Capai 2 Miliar USD, Avengers: Endgame Lampaui Titanic

| 2 komentar

Capai 2 Miliar USD, Avengers: Endgame Lampaui Titanic

Hanya dalam waktu hampir 2 minggu, Avengers: Endgame berhasil menorehkan catatan luar biasa dalam pendapatan globalnya. Film ini menjadi yang tercepat dalam meraih angka 2 miliar USD, dan berhasil menggeser posisi Titanic, film "sejuta umat" yang masih diakui kehebatannya hingga kini.

Sejauh ini, hanya ada 5 film yang berhasil menembus pencapaian 2 miliar USD, di antaranya adalah Avatar, Titanic, Star Wars: The Force Awakens, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame. Sebelum Endgame merangsek naik dalam jajaran ini, rata-rata waktu yang dibutuhkan sebuah film untuk mencapai 2 miliar USD adalah antara 2-3 bulan. Namun film keempat Avengers itu berhasil mencetak rekor baru dengan meraih pendapatan tersebut hanya dalam 11 hari.

Ketika berita ini ditulis pada hari Senin malam (6 Mei), Endgame bahkan sudah mengukir pendapatan global sebesar 2.188 miliar USD, mengungguli Titanic, The Force Awakens, dan Infinity War.

 

Baca juga: James Cameron Lega Dengan Pencapaian Avengers: Endgame

Mampukah Geser Avatar?

Pertanyaan yang saat ini sedang menjadi trending topic dimana-mana adalah apakah sensasi Avengers: Endgame mampu membawanya mengungguli Avatar? Film arahan James Cameron itu sudah cukup lama memuncaki gelar film terlaris sepanjang masa, setelah menggulingkan Titanic yang sebelumnya bertahta selama lebih dari satu dekade.

Bedanya, selisih pencapaian Box Office antara Avatar dan Titanic cukup jauh, yakni sekitar 600 juta USD, yang merupakan total pendapatan sangat besar bagi sebuah film. Hingga saat ini, banyak pihak masih menganggap pencapaian Avatar tak masuk akal, terutama dengan semakin banyaknya pengamat dan penikmat film yang mengaku "tersihir" oleh efek visualnya.

Tidak seperti Titanic yang masih dinilai pantas mendapatkan gelar terbaik, Avatar justru semakin kehilangan "pendukung" karena banyak penonton menyadari jika ceritanya cuma mengadopsi film-film lain yang sudah ada. Sekuel Avatar yang saat ini tengah digarap pun tak mendapat sambutan yang terlalu antusias.

Avatar

Sebagai catatan, film pertama Avatar bisa meraih total pendapatan fantastis hingga 2.78 miliar USD karena dirilis dalam format 3D (dengan tiket yang lebih mahal), dan diluncurkan sebanyak 2 kali.

Jika dibandingkan dari pendapatan akhir pekan pertama, Avatar jelas tidak ada apa-apanya dari Endgame. Avengers: Endgame mampu meraup 1.2 miliar USD, sementara Avatar hanya sekitar 240 juta USD. Namun yang membuat Avatar sukses menjadi film terlaris sepanjang masa adalah "kegigihannya" bertahan di chart Box Office, bukan hype di awal rilis yang bisa mati dengan cepat.

Apabila Avengers: Endgame bisa mempertahankan daya saingnya dalam waktu beberapa minggu ke depan, maka ada kemungkinan film ini bakal menyalip Avatar. Namun hal ini cukup sulit tercapai, mengingat Endgame akan kedatangan pesaing-pesaing yang cukup berat di beberapa minggu berikutnya, seperti Detective Pikachu, Godzilla: King of Monsters, dan Live Action Aladdin.

Akankah Endgame mampu bertahan dari "gempuran" film-film baru itu dan membuktikan diri dengan mengungguli Avatar? Kita tunggu saja kepastiannya dalam beberapa pekan ke depan.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

2 komentar untuk Capai 2 Miliar USD, Avengers: Endgame Lampaui Titanic

  • Jeffrey -

    Great article. Thanks infonya. Banyak film bagus, tapi Avengers End Game memang the best. Sepertinya mereka memang save the best for the last.

    Balas
  • Ivan B -

    Avatar still the best. Satu film tanpa embel2 prequel dan sebagainya mampu bertahan dari tahun 2009 sampai skrg. Endgame? Jangan lupa film ini adalah hasil dari rangkaian berpuluh film selama beberapa tahun. Without Iron Man dkk, apalah arti Endgame. I love them both 😀

    Balas

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi