Liu Yifei Dukung Polisi Hong Kong, Mulan Terancam Diboikot

| Tidak ada komentar

Liu Yifei Dukung Polisi Hong Kong, Mulan Terancam Diboikot

Aktris pemeran Mulan versi Live Action, Liu Yifei, baru-baru ini memicu kontroversi yang membuat para netizen menggalang aksi boikot terhadap filmnya. Masalah itu tak lepas dari aksi protes di Hong Kong yang saat ini sedang menjadi pemberitaan hangat di berbagai media dunia.

Kemarahan netizen bermula dari unggahan Liu Yifei di platform sosmed China, Weibo, yang berbunyi:

"I support the Hong Kong police. You can hit me too.”

Pernyataan yang menunjukkan keberpihakannya pada polisi Hong Kong dan menentang aksi demonstran itu disambut hujatan, lantaran warga Hong Kong saat ini sedang memperjuangkan kebebasan mereka dari opresi China.

Baca juga: James Cameron Lega Dengan Pencapaian Avengers: Endgame

Netizen dari berbagai negara di dunia lebih bersimpati dengan para demonstran, karena mereka dianggap memperjuangkan demokrasi tanpa kenal lelah, sekalipun telah berulang kali mendapat perlakuan brutal dari aparat kepolisian Hong Kong. Sebaliknya, China dan para pendukungnya saat ini sedang ramai dicap sebagai musuh publik dan kaum penindas.

Itulah mengapa, Liu Yifei yang tak segan menunjukkan dukungannya terhadap polisi Hong Kong (dan secara tak langsung pemerintah China), membuat netizen tak lagi bersemangat menantikan Live Action Mulan. Mereka pun mentredingkan tagar #boycottmulan di berbagai media sosial populer seperti Twitter dan Instagram.

Sejauh ini, gerakan boikot masih berlangsung dalam hitungan hari dan terbatas di internet saja, sehingga dampaknya belum dirasakan secara meluas. Namun apabila determinasi netizen untuk memboikot Mulan cukup tinggi, maka gerakan ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama untuk membuat eksekutif Disney merasa was-was. Bagaimanapun juga, Mulan adalah salah satu film Live Action yang mereka garap dengan maksimal dan dibebani dengan ekspektasi tinggi.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari pihak Liu Yifei untuk mengklarifikasi unggahannya yang memantik kontroversi. Beberapa fans yang masih berpihak pada aktris berkebangsaan China-AS ini berdalih bahwa Liu Yifei bisa saja terpaksa menunjukkan dukungannya, untuk menghindari sanksi dari pemerintah China yang dapat dikenakan pada keluarganya di sana.

Apapun itu, yang jelas Liu Yifei bukanlah satu-satunya artis yang terang-terangan mendukung posisi China. Aktor legendaris Jackie Chan yang dulunya menumbuhkan karir di Hong Kong juga mendapat sorotan karena pilihannya untuk berpihak pada pemerintah China. Di sisi lain, aktor lain yang tak kalah legendaris, Chow Yun-fat, justru mendapat apresiasi dari berbagai kalangan karena berani mengukuhkan dukungannya pada rakyat Hong Kong.

Tag: , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi