaksa The Lego Movie 2 turun dari singgasananya yang cuma ditempati selama sepekan.

Berikut adalah rangking Box Office AS untuk akhir minggu lalu:

Baca juga: Dora Tak Sanggup Kalahkan Hobbs And Shaw Di Box Office AS

  1. Alita: Battle Angel: 28.2 juta USD (total pendapatan 36.9 juta USD).
  2. The Lego Movie 2: The Second Part: 21 juta USD (total pendapatan 62 juta USD).
  3. Isn't It Romantic: 14.3 juta USD (total pendapatan 20.5 juta USD).
  4. What Men Want: 10.6 juta USD (total pendapatan 35.9 juta USD).
  5. Happy Death Day 2U: 9.5 juta USD (total pendapatan 13.2 juta USD).
  6. Cold Pursuit: 5.9 juta USD (total pendapatan 21 juta USD).
  7. The Upside: 5.4 juta USD (total pendapatan 94 juta USD).
  8. Glass: 3.9 juta USD (total pendapatan 104.5 juta USD).
  9. The Prodigy: 3.1 juta USD (total pendapatan 11 juta USD).
  10. Green Book: 2.8 juta USD (total pendapatan 65.8 juta USD).

Di atas kertas, The Lego Movie 2 memiliki segala amunisi yang membuatnya jauh lebih unggul ketimbang Alita: Battle Angel. Prekuel yang sukses besar, bintang-bintang kelas A di jajaran pemain, hingga rating yang jauh di atas rata-rata, semua dimiliki oleh sekuel dari film The Lego Movie tersebut.

Namun, penonton tampaknya sedang tak ingin menikmati film animasi Lego di awal tahun ini. Terbukti, Audience lebih terpikat oleh sajian efek visual dan action sequence yang memikat dari Alita: Battle Angel.

Tanggapan dari kritikus memang mencermati kedua hal tersebut sebagai kekuatan utama Alita. Selain itu, performa akting para pemain juga dinilai cukup memuaskan. Hanya saja, rangkaian cerita dan setup untuk sekuel yang dipandang "terlalu memaksa" membuat film ini hanya mendapat rating sedang dari situs agregator kritik seperti Rotten Tomatoes. Per 19 Februari 2019, Alita: Battle Angel mencatatkan skor Tomatometer 59%, dengan Average Rating 6/10 dari 236 kritikus.

Rating Alita Battle Angel

 

Belum Sukses Seutuhnya

Meski mampu melebihi ekspektasi analis Box Office di minggu pertama, Alita ternyata belum benar-benar bisa dipastikan sukses. Pasalnya, budget film ini tergolong besar yakni sekitar 170 juta USD. Angka tersebut tentu sangat jauh dengan apa yang baru diperoleh di Box Office domestik pekan kemarin.

Secara internasional, Alita: Battle Angel mungkin lebih sukses karena mampu mengumpulkan sekitar 94.4 juta USD, tiga kali lipat dari pendapatan domestiknya. Namun jika ditotal, jumlah Box Office global Alita masih mencakup 137.4 juta USD saja.

Padahal, film ini perlu memperoleh jauh lebih banyak dari 170 juta USD untuk break even jika memperhitungkan biaya marketing dan distribusinya juga. Menurut spekulasi yang beredar, Alita bahkan perlu mengumpulkan setidaknya 500 juta USD apabila biaya penundaan produksinya yang cukup lama ikut dikalkulasi.

Prospek Box Office Alita: Battle Angel

Melihat performanya saat ini, butuh perjalanan panjang bagi Alita: Battle Angel untuk bisa dikatakan aman. Analis Box Office dari Comscore, Paul Dergarabedian, mengungkapkan bahwa genre sci-fi memang tidaklah murah. "Apalagi jika filmnya original, akan lebih sulit untuk menemukan Audience yang tertarik di Amerika Utara," demikian ujar Degarabedian.

Apakah prediksi itu terbukti benar, atau akankah Alita: Battle Angel justru berhasil membuat gebrakan lagi? Yang jelas, nasib Box Office film ini akan terlihat di minggu-minggu berikutnya. So far, para penonton masih memfavoritkan film ini ketimbang tontonan lain yang sedang sama-sama tayang di bioskop. Namun apabila terdapat film lain yang lebih menarik massa di pekan-pekan selanjutnya, kans Alita untuk menjadi film yang mencatatkan keuntungan memuaskan akan semakin mengecil.

Tag: ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi