James Cameron Lega Dengan Pencapaian Avengers: Endgame

| Tidak ada komentar

James Cameron Lega Dengan Pencapaian Avengers: Endgame

Alih-alih melontarkan pendapat miring tentang Avengers: Endgame yang berhasil merebut takhta film besutannya, James Cameron justru mengaku lega dengan pencapaian film superhero Marvel tersebut. Bagaimana bisa?

Dalam wawancaranya bersama media Deadline akhir-akhir ini, sutradara James Cameron mengungkapkan bahwa kesuksesan Avengers: Endgame yang menyingkirkan Avatar dari posisi pertama film terlaris sepanjang masa sama sekali tak membuatnya gusar. Ia malah senang karena hal ini menandakan antusiasme para penonton bioskop yang masih tinggi.

"(Kesuksesan Avengers: Endgame) ini memberi harapan bagi saya. Film itu merupakan bukti nyata bahwa orang-orang masih suka pergi ke bioskop. Hal yang paling membuat saya paling khawatir saat membesut Avatar 2 dan Avatar 3 adalah pergeseran selera pasar yang menurunkan minat para penonton untuk pergi ke bioskop," ujar James Cameron.

James kemungkinan besar merujuk pada popularitas Netflix yang meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Jaringan streaming itu bahkan bisa membuat film-film originalnya sendiri yang mampu bersaing, baik secara kualitas maupun kuantitas dengan film-film yang beredar di bioskop. Kemudahan dan biaya murah menikmati layanan Netflix juga telah banyak membuat orang-orang enggan menonton film di bioskop. Ditambah lagi, kini telah muncul jaringan-jaringan lain serupa Netflix yang ikut meramaikan pasar seperti Hulu dan Disney+.

Baca juga: Robert Downey Jr. Tolak Promosi Oscar Dari Disney

Dengan keberhasilan Avengers: Endgame meraup pendapatan fenomenal hingga berhasil mengungguli Avatar, maka jelas jika minat penonton untuk berdatangan di bioskop masih terus tumbuh. Namun apakah ini akan menjadi hal positif juga bagi Avatar 2 dan 3?

Ditanya mengenai hal itu, James Cameron hanya menjawab bahwa ia berusaha sebaik mungkin untuk mencapainya. Meski hasilnya belum jelas, tapi ia tetap senang karena performa Box Office yang memuaskan masih menjadi hal yang memungkinkan, terutama di tengah ramainya penggunaan jaringan streaming seperti Netflix dkk.

Prospek Avatar 2

Menurut Andrew Marshall dari Screen Rant, prospek Avatar 2 untuk menyamai atau bahkan mendekati rekor Avengers: Endgame relatif kecil. Hal itu karena penyebab kesuksesan Endgame sendiri berasal dari tingginya antisipasi banyak fans yang sudah terpupuk sejak puluhan film sebelumnya, sementara Avatar 2 hanya akan menjadi kelanjutan dari film Blockbuster yang sudah tayang hampir satu dekade lamanya.

Ditambah lagi, keberhasilan pendahulu Avatar 2 kala itu lebih didukung oleh faktor teknis seperti trend penayangan 3D yang memang lebih mahal.

Terlepas dari prediksi tersebut, satu hal yang sudah jelas adalah Disney akan menjadi pihak paling diuntungkan. Setelah akuisisnya terhadap Fox, studio itu kini memiliki hak distribusi untuk franchise Avatar dan Titanic. Jadi bisa dikatakan, semua penghuni posisi 5 teratas dalam daftar film terlaris sepanjang masa (yang terdiri dari Endgame, Avatar, Titanic, Star Wars Episode VII, dan Infinity War) adalah milik Disney.

Tag: , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi