7 Tokoh Yang Hilang Di Avengers: Endgame

| Tidak ada komentar

7 Tokoh Yang Hilang Di Avengers: Endgame

Ada begitu banyak tokoh superhero yang muncul di Avengers: Endgame, sehingga mungkin Anda tak mencermarti jika karakter-karakter berikut ini seharusnya juga tampil di film tersebut. Siapa sajakah mereka?

Artikel ini memuat peringatan bagi Anda yang belum menonton Avengers: Endgame, karena ada berbagai macam spoiler yang bertebaran di sana-sini.

Durasi Avengers: Endgame yang sepanjang 3 jam lebih membuat banyak penonton menganggap film ini memiliki beragam subplot yang begitu kompleks. Namun sebenarnya, fase cerita di Avengers: Endgame secara sederhana dapat dibagi menjadi 3 babak: konfrontasi awal dengan Thanos, perjalanan ke masa lalu, serta peperangan akhir melawan Thanos dan pasukannya.

Nah, dua babak terakhir dalam Avengers: Endgame seharusnya menghadirkan kembali tokoh-tokoh penting dalam film MCU yang "dikunjungi" di Endgame. Namun ternyata, tidak semua karakter itu kembali beraksi di film yang notabene menjadi laga pamungkas dari Phase 1 hingga 3 ini. Lantas, ke mana sajakah mereka?

Baca juga: Robert Downey Jr. Tolak Promosi Oscar Dari Disney

 

1. Dr. Erik Selvig

Erik Selvig Avengers: Endgame

Pertama kali tampil di film pertama Thor, Dr. Erik Selvig merupakan ilmuwan yang menjadi salah satu tokoh integral di MCU Phase 1 hingga 2. Selain muncul di di sekuel kedua Thor, ia juga hadir di film-film Avengers. Selvig terakhir kali terlihat di Age of Ultron untuk membantu Thor memahami penglihatannya terkait Infinity Stones. Namun sejak saat itu, Erik Selvig seolah menghilang di dunia MCU.

Seminggu sebelum premiere Avengers: Endgame, Stellan Skarsgard selaku pemeran Dr. Erik Selvig mengkonfirmasi bahwa ia memang tidak menjadi bagian dari film ini. Padahal, ia memiliki kontrak 5 film dengan Marvel dan baru muncul di 4 film. "Mereka biasanya memanggil saya ketika perlu (sosok untuk) menjelaskan bagian cerita yang aneh dengan gaya keilmiah-ilmiahan," aku Skarsgard.

Dengan perubahan radikal yang dilakukan oleh Taika Waititi pada Thor: Ragnarok, jelas sekali bahwa peran Dr. Erik Selvig sebagai ilmuwan dari planet bumi sudah tak sesuai untuk menjelaskan petualangan Thor yang sekarang menjangkau antar galaksi. Oleh karena itu, tak heran bila MCU tak lagi tertarik memanggil Stellan Skarsgard untuk memerankan Erik Selvig.

 

2. Eitri the Dwarf

Eitri Avengers: Endgame

Partisipasi Peter Dinklage dalam Avengers: Infinity War tahun lalu sempat mengejutkan berbagai pihak, dan memicu banyak spekulasi di berbagai media tentang peran apa yang bakal dimainkannya. Aktor Game of Thrones ini ternyata memerankan Eitri the Dwarf, salah satu pembuat senjata di Nidavellir yang depresi karena Thanos telah membantai semua kaumnya.

Peran Eitri sebenarnya sangat krusial di Infinity War. Tanpa keahliannya sebagai pembuat senjata legendaris, Thanos tak akan mendapatkan Infinity Gauntlet untuk mengendalikan semua Infinity Stones, begitu pula halnya dengan Thor yang tak akan mendapat Stormbreaker sebagai senjata barunya.

Lalu bagaimana nasibnya di Avengers: Endgame? Jangankan di film tersebut, nasib Eitri di Infinity War saja tidak diperlihatkan; apakah ia lolos dari jentikan maut Thanos atau tidak. Tampaknya, para penulis dan sutradara Avengers benar-benar ingin membatasi peran Eitri sebagai pembuat senjata, tak kurang dan tak lebih. Apapun nasib yang menimpa Eitri, ia kemungkinan besar masih bertahan sendirian di Nidavellir.

 

3. Dr. Arnim Zola

Arnim Zola Avengers: Endgame

Ketika Captain America dan Tony Stark gagal mendapatkan Space Stone (Tesseract) di tahun 2012, mereka terpaksa kembali ke tahun 1970 untuk memperolehnya langsung dari kamp S.H.I.E.L.D yang saat itu masih dioperasikan oleh figur-figur pendirinya.

Tak pelak, nostalgia dengan tokoh-tokoh lama di MCU pun bermunculan, mulai dari interaksi Iron Man dengan Howard Stark sang ayah, Captain America yang akhirnya bisa kembali melihat Peggy Carter di masa mudanya, kehadiran Edwin Jarvis, juga Hank Pym muda yang masih ambisius dengan penelitian dan kinerjanya sebagai Ant-Man.

Namun demikian, Dr. Arnim Zola yang merupakan salah satu peneliti penting di masa-masa awal S.H.I.E.L.D justru tak kelihatan batang hidungnya. Namanya memang disebut sebagai plot device untuk mempertemukan Iron Man dan Howard Stark, tapi jejak kehadirannya tak juga muncul hingga Steve Rogers dan Tony Stark kembali ke masa depan.

Tidak seperti Howard Stark, Peggy Carter, Hank Pym, dan Jarvis yang merupakan tokoh protagonis, Arnim Zola merupakan sosok Hydra yang menyamar di tubuh S.H.I.E.L.D untuk menghancurkannya dari dalam. Hal ini terungkap dalam film kedua Captain America, ketika Steve Rogers dan Black Widow menelusuri jejak penyusupan Hydra ke sebuah bunker. Cukup menarik apabila Arnim Zola dihadirkan di Endgame, karena kita bisa melihat sejauh mana ia sudah menanamkan elemen Hydra dalam organisasi S.H.I.E.L.D kala itu.

Hanya saja, Toby Jones si pemeran Arnim Zola nyatanya absen dari Avengers: Endgame. Menurut pengamatan Michileen Martin dari Looper, Zola kemungkinan besar sudah menderita gejala penyakit kronis yang membuatnya sering absen di tahun 1970. Dalam pengakuannya di Winter Soldier, Zola memang mengungkapkan bahwa ia didagnosis menderita penyakit mematikan di tahun 1972.

 

4. Korath

Korath Avengers: Endgame

Untuk mendapatkan batu kekuatan, Nebula dan War Machine berkelana ke Morag di tahun 2014. Upaya mereka cukup mudah, karena keduanya cuma perlu mengatasi Peter Quill. Namun jika Anda masih ingat dengan film pertama Guardians of the Galaxy, maka Anda akan mengerti jika ada kejanggalan dalam plot ini.

Persis seperti yang diperingatkan Nebula pada War Machine di Endgame, Quill bukanlah satu-satunya pihak yang memburu batu kekuatan di Morag. Selain Gamora dan Nebula di masa lalu, Thanos faktanya juga menugaskan Ronan dan anak buahnya untuk mendapatkan salah satu Infinity Stone tersebut.

Di film pertama Guardians of the Galaxy, Korath dan pasukan Sakaar yang merupakan anak buah Ronan datang tak lama setelah Peter Quill mendapatkan Orb yang berisikan batu kekuatan. Lantas, ke manakah mereka ketika Nebula dan War Machine kembali berkunjung ke lini masa yang sama?

Aspek ini masih menjadi misteri. Namun jika ditelaah baik-baik, Korath dan pasukannya kemungkinan besar urung bergegas ke Morag karena sudah mendapat sinyal peringatan jika Thanos sendiri yang akan ke sana.

Di film pertama Guardians of the Galaxy, Thanos memang tidak turun tangan untuk mengambil batu kekuatan di Morag. Namun, semua itu berubah di Avengers: Endgame ketika ia mengetahui bahwa Nebula dari masa depan sedang berusaha merusak rencananya untuk "menyeimbangkan alam semesta". Alih-alih duduk diam dan menunggu anak buahnya membawakan Power Stone di hadapannya, Thanos pergi sendiri ke Morag untuk menculik Nebula dari masa depan dan menginterogasinya.

 

5. Tiga Kawan Ant-Man

Kawan Ant-Man Avengers: Endgame

Masih ingat dengan tiga cecunguk yang selalu muncul sebagai sidekick di film-film Ant-Man? Meskipun mereka adalah mantan-mantan kriminal, tiga karakter ini merupakan tokoh protagonis yang selalu membantu Scott Lang mengatasi Villain di 2 film solonya.

Tidak jelas apakah Luis, Kurt, dan Dave selamat dari jentikan Thanos di Infinity War; toh Scott Lang tidak terpikir untuk mencari keberadaan mereka setelah kembali dari alam quantum. Namun dengan keberhasilan Hulk mengembalikan mereka yang telah dimusnahkan Thanos, maka ketiga tokoh ini seharusnya tak punya alasan untuk absen dari petualangan Ant-Man di Endgame.

Namun nyatanya, mereka tak juga muncul di film ini. Jawaban atas absensi mereka sebenarnya simpel saja: mengetahui betapa gawatnya situasi para superhero yang menghadapi musuh-musuh mengerikan dari luar angkasa, Luis dkk. tentu akan memilih mundur. Walaupun mereka sangat setia terhadap Scott Lang dan bersedia membantunya di hampir semua situasi, mereka selalu tahu kapan saatnya mundur setelah mengetahui jika kondisi yang mereka hadapi sudah di luar kekuatan mereka (atau jika berurusan dengan penegak hukum).

Kecenderungan mereka untuk kabur dari masalah (back it up) seperti ini bahkan sudah ditampilkan dalam suatu adegan lucu di film pertama Ant-Man. Berikut ini videonya:

Menariknya, banyak fans MCU yang menantikan kehadiran Luis hanya untuk mendengar gaya ceritanya ketika merekap seluruh kejadian Avengers: Infinity War. Bagaimanapun juga, keahlian Luis yang satu ini merupakan salah satu trademark komedi Ant-Man yang sangat efektif dan tidak dimiliki karakter MCU lainnya.

 

6. Lady Sif

Lady Sif Avengers: Endgame

Masih ingat dengan Warriors Three yang merupakan kawan seperjuangan Thor dalam berbagai pertarungan di film pertama dan keduanya? Well, satu lagi sosok tangguh yang erat kaitannya dengan tandem Thor di medan perang adalah Lady Sif. Tak cuma tangguh, Sif merupakan teman masa kecil Thor yang sering disebut-sebut sebagai pasangan sepadan baginya.

Namun demikian, Jaimie Alexander si pemeran Lady Sif tak kembali di film ketiga Thor meski pihak Marvel sudah menunggu konfirmasinya hingga detik terakhir. Menurut kabar yang beredar, Jaimie Alexander berhalangan hadir karena sudah berkomitmen dengan serial TV-nya yang bentrok jadwal dengan syuting Ragnarok.

Karena itu, meskipun Warriors Three sudah jelas terbunuh di tangan Hela, banyak fans masih berharap jika Lady Sif akan kembali dalam aksi Thor di film-film MCU berikutnya.

Namun hingga Avengers: Endgame meluncur, Jaimie Alexander tak kunjung muncul. Jikalau ia termasuk salah satu sosok yang menjadi korban jentikan Thanos, maka ia bisa hadir kembali dalam peperangan terakhir melawan Thanos. Ini akan menjadi momen yang signifikan dan masuk akal untuk kembali memasukkan karakternya dalam perspektif MCU saat ini.

Belum ada kejelasan mengenai nasib Lady Sif di dunia sinematik Marvel. Kevin Feige hanya mengindikasikan jika karakter itu memiliki petualangannya sendiri di tempat lain. Dengan kisah Thor yang saat ini berkelana dengan Guardians of the Galaxy di angkasa luar, masih ada kemungkinan bagi Lady Sif untuk kembali bertemu Thor; itu pun jika Marvel berhasil membawa kembali Jaimie Alexander ke pangkuan MCU.

 

7. Agen Coulson

Agen Coulson Avengers: Endgame

Di film pertama Avengers, kematian Agen Coulson merupakan katalis yang mendorong Iron Man, Captain Amerika, Thor, Hulk, Black Widow, dan Hawkeye untuk berkolaborasi sebagai tim dan mengalahkan Loki. Tanpa motivasi itu, Nick Fury bakal kerepotan untuk menyatukan 6 superhero dengan kepentingan berbeda itu dalam sebuah tim bernama Avengers.

Karakter Coulson kemudian dihidupkan lagi di layar kaca melalui TV Series Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D. Namun uniknya, kejadian ini tak berlaku di dunia sinematik Marvel. Artinya, Coulson di layar lebar tetap dianggap tiada. Perbedaan naratif ini banyak dikritik karena fans akan merasa kebingungan dalam mengikuti perspektif cerita Marvel.

Terlepas dari tanggapan negatif itu, Kevin Feige dkk. tetap keukeuh mempertahankan komitmen mereka untuk memisahkan konsep cerita film-film MCU dari berbagai serial TV-nya. Karena itu, wajar jika mereka tak menampilkan Coulson barang sedikitpun di Endgame, meskipun film ini mengeksplor penjelajahan waktu.


Dari ketujuh karakter di atas, manakah tokoh yang ketidakhadirannya paling disayangkan? Pilihan pribadi penulis jatuh pada Lady Sif di urutan pertama, dan Eitri di urutan kedua. Siapakah pilihan Anda?

Tag: ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi