7 Fakta Zachary Levi Sang Pemeran Shazam!

| Tidak ada komentar

7 Fakta Zachary Levi Sang Pemeran Shazam!

Siapakah Zachary Levi? Aktor satu ini memang belum se-mainstream Robert Downey Jr. ataupun Ben Affleck, tapi namanya telah berkali-kali muncul dalam film populer dan cukup diperhitungkan sebagai aktor papan atas Hollywood.

Musim semi ini, ia akan menjadi sorotan karena aksinya sebagai Shazam!, salah satu tokoh superhero utama di DC Extended Universe. Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan sosok ini, yuk mengenal lebih dekat Zachary Levi lewat 7 fakta berikut.

 

1. Pernah Bermain Di Film MCU

Zachary Levi di MCU
Kiri: Tom Hiddleston sebagai Loki. Kanan: Zachary Levi sebagai Fandral

Sebelum menjadi salah satu aktor penting di film superhero DCEU, Zachary Levi ternyata lebih dulu berpartisipasi di dunia sinematik yang menjadi rival utama DC, yakni MCU (Marvel Cinematic Universe). Jika Anda masih ingat dengan 3 kawan seperjuangan Thor di film-film solonya, maka Zachary Levi akan menjadi salah satu aktor yang masih melekat di ingatan Anda.

Baca juga: 7 Film Superhero Anti Mainstream Yang Wajib Ditonton

Ya, ia memerankan Fandral, salah satu The Warrior Three yang senantiasa mendampingi Thor sejak film pertamanya. Yang menarik adalah, Zachary Levi tak muncul di film pertama Thor karena jadwal syutingnya bentrok dengan produksi serial televisinya, sehingga ia digantikan oleh Josh Dallas.

Ketika Thor: The Dark World tiba, giliran Josh Dallas yang mengalami konflik jadwal syuting dengan seri Once Upon A Time, sehingga Zachary Levi akhirnya kembali mengisi peran sebagai Fandral. Partisipasi ini pun berlanjut hingga Thor: Ragnarok, meski karakternya tak banyak diekspos karena keburu dibunuh oleh Hela di awal film.

Hal itulah yang masih disayangkan oleh sang aktor hingga kini. Menurutnya, Marvel gagal mengembangkan potensi The Warrior Three, karena mereka hanya memilih jalan pintas untuk memberikan ruang bagi karakter-karakter baru seperti Valkyrie dan Korg di Thor: Ragnarok. Ia pun berharap jika Thor dan The Warrior Three bisa memiliki trilogi sendiri suatu saat nanti.

"Saya rasa karakter-karakter itu tidak dimaksimalkan dengan baik. Thor dan The Warrior Three dapat menjadi basis dari suatu trilogi film yang keren tentang kawanan pejuang, tapi kita tidak memiliki banyak pengaruh. Terutama di Ragnarok - saya bahkan tidak memiliki dialog satu pun di sana," ujar Zachary Levi.

 

2. Memulai Karir Di Panggung

Zachary Levi di Broadway

Aktor yang lahir di Indiana ini pertama kali bersentuhan dengan dunia akting ketika baru berusia 6 tahun. Kala itu, ia bermain di panggung teater. Ketertarikannya terhadap dunia akting rupanya terus terbawa hingga ia dewasa. Maka dari itu, tak heran jika ia langsung merantau ke Los Angeles setelah lulus SMA, untuk mencapai cita-citanya menjadi seorang aktor.

Saat mengikuti sekolah akting, Levi berpartisipasi di berbagai pertunjukan panggung, mulai dari Grease, The Outsiders, Oklahoma, Oliver, Big River, hingga The Wizard of Oz. Baru pada tahun 2002 ia mendapat kesempatan bermain di layar kaca. Tak banyak yang bisa digali dari peran pertamanya, kecuali judul proyeknya kala itu yakni Big Shot: Confessions of a Campus Bookie, sebuah film televisi produksi FX.

Sementara di layar lebar, Zachary Levi debut pertama kali lewat sebuah film pendek, Reel Guerrillas, pada tahun 2005. Ia baru merasakan menjadi bintang sebuah film mayor setahun kemudian lewat Big Momma's House 2.

 

3. Pengisi Suara Ideal Untuk Flynn Rider

Masih ingat dengan film animasi Tangled? Sinema musikal yang menampilkan kisah Rapunzel dengan pendekatan berbeda itu merupakan salah satu karya populer Disney di dekade ini, yang tidak hanya sukses secara Box Office (591.8 juta Dolar AS), tapi juga dinominasikan di berbagai ajang penghargaan.

Zachary Levi merupakan pengisi suara untuk salah satu pemain utamanya, yakni sosok Flynn Rider yang karismatik dan berjiwa petualang. Karena pada saat itu namanya belum sebesar sekarang, banyak pihak terheran-heran dengan kepiawaian Zachary Levi dalam menjadi voice actor, sekaligus penyanyi teatrikal yang tepat untuk mengisi suara Flynn Rider.

Mandy Moore yang kala itu menjadi lawan mainnya bahkan sampai tercengang dengan skill Zachary Levi. "Mereka ingin menggaet aktor yang bisa menyanyi, dan saya sama sekali tidak menduga jika dia bisa melakukannya, dengan suara ala-ala pemain teater musikal yang rupanya juga pernah ia lakukan. Dia memiliki suara yang indah dan sempurna untuk hal-hal seperti ini. Dia juga orang yang baik, sangat lucu di film ini, tapi saya rasa dia akan membuat orang terkagum-kagum dengan suaranya," kata Mandy Moore.

 

4. Ingin Memerankan Superman

Zachary Levi sebagai Shazam!

Jauh sebelum ia berhasil mendapatkan peran Shazam! di DCEU, Zachary Levi pernah mengekspreksikan keinginannya untuk bermain sebagai Superman. Rumor mengenai keterlibatannya di film superhero satu ini sebenarnya sudah beredar sejak sebelum Henry Cavill direkrut memerankannya. Namun spekulasi itu dengan cepat ditampik oleh Levi dan menghilang dengan sendirinya.

Menariknya lagi, Zachary Levi kini menganggap jika karakter Batman jauh lebih keren dibanding Superman ketika ditanya mengenai persaingan di antara keduanya.

"Yah, seperti seorang Playboy. Bruce Wayne itu sangat keren dan dia seorang milyarder. Dia juga memiliki masalah (yang membuat kepribadiannya menarik). Superman juga mempunyainya, tapi Superman itu seperti anak baik-baik. Ia akan selalu memilih sisi baik. Karena ia sebenarnya alien, ia akan menilai segalanya dengan logika dan mengesampingkan emosi. Karena tidak manusiawi, bukankah itu juga akan membuatnya sedikit membosankan?" ungkap Zachary Levi dalam wawancaranya saat menjalankan promosi untuk Shazam! baru-baru ini.

Dilihat dari segi kedalaman karakter, Batman memang memiliki dimensi yang lebih menarik diikuti ketimbang Superman. Walaupun tidak memiliki kekuatan super seperti Superman, Bruce Wayne memiliki sisi manusiawi yang relevan bagi kebanyakan penonton. Plus, ia memiliki kharisma ala Tony Stark karena ia merupakan seorang Playboy tajir.

 

5. Pernah Cidera Serius Saat Bermain Game

Zachary Levi pernah cidera saat bermain game

Saking asyiknya bermain Wii, Zachary Levi pernah mengalami cidera parah yang membuatnya harus dilarikan ke IGD dan menerima 13 jahitan. Dalam sesi wawancaranya bersama GQ beberapa tahun lalu, ia mengaku tidak sengaja membuat tangannya terkena lampu kaca saat melakukan suatu manuver bersama teman-temannya. "Saya memenangkan permainan itu, tapi saya juga mendapat 13 jahitan karenanya," kenang Zachary Levi.

 

6. Sangat Religius

Agama Zachary Levi

Dibesarkan di keluarga penganut Nasrani, Zachary Levi mengaku masih memegang teguh keyakinannya, di tengah gemerlap Hollywood yang menurutnya penuh dengan pandangan anti-konservatif. Hal itu memang sulit, tapi Levi menemukan jalan tengah untuk bisa berbaur dengan rekan-rekannya di LA tanpa harus mengesampingkan keyakinannya.

"Atmosfer di Hollywood secara umum adalah sangat anti-konservatif, sangat anti-Kristen. (Untuk itu), apa yang saya lakukan di lokasi syuting adalah pertama-tama menyayangi setiap orang dan mendapat kepercayaan mereka. Jadi ketika mereka mengalami masalah dan pada suatu saat bertanya kepada saya mengenai darimana saya mendapatkan kedamaian, kasih, dan bakat, maka di situ saya baru akan menjawab tanpa ragu: Tuhan Yesus," demikian ujar Zachary Levi.

Namun pada tahun 2018, aktor yang pernah menikah dengan Missy Peregrym ini memiliki Statement yang agak berbeda. Dalam interview-nya bersama Michael Rosenbaum, Levi menyatakan bahwa ia memang spiritual, tapi tidak terlalu religius.

 

7. Tak Ragu Berdebat Dengan Hater

Zachary Levi vs Hater

Kebanyakan artis yang merasa tersinggung dengan celetukan hater akan memilih untuk mengacuhkan mereka. Namun Zachary Levi bukanlah sosok selebritis seperti itu. Merasa apa yang disebarkan oleh para netizen adalah suatu kebohongan yang bisa mengakibatkan masalah serius, ia baru-baru ini tak segan "memarahi" mereka.

Hal ini berkaitan langsung dengan rivalitas DC dan Marvel yang tampaknya semakin meruncing di awal tahun ini, karena rilis Captain Marvel dan Shazam! yang hampir berdekatan. Dua karakter superhero itu sendiri sebenarnya sudah memiliki sejarah panjang yang semakin menyoroti persaingan DC dan Marvel. Nah, konflik inilah yang diangkat oleh para hater Captain Marvel hanya karena mereka tidak menyukai Brie Larson.

Dalam IG Live-nya beberapa waktu lalu, Zachary Levi secara terang-terangan meminta semua pihak untuk berhenti menyulut persaingan antara Captain Marvel dan Shazam!. Ia juga menganggap jika aksi trolling yang dilakukan untuk menurunkan rating Audience di situs agregator sama sekali tak berfaedah bagi semua pihak. Saat ditanya mengenai tindakan ini oleh Yahoo! Entertainment, Zachary Levi berkata:

"Saya melihat banyak sekali perkataan di Twitter tentang hal-hal yang salah dan menjerumuskan tentang Brie, tentang Captain Marvel, dan menghubungkannya dengan Shazam!. Saya tidak akan tinggal diam jika dikaitkan dengan kebohongan atau pencemaran seperti itu. Film ini pun seharusnya tidak begitu, Anda sekalian juga seharusnya tidak... Saya rasa Brie tidak memerlukan saya untuk membelanya. Tapi kita semua perlu membela apa yang benar. Jika kita punya kesempatan untuk melakukannya - dan saya memiliki kesempatan melakukannya - maka saya ingin bisa melakukannya."

Well, superhero dengan kekuatan luar biasa seperti di film-film DC dan Marvel mungkin mustahil ditemui di dunia nyata. Namun, sosok pembela yang memiliki prinsip seperti Zachary Levi membuktikan bahwa seorang pahlawan tak perlu memiliki kekuatan super untuk menumbangkan para hater di era milenial, di mana kritikan dan serangan yang muncul di internet bisa tak kalah kejam dan menyakitkan dibanding kejahatan fisik di dunia nyata.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi