10 Fakta Keanu Reeves Si Pemeran John Wick

| Tidak ada komentar

10 Fakta Keanu Reeves Si Pemeran John Wick

Di usianya yang sudah menginjak 54 tahun, Keanu Reeves sudah pantas disebut sebagai salah satu aktor senior Hollywood yang cukup legendaris. Meski sudah berumur, namanya masih bersinar di antara bintang film lain berkat partisipasinya dalam salah satu franchise action tersukses saat ini, yaitu John Wick. Lantas apa saja cerita menarik dari aktor yang sudah terjun ke dunia film sejak dekade '80-an ini?

1. Keturunan Beragam Etnik

Lahir pada 2 September 1964, Keanu Reeves yang saat ini berkewarganegaraan Kanada ternyata dilahirkan di Beirut, Lebanon. Walaupun ia secara umum dikenali sebagai aktor kulit putih, latar belakang nenek moyangnya terdiri dari campuran berbagai etnik yang menarik.

Dari pihak ayahnya yang merupakan warga negara AS, Keanu Reeves mewarisi darah China, suku asli Hawaii, Inggris, Irlandia, dan Portugal. Namanya yang unik terinspirasi dari salah satu pamannya dan merupakan kependekan dari "Keaweaheulu", yang berarti "angin semilir di pegunungan" dalam bahasa asli Hawaii.

 

Baca juga: 10 Aktor Dengan Gaji Termahal Sepanjang Masa

2. Dikira Hidup Abadi

Keanu Reeves Immortal

Spekulasi ini awalnya hanya menjadi bahan lelucon, tapi lama kelamaan berkembang menjadi teori konspirasi yang hingga kini masih diragukan keseriusannya. Dugaan ini pertama kali bermula dari penemuan salah seorang netizen yang mencermati lukisan Jean Paul Mounet, seorang aktor Prancis dari abad ke-19. Tak disangka, wajah aktor tersebut memiliki kemiripan hampir 100% dengan wajah Keanu Reeves di masa muda.

Selain itu, lukisan seorang pria yang tidak diketahui namanya dan hidup di tahun 1500-an juga dinilai sangat menyerupai sosok Keanu Reeves. Penemuan-penemuan ini, ditambah dengan wajah sang aktor sendiri yang relatif awet muda untuk aktor Hollywood seusianya, semakin menambah kecurigaan para penggemarnya.

Meskipun demikian, dugaan-dugaan mengenai Keanu Reeves yang telah hidup ratusan tahun sejauh ini masih dianggap sebagai guyonan dan bahan meme, karena "hidup abadi" merupakan hal yang mustahil terjadi dan belum ada bukti ilmiahnya hingga kini. Anggap saja Keanu Reeves memang memiliki wajah yang setipe dengan sosok terkenal dari ratusan tahun sebelumnya. Toh bukan hanya dia artis yang memiliki kesamaan wajah dengan figur-figur dari masa lalu.

 

3. Bercita-cita Menjadi Pemain Hoki

Tim Hoki Keanu Reeves

Saat masih duduk di bangku SMA, Keanu Reeves merupakan salah satu siswa bermasalah yang sulit beradaptasi karena penyakit dyslexia yang dideritanya. Meskipun tak bisa berprestasi di bidang akademik karena kondisi dyslexia itu, Keanu sangat berbakat di bidang olahraga. Ia secara khusus menjadi pemain hoki andalan di tim sekolahnya, sampai mendapat julukan "The Wall" karena keahliannya menghalau lawan di tiang gawang.

Kemajuan ini sempat membuatnya berambisi mengembangkan karir di olahraga hoki dan menjadi bagian dari timnas hoki Kanada. Sayang, cidera serius yang dialaminya kemudian membuat Keanu harus rela membuang impian itu jauh-jauh. Inilah yang membuat Keanu beralih menjejalahi dunia seni.

 

4. Dari Film Komedi Hingga Action Dan Sci-fi

Film-film Keanu Reeves

Keanu Reeves pertama kali menjajal kemampuan aktingnya lewat pertunjukan teater di sekolahnya. Ketertarikan lebih lanjut pada dunia ini kemudian menuntunnya untuk nekat putus dari bangku sekolah dan merantau ke Los Angeles agar bisa bekerja sebagai aktor.

Setelah muncul sebagai pemain pendukung di beberapa serial TV dan film, popularitas Keanu melesat tinggi lewat film komedi Bill And Ted's Excellent Adventure di tahun 1989, dan Parenthood di tahun 1991.

Kesuksesan berturut-turut di genre komedi tak lantas membuat Keanu Reeves nyaman di film-film bergenre serupa. Faktanya, ia terus mencari tantangan baru di berbagai genre film, termasuk drama fantasi Bram Stoker's Dracula. Usahanya ini membuahkan hasil manis tatkala film action yang dibintanginya di tahun 1994, Speed, laris manis di pasaran dan mengorbitkannya sebagai salah satu aktor laga paling menjanjikan saat itu.

Meski sempat tenggelam di akhir dekade '90-an, Keanu Reeves kemudian comeback di awal tahun 2000 dengan trilogi The Matrix, sajian sci-fi fenomenal yang hingga kini masih diagungkan sebagai salah satu film legendaris dalam hal efek visual. Kesuksesan The Matrix ini pun semakin menancapkan pamor Keanu Reeves sebagai aktor Blockbuster papan atas.

 

5. Pernah Jadi Anak Band

Keanu Reeves sebagai anak band

Di sela-sela kesibukannya merintis karir akting di awal '90-an, Keanu Reeves ternyata pernah membentuk band bernama Dogstar yang beraliran musik folk. Dipasang sebagai basis sekaligus backing vocal, Keanu Reeves mengaku cukup menikmati masa-masanya menjadi anak band.

Grup musik tersebut cukup serius untuk seukuran band yang dibentuk sebagai ide coba-coba oleh Reeves dan rekan sesama aktornya, Robert Mailhouse. Saking seriusnya, mereka pernah merilis dua album di tahun 1996 dan 1999. Band Keanu Reeves bahkan sempat dipercaya menjadi pembuka konser Bon Jovi di Australia. Sayangnya, kesibukan Keanu Reeves sebagai aktor membuatnya tak bisa berkomitmen 100% pada Dogstar, sehingga band ini pun akhirnya bubar dengan sendirinya.

 

6. Menginspirasi Gerakan "Keanu Code"

Keanu Code

Entah kebetulan atau tidak, film-film populer Keanu Reeves hampir selalu mengisahkan keberadaan realita lain yang berjalan seiring dengan realita kita. Sebut saja The Matrix, The Devil's Advocate, Constantine, dan Bill And Ted's Excellent Adventure sebagai contohnya.

Fakta ini kemudian menginspirasi seorang pria bernama Bo G untuk menciptakan filosofi bernama "No-Way Neo-Duddhism". Teori di balik filosofi itu sendiri disarikan dari analisa yang menarik hubungan paralel antara film-film Keanu Reeves, terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan simbol-simbol keagamaan. Menurut Bo G, pesan-pesan di film itu mengindikasikan bahwa selalu ada sisi yang tak terlihat di balik realita kita.

 

7. Masih Melajang Setelah Didera Tragedi

Keanu Reeves Single

Ketika rekan-rekan sesama aktornya sudah berumah tangga atau mungkin mengalami beberapa perceraian, Keanu Reeves justru belum pernah menikah hingga kini. Satu-satunya sosok wanita yang pernah menjalin hubungan serius dengannya secara terbuka adalah Jennifer Syme, seorang aktris yang juga pernah bekerja sebagai asisten pribadinya.

Namun, hubungan itu berakhir dengan dua tragedi kematian. Pertama, bayi perempuan yang sudah lama dinanti-nantikan oleh Keanu Reeves dan Jennifer Syme terlahir dalam keadaan tak bernyawa di tahun 2000. Kedua, hanya 15 bulan setelah kematian sang putri, Jennifer mengalami kecelakaan fatal yang membuatnya tewas seketika. Beberapa bulan sebelum insiden tersebut, Jennifer dan Keanu sudah putus hubungan karena rasa duka mendalam dari kematian bayi mereka.

Dua kejadian tragis dalam waktu berdekatan itu sempat membuat Keanu Reeves menarik diri dari teman-teman dan keluarganya. Padahal, saat itu ia sedang disibukkan dengan syuting beruntun untuk trilogi The Matrix.

 

8. Pernah Menerbitkan Buku Kumpulan Puisi

Buku Keanu Reeves

Tak cukup berkarir sebagai aktor dan personel band, Keanu Reeves ternyata juga sempat menjadi penulis. Buku yang diterbitkannya merupakan kumpulan puisi berjudul Ode to Happiness. Lucunya, puisi-puisi tersebut adalah guyonan yang dibuatnya ketika mendengarkan lagu-lagu sedih di rumahnya.

Bersama kawannya Janey Bergam, Keanu kemudian mengoleksi puisi-puisi tersebut dan menerbitkannya sebagai buku, dibantu oleh ilustrator Alexandra Grant, dan penerbit buku Gerhard Staidl asal Jerman. Keberadaan buku ini semakin melengkapi image Keanu Reeves yang dianggap selalu "bertampang sedih". Pasalnya, beberapa waktu sebelum penerbitan buku Ode to Happiness, sebuah foto dirinya yang terlihat sedih dan makan sandwich sendirian di pinggir pantai menjadi viral.

 

9. Rela Dipotong Gaji Di 3 Film

Gaji Keanu Reeves

Tidak hanya berpartisipasi di film-film sukses, Keanu Reeves juga ternyata dikenal tak segan berbagi dengan rekan-rekan seprofesinya. Saat membintangi The Devil's Advocate, ia merelakan penurunan gaji hingga 1 juta Dolar AS untuk memungkinkan Al Pacino ikut berperan di film tersebut.

Lalu pada tahun 2000, upahnya sampai dipotong 90% karena ia ingin memberikan kesempatan pada Gene Hackman untuk berpartisipasi bersamanya di film The Replacements. Bahkan ketika berlaga di film The Matrix sekalipun, Keanu Reeves masih menyisihkan pendapatannya (kali ini dari bonus penjualan tiket yang dikabarkan mencapai 38 juta Dolar AS) agar para produser bisa memiliki budget lebih untuk menampilkan efek visual yang lebih baik di dua film berikutnya.

 

10. Salah Satu Aktor Bergaji Termahal

Keanu Reeves aktor termahal

Walaupun sudah berkali-kali merelakan pemotongan gajinya, Keanu Reeves masih menerima bayaran yang fantastis untuk The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions. Menurut standar Hollywood, gaji antara 20 juta hingga 30 juta Dolar AS sudah cukup untuk menobatkan seorang aktor dengan bayaran tinggi. Ketika membintangi trilogi The Matrix, bayaran Keanu Reeves per film adalah 30 juta Dolar AS, dan itupun belum ditambah dengan bonus Box Office untuk film kedua dan ketiga.

Jika ditotal, maka keseluruhan gaji Keanu Reeves dari franchise The Matrix adalah 156 juta Dolar AS; jumlah yang sangat fantastis untuk seukuran gaji seorang aktor di awal tahun 2000-an. Ia bahkan berhasil mengalahkan Bruce Willis yang menerima 100 juta Dolar AS dari The Sixth Sense, Tom Cruise (Mission: Impossible 2 dan War of the Worlds), Will Smith (Men in Black 3), dan Sandra Bullock (Gravity).

 


Selain fakta-fakta di atas, satu hal lagi yang menarik dari Keanu Reeves adalah: ia tidak hanya muncul di John Wick Chapter 3, tapi juga berpartisipasi dalam dua film blockbuster lainnya di tahun 2019. Tak tanggung-tanggung, kedua film tersebut adalah Toy Story 4 dan Hobbs and Shaw, dua sinema musim panas yang sama-sama banyak diantisipasi secara global. Karena itu, tak heran jika Keanu Reeves akan menjadi salah satu aktor yang paling bersinar di tahun 2019.

Tag: , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi