Sukses Melebihi Ekspektasi, Shazam! Konfirmasikan Sekuel

| Tidak ada komentar

Sukses Melebihi Ekspektasi, Shazam! Konfirmasikan Sekuel

Sajian terbaru DCEU yang menampilkan kisah mula Shazam! berhasil menduduki peringkat pertama dalam Box Office akhir pekan AS. Tak cuma itu, Shazam! berhasil mengeruk pendapatan yang lebih tinggi dari proyeksi analis Box Office. Performa meyakinkan ini pun memantapkan Warner Bros. untuk memberi lampu hijau pada proyek Shazam 2.

Debut pertama kali di bioskop AS pada 5 April lalu, Shazam! sukses mengantongi pendapatan sebesar 53 juta Dolar AS dari pemutaran di 4,217 bioskop selama akhir pekan lalu. Jika memperhitungkan raihan preview Kamis (4/April) malam yang sebesar 5.9 juta Dolar AS dan pre-release Fandango yang mencapai 3.3 juta Dolar AS, maka pemasukan total Shazam! mencapai 62.2 juta Dolar AS.

Angka-angka tersebut tentu saja lebih besar dari ekspektasi pengamat, yang sebelumnya cuma mematok kisaran 40 hingga 45 juta Dolar AS sebagai pendapatan akhir pekan pertama Shazam!. Film yang dibintangi Zachary Levy ini berhasil mengungguli Pet Sematary yang rilis di hari yang sama.

Secara keseluruhan, berikut adalah daftar film penghuni 10 besar Box Office AS untuk akhir pekan yang berlangsung selama 5-7 April lalu:

Baca juga: Sukses Puncaki Box Office, Godzilla 2 Justru Dianggap Mengecewakan

Box Office Akhir Pekan Shazam!

 

Terburuk Di DCEU, Tapi Sudah Memastikan Keuntungan

Sayangnya, pencapaian Shazam! yang di atas ekspektasi tak lantas membuatnya mentereng di jajaran film superhero DC lainnya. Dalam hal ini, para analis memang sengaja memasang ekspektasi rendah untuk Shazam!, sehingga tak heran jika pendapatan akhir pekan yang sebenarnya biasa saja (untuk seukuran film superhero), jadi tergolong fantastis.

Jika dibandingkan dengan Wonder Woman dan Aquaman, angka Box Office akhir pekan Shazam! terlihat masih kalah jauh. Wonder Woman sukses mengumpulkan 103 juta Dolar AS, sementara Aquaman mengumpulkan 67 juta Dolar AS di akhir minggu pertamanya. Bahkan jika dibandingkan dengan Justice League yang dikenal memiliki performa Box Office domestik terburuk, Shazam! masih belum mampu mengunggulinya.

Perbandingan Box Office DCEU

Kabar baiknya, Shazam! tak perlu terlalu berusaha keras untuk menjadi film yang profitable, karena biaya pembuatannya termasuk hemat untuk seukuran film blockbuster. Menurut laporan Warner Bros. dan New Line Cinema, pembuatan Shazam! hanya menelan biaya 100 juta Dolar AS. Jika ditotal secara global, Box Office Shazam! saat ini sudah mencapai 159 juta Dolar AS, yang tentu saja sudah melampaui batas break even dari budget.

Perbandingan dengan budget ini membuat Shazam! lebih unggul dari Wonder Woman, Aquaman, dan Justice League, yang masing-masing dibuat dengan budget di atas 145 juta Dolar AS. Warner Bros. bahkan menggelontorkan dana hingga 300 juta Dolar AS untuk Justice League, sangat jauh dari Box Office akhir pekan film tersebut yang hanya mencapai kisaran 93 juta Dolar AS.

Menurut presiden distribusi lokal Warner Bros., Jeff Goldstein, keberhasilan tak terduga Shazam! bisa ditelusuri dari nuansa ringan dan penuh komedi yang diusungnya. Ini membuktikan bahwa DC bisa sukses dengan beragam tema yang ingin disajikan.

"Wonder Woman dan Aquaman masing-masing sangat kelam dan dramatis. (Kesuksesan dua film itu dan Shazam!) menunjukkan bahwa kami bisa membuat beragam (konsep) film dalam satu dunia sinematik," ujar Goldstein.

Sementara secara kualitas, Shazam! juga berhasil membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik, terbukti dari rating Roten Tomatoes-nya yang mencapai 91% dengan status Certified Fresh. Dengan demikian, film besutan David F. Sandberg ini menjadi film terbaik kedua di DCEU (selevel di bawah Wonder Woman), dan bahkan lebih baik dari Captain Marvel yang sebelum ini sudah sering dibanding-bandingkan dengan Shazam!.

 

Penulis Shazam! Dipastikan Kembali Menangani Sekuelnya

Menurut media The Wrap, Warner Bros., New Line Cinema, dan DC sudah siap menyambut rancangan skenario baru untuk sekuel Shazam!. Ketiganya bahkan sudah merekrut Henry Gayden, penulis naskah film pertama Shazam!, untuk kembali merangkai cerita sekuelnya.

Sementara untuk posisi sutradara dan produser, studio masih berupaya meyakinkan David F. Sandberg dan Peter Safran untuk ikut bergabung lagi di Shazam! 2. Keinginan Warner Bros. untuk mempertahankan figur-figur di balik kesuksesan Shazam! memang cukup wajar, mengingat kesuksesan film pertama akan lebih mudah berulang jika formula aslinya dipertahankan.

Hingga saat ini, rencana pengembangan proyek Shazam! 2 baru memastikan nama penulis. Belum ada kepastian lebih lanjut mengenai para pemain dan perkiraan waktu rilisnya.

Tag: ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi