10 Fakta Unik Josh Brolin Si Pemeran Thanos

| Tidak ada komentar

10 Fakta Unik Josh Brolin Si Pemeran Thanos

Ulasan mengenai Robert Downey Jr. si Iron Man, Chris Evans si Captain America, ataupun Chris Hemsworth pemeran Thor pasti sudah banyak bertebaran dimana-mana. Lantas bagaimana dengan pemain Thanos sendiri?

Meski ia bukanlah sosok superhero di Avengers: Infinity War maupun Endgame, tak dapat disangkal jika Thanos memegang peranan penting dalam dua film superhero fenomenal tersebut.

Setelah ditelusuri, Josh Brolin si pemain Thanos ternyata memiliki segudang fakta yang tak kalah menarik dibanding aktor film superhero lain seperti Chris Pratt dan Zachary Levi. Apa sajakah itu?

 

Baca juga: James Cameron Lega Dengan Pencapaian Avengers: Endgame

1. Jadi Artis Sejak Remaja

Josh Brolin jadi artis sejak remaja
Josh Brolin di The Goonies

Aktor kelahiran 12 Februari 1968 ini ternyata sudah menjadi aktor ketika ia masih belia. Tak main-main, film yang pertama kali mengorbitkan namanya adalah The Goonies, sinema petualangan terkenal yang pada tahun 1985 berhasil meraup pendapatan sebesar 60 juta Dolar AS. Saking legendarisnya The Goonies, film ini bahkan menginspirasi tontonan kekinian yang memiliki genre serupa seperti Stranger Things.

Keterlibatan Josh Brolin di dunia perfilman sejak muda tak lepas dari pengaruh sang ayah, James Brolin, yang rupanya juga seorang aktor terkenal di Hollywood. Ketika masih SMA, Josh mengikuti kelas akting atas dorongan ayahnya. Ia juga rutin mengasah kemampuannya di institusi akting seperti Film Industry Workshops, dan dilatih langsung oleh acting coach profesional yakni Pat George dan Tony Miller.

 

2. Sempat Kapok Bermain Film Superhero

Josh Brolin di film superhero pertamanya
Josh Brolin sebagai Jonah Hex

Siapa sangka jika Josh Brolin yang saat ini terlibat dalam 2 dunia sinematik superhero sekaligus, ternyata pernah bersumpah jika ia tak akan menginjakkan kaki di genre ini lagi? Ya, sebelum menjadi Thanos di MCU dan Cable di Deadpool 2, Josh Brolin faktanya pernah menjadi lakon dalam film antihero yang diangkat dari komik DC.

Sialnya, film berjudul Jonah Hex itu dicerca kritikus dan tak laku di pasaran. Di Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapat rating 12%, sementara performa Box Office-nya gagal total mengembalikan modal pembuatannya; dari budget 47 juta Dolar AS, Jonah Hex hanya mengumpulkan 10.9 juta Dolar AS. Kondisi ini cukup disayangkan, mengingat Jonah Hex juga dibintangi beberapa artis terkenal seperti Megan Fox dan Michael Fassbender.

Maka dari itu, tak heran jika Josh Brolin sempat trauma untuk kembali ke arena superhero, antihero, dan genre-genre serupa yang diangkat dari buku komik. Untunglah keengganan itu hanya berlangsung sementara, karena selang beberapa tahun kemudian, Josh menyanggupi peran sebagai Thanos di Guardians of the Galaxy dan film-film MCU berikutnya.

Ia bahkan ikut masuk ke dunia X-Men melalui Deadpool 2, dan digadang-gadang masih akan bertahan di sana lewat proyek X-Force yang sudah direncanakan Ryan Reynolds dkk. Untuk saat ini, Josh Brolin masih menikmati popularitasnya sebagai pemeran Thanos di 2 film kulminasi MCU, yakni Avengers: Infinity War dan Endgame.

Tak dapat dibayangkan jika Josh Brolin belum mengatasi rasa traumanya atas genre superhero hingga saat ini. Bagaimanapun juga, performanya sebagai Thanos adalah salah satu elemen yang banyak diapresiasi dari Infinity War, dan diperkirakan bisa menjadi scene stealer lagi di Avengers: Endgame.

 

3. Calon Pemain Batman

Josh Brolin sebagai Batman

Keterlibatan Josh Brolin di kancah superhero ternyata tak berhenti di MCU dan X-Men. Antara tahun 2013-2014, namanya sempat menjadi pembicaraan hangat di berbagai media, lantaran ia menjadi salah satu kandidat utama pemeran Batman di dunia sinematik DC (DCEU), yang kala itu masih dikembangkan oleh Zack Snyder. Tak diragukan lagi, peran ini ditujukan untuk mengisi film Batman v Superman: Dawn of Justice yang meluncur sekitar 3 tahun kemudian.

Namun karena satu dan lain hal, Josh gagal mendapatkan peran yang akhirnya diberikan pada Ben Affleck itu. Yah, meskipun ia tak mampu menandingi Affleck dalam perebutan peran Batman, setidaknya ia berhasil mengungguli nama-nama terkenal seperti Brad Pitt, Michael Shannon, David Harbour, Pierce Brosnan, hingga Russel Crowe dalam persaingan mendapat peran Cable untuk Deadpool 2.

 

Menikah Tiga Kali

Josh Brolin dan Diane Lane
Josh Brolin saat masih bersama Diane Lane

Di usianya yang sudah memasuki setengah abad, tak heran jika Josh Brolin telah mengarungi berbagai lika-liku kehidupan rumah tangga. Menariknya, ia rupanya sempat gagal membina rumah tangga hingga 2 kali. Istri pertamanya adalah seorang aktris bernama Alice Adair yang ia nikahi pada tahun 1988 hingga 1994.

Setelah sempat bertunangan dengan Minnie Driver, Brolin kemudian menikahi aktris populer Diane Lane di tahun 2004. Pernikahan tersebut berlangsung hingga tahun 2013 dan dibumbui dengan berbagai skandal. Kini, aktor kelahiran Santa Monica, California ini tampaknya sudah nyaman dengan istri ketiganya, Kathryn Boyd, yang merupakan mantan asisten dan model. Dari tiga pernikahannya, Josh Brolin dikaruniai tiga orang anak.

 

5. Berbakat Trading Saham

Josh Brolin sebagai Trader Saham

Tahukah Anda jika Josh Brolin sempat ingin pensiun dari dunia akting karena berminat menjadi trader saham full time? Ketertarikannya terhadap bidang investasi finansial ini sudah bermula sejak ia masih berusia 20 tahunan dan masih bertahan hingga kini. Josh Brolin bahkan sempat mendirikan situs trading saham bertajuk MarketProbability.com bersama salah seorang rekannya. Meski situs tersebut sudah tak aktif, hal ini menunjukkan keseriusan Brolin untuk menekuni dunia trading.

"Ketakutan dan keserakahan, hanya itulah dua hal (yang harus diatasi). Dan saya bertrading dengan sangat spesifik. Saya menemukan saham-saham pada momentum yang tepat dan memanfaatkannya di saat yang tepat pula," demikian ungkap Josh Brolin ketika menjelaskan kiat suksesnya bertrading saham.

Menurut kabar yang berhembus, ia memang sukses mengumpulkan banyak profit dari trading saham yang dilakukannya dalam waktu 3 tahun. Sekedar informasi, aktivitas ini sering menjadi pekerjaan sampingan para selebritis Hollywood yang ingin menginvestasikan penghasilan mereka, tapi seringkali hanya dalam bentuk permodalan terhadap perusahaan-perusahaan startup, bukan terjun langsung menjadi trader saham seperti Josh Brolin.

Hanya segelintir artis terkenal yang sukses menyelami pasar finansial sebagai trader, beberapa di antaranya adalah musisi Kenny G dan aktris Michelle Williams yang mewarisi keahlian trading dari sang ayah.

 

6. Anak Tiri Barbra Streisand

Hubungan Josh Brolin dan Barbra Streisand
Josh Brolin (kanan) bersama ayahnya dan Barbra Streisand

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, tampaknya menjadi pepatah yang sangat tepat untuk melukiskan dinamika Josh Brolin dengan sang ayah. Pernikahan sang aktor hingga tiga kali dalam masa hidupnya, ternyata merupakan replika dari kehidupan sang ayah yang juga menemukan tambatan hatinya setelah tiga kali menikah.

Tak sembarangan, ayah Josh Brolin mengikat janji dengan salah satu aktris sekaligus penyanyi paling legendaris dalam 6 dekade terakhir, yakni Barbra Streisand. Pernikahan ketiga ini berlangsung pada tahun 1998, hanya tiga tahun setelah ibu kandung Josh Brolin meninggal karena sebuah penyakit kronis.

Terlepas dari situasi tragis itu, pernikahan ayahnya dengan Barbra Streisand secara tak langsung menjadikan Josh sebagai putra tiri dari sang diva Broadway yang telah menyapu bersih penghargaan di Academy, Grammy, Emmy, Tony, dan Golden Globe Awards tersebut.

 

7. Muncul Di 3 Film Nominator Best Picture

Josh Brolin di film pemenang Oscar

Jauh sebelum dikenal sebagai sosok yang rutin membintangi film superhero, Josh Brolin lebih dulu menancapkan kehadirannya di Hollywood sebagai aktor yang konsisten bermain di film-film berprestasi. Tiga dari film tersebut, yakni No Country for Old Men, Milk, dan True Grit, sukses menjadi nominator dalam kategori Best Picture di Academy Awards.

Dalam hal ini, No Country for Old Men bahkan berhasil menggondol piala Best Picture, serta mengantarkan Josh Brolin untuk memenangkan beberapa gelar di National Board of Review Awards dan Screen Actors Guild Awards. Sementara itu, nominasi Oscar pertamanya diraih dari film Milk lewat kategori Best Supporting Actor.

Beberapa film berprestasi lain yang pernah dibintangi Josh Brolin meliputi W., Men in Black 3, Sicario, dan Hail, Caesar!

 

8. Bermasalah Dengan Narkoba

Masa lalu kelam Josh Brolin

Menjadi aktor sukses sedari muda tak lantas membuat Josh Brolin menikmati kehidupan yang penuh kebahagiaan dan bebas masalah. Perceraian orang tua dan persoalan pribadi lainnya sempat menggiring Josh Brolin untuk bergaul dengan geng "Cito Rats", yang membuatnya terlibat dengan penggunaan narkoba. Ia bahkan mengaku pernah mencuri mobil hanya untuk membeli obat-obatan terlarang.

Menariknya, aksi tersebut hanya dilakukannya sebagai bentuk pemberontakan. Josh mengaku tak pernah benar-benar kecanduan narkoba hingga merasakan sakau, meskipun 19 teman sepermainannya di geng tersebut sampai meregang nyawa akibat kecanduan heroin.

 

9. Hobi Balapan

Hobi Josh Brolin

Di waktu senggangnya, aktor yang pernah memerankan presiden George W. Bush ini gemar berselancar dan melakukan olahraga ekstrim seperti balapan mobil. Pada tahun 2000, ia bahkan memenangkan acara balapan selebritis tahunan yang diadakan oleh Toyota. Josh Brolin mencatatkan rekor waktu 18 menit untuk menyelesaikan balapan tersebut.

Lagi-lagi, keahlian ini merupakan sesuatu yang diwarisinya dari sang ayah; entah kebetulan atau tidak, James Brolin juga menjadi pemenang di acara balapan yang sama sekitar 22 tahun sebelumnya.

Ketertarikan Josh Brolin terhadap aksi kebut-kebutan rupanya tidak hanya tertuju pada balap mobil. Ia juga gemar mengendarai sepeda motor dalam kecepatan tinggi, dan hal ini sempat berujung pada kecelakaan parah yang membuatnya menabrak sebuah kendaraan di Los Angeles. Untungnya, cidera Josh Brolin tidak terlalu fatal dan ia masih bisa pergi ke lokasi syuting No Country for Old Men, dua minggu setelah mengalami kecelakaan.

 

10. Teman Baik Johnny Depp

Josh Brolin dan Johnny Depp

Bisa dikatakan, Josh Brolin dan Johnny Depp memiliki beberapa kesamaan yang membuat keduanya bisa menjalin hubungan pertemanan yang awet. Selain tumbuh besar di generasi yang sama, keduanya juga sudah merintis karir di dunia entertainment sedari remaja.

Awal cerita pertemanan Josh Brolin dan Johnny Depp pun cukup unik, karena keduanya dipertemukan dalam proses casting 21 Jump Street. Mereka bersaing untuk memperebutkan peran yang sama di serial TV itu, tapi pada akhirnya, Johnny Depp berhasil keluar sebagai pemenang di seri yang kemudian melejitkan popularitasnya tersebut.

Meski sempat menjadi rival, Josh Brolin tak mengisyaratkan rasa irinya dan justru menjalin hubungan baik dengan Johnny Depp. Sekalipun tak pernah terlibat bersama dalam suatu proyek film, keduanya masih berteman hingga kini.


Demikianlah ulasan mengenai fakta-fakta unik mengenai pemeran Thanos yang saat ini tengah terlibat dalam berbagai proyek film superhero. Meski terdapat beberapa titik dalam hidupnya yang tak patut ditiru, kesuksesannya bangkit dari trauma bermain di film superhero, menahan diri dari candu narkoba, hingga menggeluti karir alternatif dalam trading saham, membuktikan bahwa sikap pantang menyerah, kemauan untuk berbenah diri, dan ide brilian dalam berinvestasi, telah membawa keberhasilan yang patut diacungi jempol dalam kehidupan Josh Brolin.

Jadi meskipun ia menjadi pemeran tokoh Villain dalam seri film-film MCU, Josh Brolin justru bisa menjadi sosok inspiratif yang berhasil bangkit dari keterpurukan.

Tag: , , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi