James Gunn Kembali Jadi Sutradara Guardians of the Galaxy Vol. 3

| Tidak ada komentar

James Gunn Kembali Jadi Sutradara Guardians of the Galaxy Vol. 3

Disney "menelan ludahnya sendiri". Setelah beberapa waktu lalu memecat James Gunn dan ngotot mempertahankan keputusan itu, studio film yang menaungi MCU tersebut akhirnya menghubungi James Gunn kembali dan mengembalikan posisinya sebagai sutradara Guardians of the Galaxy Vol. 3. Menariknya lagi, Gunn saat ini telah berkomitmen menukangi Suicide Squad 2. Hal itu akan membuat sang sutradara aktif berpartisipasi di DCEU dan MCU di waktu yang relatif bersamaan.

Dianggap bertanggung jawab atas kesuksesan Guardians of the Galaxy di layar lebar, James Gunn merupakan sosok vital yang bukan hanya menjadi pengarah kreatif dalam film-film Star-Lord dkk., tapi juga ikut ambil bagian dalam Avengers: Infinity War. Bisa dikatakan, selain para aktor, Stan Lee, dan Kevin Feige sendiri, James Gunn merupakan salah satu "wajah" MCU dalam beberapa tahun terakhir.

Namun kontribusi besar itu rupanya belum mampu mengamankan posisi James Gunn dari terpaan skandal. Setelah beberapa unggahan masa lalunya yang bernada kurang pantas terkuak di media sosial, Disney langsung mendepaknya dari MCU. Padahal, ia saat itu masih mengembangkan proyek film besar MCU berikutnya, yakni Guardians of the Galaxy Vol.3.

Keputusan sepihak ini pun langsung memicu kontroversi pro kontra; kebanyakan adalah gelombang protes dari para pemain Guardians of the Galaxy, fans Marvel, juga rekan-rekan sesama sineas di industri Hollywood. Mereka menganggap jika Disney terlalu berlebihan dalam mengambil tindakan. James Gunn sendiri sudah melontarkan permintaan maaf atas unggahan-unggahannya di masa lalu.

Baca juga: 7 Fakta Zachary Levi Sang Pemeran Shazam!

Sejak saat itu, isu pembicaraan ulang antara Disney, Marvel, dan James Gunn, senantiasa datang dan pergi. Pada akhirnya, Disney mengkonfirmasi jika kemungkinan bagi James Gunn untuk kembali sudah tertutup. Warner Bros. pun mengambil kesempatan ini untuk menggaet James Gunn sebagai sutradara Suicide Squad 2.

Sementara itu, Guardians of the Galaxy Vol. 3 ditunda pengerjaannya, bahkan sempat diumumkan hiatus meski baru-baru ini sudah diklarifikasi mulai diproduksi kembali. Sayangnya, belum ada nama sutradara yang ditunjuk untuk mengarahkannya. Beberapa rumor menyebutkan jika Marvel akan menunjuk sutradara wanita, tapi nyatanya tak ada kabar lanjutan mengenai hal itu.

Saga ini akhirnya berakhir pada Jumat kemarin (15/Maret), ketika media Deadline secara mengejutkan merilis kabar tentang kembalinya James Gunn di film ketiga Guardians of the Galaxy. Menariknya lagi, sutradara itu dilaporkan sudah "diajak" kembali sejak berbulan-bulan lalu. Permintaan maaf dan penyesalan Gunn pasca skandal ini ditengarai menjadi hal yang meluluhkan Alan Horn, presiden Disney saat ini.

 

Respon James Gunn Dan Taika Waititi

Menyusul berita tersebut, James Gunn langsung mengunggah cuitan di akun Twitter pribadinya dengan pernyataan berikut:

"Saya sangat berterima kasih pada semua orang di luar sana yang terus mendukung saya dalam beberapa bulan terakhir. Saya selalu belajar dan akan terus berusaha menjadi sosok sebaik mungkin. Saya benar-benar menghargai keputusan Disney dan tak sabar untuk senantiasa membuat film-film yang menelusuri ikatan kasih di antara kita semua. Saya telah dan masih akan terus merasa bersyukur atas cinta dan dukungan Anda semua. Dari hati saya yang terdalam, terima kasih. Salam cinta untuk semuanya."

Tak cuma James Gunn, sutradara film MCU lain, Taika Waititi, ikut berkomentar atas direkrutnya kembali figur tersebut. Namun, alih-alih mengungkapkan dukungan menyentuh, Taika justru berkelakar bahwa ia merasa "dikhianati" oleh Disney:

Sekedar informasi, Taika Waititi memang menjadi salah satu kandidat yang difavoritkan untuk menggantikan James Gunn menyutradarai Guardians of the Galaxy Vol. 3. Meski sudah beberapa kali menampiknya, Waititi tetap dikait-kaitkan karena melalui Thor: Ragnarok, ia dinilai memiliki gaya humor dan penyutradaraan yang cocok dengan konsep film-film Guardians of the Galaxy.

 

Prioritaskan Suicide Squad 2

Karena sudah terlanjur menandatangani kontrak dengan Warner Bros. lebih dulu, James Gunn harus menunda pembuatan Guardians of the Galaxy Vol. 3 hingga proses produksi Suicide Squad 2 selesai. Suicide Squad 2 sendiri direncanakan mulai syuting akhir tahun ini, dan akan rilis pada 2021 mendatang.

Itu artinya, Guardians of the Galaxy Vol. 3 belum akan digarap hingga setidaknya awal tahun depan. Hal ini membuat penantian atas film itu semakin terasa lama. Padahal, sinema yang dirumorkan menjadi seri pamungkas dari petualangan Star-Lord dkk. di layar lebar ini, tadinya akan menjadi salah satu film MCU Phase 4 yang didahulukan. Kini, Marvel lebih dulu mengedepankan proyek lain seperti film solo Black Widow dan Eternals, sambil menunggu James Gunn menunaikan komitmennya di DCEU.

Tag: , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi