Selain Dumbo, Inilah 10 Film Terkenal Lain Dari Tim Burton

| Tidak ada komentar

Selain Dumbo, Inilah 10 Film Terkenal Lain Dari Tim Burton

Sebagai salah satu jelmaan Live Action dari film animasi klasik Disney, Dumbo merupakan salah satu film paling ditunggu-tunggu di tahun ini. Namun tahukah Anda jika sutradaranya, Tim Burton, pernah dipecat oleh Disney? Bukannya meredup, karir Burton justru lepas landas setelahnya. Apa saja film-film hebat yang pernah ditanganinya hingga membuat Disney merekrutnya kembali untuk mengarahkan Dumbo?

Lahir pada tahun 1958 di Burbank, California, Timothy Walter Burton sudah menarik perhatian Disney untuk merekrutnya sebagai animator magang ketika ia masih duduk di bangku kuliah. Sayangnya, tema grafis dan narasi yang terlalu unik dan gelap membuat Tim Burton kemudian didepak oleh Disney; studio tersebut memang lebih condong pada tontonan-tontonan menghibur yang ramah keluarga.

Pemecatan tersebut justru membebaskan Tim Burton untuk berekspresi dengan ide-ide uniknya, yang kemudian mendapat perhatian dari studio besar lain di Hollywood. Dari sinilah perjalanan Tim Burton sebagai sutradara kondang yang anti mainstream dimulai.

Film-film garapan Tim Burton tak pernah lepas dari tema kelam, gotik, dan eksentrik yang menjadi ciri khas sang sutradara. Para penikmat film bahkan hampir selalu bisa mengenali film besutannya dalam sekali lihat. Gaya penyutradaraan dan nuansa film-film Tim Burton yang begitu khas pada akhirnya memiliki istilah sendiri, yakni Burtonesque.

Baca juga: 7 Film Yang Dibatalkan Karena Alasan Tak Biasa

Tim Burton
Tim Burton

Di sepanjang karirnya, suami dari aktris Helena Bonham Carter ini memiliki beberapa aktor "langganan" yang muncul di lebih dari satu film arahannya. Beberapa contohnya seperti Johnny Depp, Michael Keaton, dan istrinya sendiri. Burton juga hampir selalu memercayakan Score film-filmnya pada Danny Elfman.

Dumbo yang meluncur pada April 2019 akan menjadi film mayor ke-19 dari Tim Burton. Sutradara ini sudah pernah merasakan hampir semua level kesuksesan; mulai dari mendapat apresiasi berimbang di mata kritikus dan penonton, menjadi sutradara film Blockbuster, hingga yang hanya mendapat penghargaan secara terbatas saja.

Nah, bagi Anda yang tertarik menyimak karya-karya populer Tim Burton di sepanjang karirnya, berikut adalah 10 contoh film yang menarik untuk dicermati:

 

10. Alice in Wonderland

Alice in Wonderland

Jauh sebelum Dumbo, Tim Burton sebenarnya sudah kembali ke studio Disney untuk menyutradarai Alice in Wonderland. Film fantasi ini dibintangi Mia Wasikowska, Johnny Depp, Anne Hathaway, dan sederet bintang Hollywood kenamaan lainnya.

Meski diakui memiliki visual dan tema yang memukau, Alice in Wonderland dicela banyak kritikus karena alurnya yang kurang jelas. Walaupun begitu, film ini laris manis di pasaran dan menjadi cikal bakal dimulainya tren remake film-film animasi Disney menjadi Live Action.

Jadi bagi Anda para penggemar Live Action Beauty and the Beast (2017) dan penanti Aladdin (2019), berterimakasihlah pada Tim Burton karena telah mempersembahkan Alice in Wonderland yang menginspirasi para petinggi Disney untuk membuat remake serupa.

 

9. Charlie and the Chocolate Factory

Charlie and the Chocolate Factory

Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Roald Dahl, Charlie and the Chocolate Factory bisa dikatakan sukses menjadi film Blockbuster karena sangat ikonik dengan tema fantasinya, serta peran Johnny Depp sebagai Willy Wonka.

Charlie and the Chocolate Factory meraih pendapatan total 475 juta Dolar AS secara global, dan melejitkan nama Freddie Highmore sebagai bintang cilik potensial di masanya. Secara kualitas, film ini juga mendapat apresiasi positif dari para kritikus, serta mendapat nominasi Oscar meski hanya di kategori Best Costume Design.

 

8. Corpse Bride

Corpse Bride

Pada tahun 2005, Tim Burton merilis film animasi stop-motion pertamanya yang berjudul Corpse Bride. Lagi-lagi dibintangi oleh Johnny Depp, grafis dan tema cerita film ini sangat kental dengan gaya Burtonesque yang sangat gotik tapi menggelitik dengan sentilannya terhadap kondisi sosial masyarakat.

Film yang bercerita tentang pernikahan "kecelakaan" antara seorang pria dengan hantu wanita ini mendapat sambutan hangat dari Audience dan para pengamat. Corpse Bride bahkan dinominasikan di Academy Awards dalam kategori film animasi terbaik.

 

7. Frankenweenie

Frankenweenie

Satu lagi film animasi stop-motion karya Tim Burton yang layak mendapat apresiasi adalah Frankenweenie. Diluncurkan pada tahun 2012 sebagai remake film pendek yang pernah diremehkan oleh Disney, film ini justru diangkat kembali ke layar lebar atas inisiatif Disney sendiri. Tim Burton pun tak ragu menanganinya kembali, karena film ini memang terinspirasi oleh kisah masa kecil dengan anjing peliharaan yang disayanginya.

Frankenweene pun tak kesulitan mendapat pujian dari para kritikus, dan mengantarkan Tim Burton pada nominasi keduanya di Oscar dalam kategori film animasi terbaik. Meski demikian, Box Office untuk film ini terbilang sedang-sedang saja karena tak mampu menembus angka 100 juta Dolar AS.

 

6. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street

Film Sweeney Todd

Tak cuma mengadaptasi novel dan membuat karya animasi, Tim Burton juga pernah sukses mengangkat film yang didasarkan pada teater musikal. Mengisahkan perjalanan hidup seorang tukang cukur sadis yang membunuh para pelanggannya dan memutilasi tubuh mereka, Sweeney Todd merupakan satu lagi film yang sangat kental dengan nuansa gothik ala Tim Burton. Beda film ini dari karya Burton lainnya adalah unsur musikal yang cukup mendominasi di sepanjang film.

Layaknya film-film sebelumnya, Tim Burton berhasil mengantongi keberhasilan besar lewat film ini. Dengan angka Box Office global mencapai 152.5 juta Dolar AS, Sweeney Todd berhasil menjadi favorit para kritikus di tahun 2007, terbukti dengan kesuksesannya menjadi salah satu film terbaik versi National Board Review, juga nominasi di berbagai penghargaan bergengsi seperti Academy Awards dan Golden Globe Awards.

 

5. Sleepy Hollow

Sleepy Hollow

Jauh sebelum mengarahkan Sweeney Todd, Tim Burton sudah bergelut dengan kisah horor yang tak kalah mengerikan. Ya, melalui Sleepy Hollow, sutradara kondang ini mengangkat sebuah legenda rakyat ke layar lebar, yang mengisahkan penyelidikan seorang petugas kepolisian atas serangkaian insiden pemenggalan kepala di tahun 1799.

Dengan Johnny Depp dan Christina Ricci sebagai pemeran utamanya, film ini mengumpulkan pendapatan yang cukup fenomenal di masanya, dan berhasil menyabet penghargaan Oscar untuk Best Art Direction.

 

4. Batman

Batman 1989

Tak hanya menangani film-film drama, fantasi, horor, dan animasi, Tim Burton ternyata juga berpengalaman membesut film superhero. Jauh sebelum tontonan superhero ramai digemari di era MCU seperti saat ini, Tim Burton sudah menyajikan film superhero berkualitas peraih Oscar melalui Batman (1989).

Hingga sekarang, versi Batman yang dibintangi Michael Keaton dan Jack Nicholson sebagai Joker ini menjadi tontonan klasik yang dipuji sebagai salah satu adaptasi Batman terbaik sepanjang masa di layar lebar, tentunya di samping trilogi The Dark Knight karya Christopher Nolan.

 

3. Big Fish

Big Fish

Barangkali, Big Fish merupakan satu-satunya gebrakan Tim Burton yang berhasil menggabungkan dunia fantasi ala Burtonesque dengan drama melankolis yang menguras air mata. Dibintangi Ewan McGregor, Albert Finney, dan Billy Cudrup, film ini mengangkat petualangan masa lalu seorang ayah yang tengah menghadap ajal.

Kisah yang sarat akan pesan kehidupan membuat film ini direview positif oleh para kritikus. Pada akhirnya, Big Fish berhasil mendarat dalam nominasi di berbagai penghargaan bergengsi, meski angka Box Office-nya tidak terlalu mengesankan.

 

2. Beetlejuice

Beetlejuice

Beetlejuice merupakan salah satu film yang disutradarai Tim Burton ketika ia baru saja dipecat dari Disney. Tontonan horor komedi yang digawangi Alec Baldwin, Geena Davis, Michael Keaton, dan Catherine O'Hara ini dianggap absurd tapi berhasil memikat banyak kalangan.

Mengupas kisah sepasang suami istri yang baru saja meninggal dan menghantui rumah mereka, tema film ini bercampur aduk dari horor, komedi, hingga drama keluarga. Dari budget 15 juta Dolar AS, Beetlejuice berhasil mengumpulkan 73.7 juta Dolar AS. Keberhasilan film ini pun semakin lengkap dengan kemenangan di Academy Awards dan Saturn Awards.

 

1. Edward Scissorhands

Edward Scissorhands

Edward Scissorhands terpilih menjadi no. 1 di daftar film ini bukan karena kesuksesannya, tapi karena film yang dibintangi Johnny Depp dan Winona Ryder ini menjadi representasi paling sempurna dari sebuah karya Tim Burton. Mulai dari romansa berlatar suasan gothik, unsur horor ala film monster Universal, fairy tale, hingga parodi masyarakat normal di daerah perumahan AS, semua ada di Edward Scissorhands.

Mengungkap kisah pemuda bertangan gunting yang jatuh cinta pada wanita biasa, film yang rilis pada tahun 1990 ini pada akhirnya meraup 86 juta Dolar AS dan berhasil mendapat nominasi di Academy Awards, BAFTA, Saturn Awards, hingga Hugo Awards.


Dari 10 film di atas, manakah yang sudah Anda tonton dan menjadi favorit Anda? Jika Anda seorang penggemar Burtonesque, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar di bawah ini.

Tag: , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi