10 Misteri Dalam Film Terkenal Yang Belum Terpecahkan

| Tidak ada komentar

10 Misteri Dalam Film Terkenal Yang Belum Terpecahkan

Tidak semua film memiliki ending yang sedih ataupun bahagia. Ada kalanya, sebuah film justru berakhir dengan misteri yang belum terselesaikan jawabannya. Disadari atau tidak, 10 film terkenal ini memiliki misteri yang belum terpecahkan dan hingga kini masih jadi bahan perdebatan di kalangan media dan penggemar film.

 

1. Apa Isi Koper Dalam Pulp Fiction?

Misteri film Pulp Fiction

Dikisahkan sebagai sesuatu yang berharga, wujud nyata dari isi koper yang dipermasalahkan tidak pernah muncul bahkan hingga di akhir film Pulp Fiction. Sang sutradara, Quentin Tarantino, mengaku sengaja tidak mendefinisikan benda dalam koper itu, karena hanya ingin menggunakannya sebagai plot device.

Tadinya, berlian dipilih untuk menjadi isi koper tersebut. Namun karena terlalu umum, Tarantino pun menggantinya dengan benda berkilau yang tak ternilai harganya, tapi tak terlihat seperti apa bentuknya.

Baca juga: 7 Spin-Off Yang Lebih Baik Dari Film Utamanya

Keberhasilan Pulp Fiction yang luar biasa membuatnya dikenal oleh banyak kalangan, sehingga tak sedikit yang berusaha memecahkan misteri isi koper tersebut. Ada yang mengiranya sebagai substansi jiwa seorang gangster, bahkan sampai ada yang meyakini isi koper tersebut sebagai kostum panggung Elvis Priesley.

 

2. Apakah Cobb Masih Di Alam Mimpi Ketika Inception Berakhir?

Ada begitu banyak hal yang menarik untuk dibicarakan dari film garapan Christopher Nolan ini, tapi yang sampai kini masih kencang diperdebatkan adalah "benda pegangan" Cobb (Leonardo DiCaprio) yang terus berputar di ending film.

Jika Anda masih ingat dengan detail film Inception, benda pegangan ini adalah yang selalu dibawa oleh Cobb dkk. untuk memberikan indikasi, apakah mereka berada di alam nyata atau masih terjebak di dunia mimpi. Dalam kasus Cobb, benda itu akan terus berputar jika ia masih di dunia mimpi, dan secara realistis berhenti berputar saat ia berada di alam nyata.

Faktanya, Inception bisa dibilang memiliki happy ending yang memuaskan sampai Audience sampai pada adegan dimana Cobb memutar benda pegangannya itu. Belum sampai penonton melihatnya berhenti berputar, perhatian Cobb sudah teralihkan oleh kebahagiannya saat bertemu anak-anaknya, dan di momen itulah Inception benar-benar berakhir.

Hal ini terang saja "mengacaukan" dugaan happy ending yang sebelumnya dimiliki penonton, karena jika Cobb masih terjebak di dunia mimpi, maka misi yang dijalankannya tentu tak berhasil. Berbagai analisa pun dilakukan oleh fans, jurnalis film, hingga pengamat yang menelisik putaran benda pegangan Cobb itu.

Christopher Nolan sendiri tak mau mengkonfirmasi teori apapun, karena menurutnya, keberadaan Cobb di dunia mimpi ataupun di alam nyata sama sekali tak penting dan bukan menjadi tujuan akhir dari film besutannya.

 

3. Apa isi Paket FedEx Dalam Cast Away?

Misteri film Cast Away

Di film ini, Tom Hanks berperan sebagai Chuck Noland yang menjadi satu-satunya korban hidup dalam sebuah kecelakaan pesawat. Ia pun akhirnya terdampar di pulau terpencil dan harus mengandalkan insting alaminya untuk bertahan hidup. Menjadi manusia yang terasingkan secara tiba-tiba membuat Noland menghadapi ujian berat yang tak terperikan.

Namun, ia mendapat bantuan tak terduga saat beberapa kotak paket FedEx ikut terdampar bersamanya di pulau terpencil itu. Noland pun memanfaatkan isi paket tersebut untuk membantunya bertahan hidup, tapi ia meninggalkan satu kotak tak terbuka. Alasannya, ia bertekad untuk mengantarkan paket tersebut pada penerimanya jika ia berhasil keluar dari pulau tersebut dengan selamat.

Meskipun Noland pada akhirnya berhasil memenuhi "nazar" tersebut setelah terselamatkan, tidak ada adegan yang memperlihatkan si penerima membuka kotak paket tersebut.

Menariknya, Robert Zemeckis sang sutradara Cast Away pernah mengindikasikan bahwa paket itu kemungkinan berisi telepon satelit. Jika benar, maka ini akan menjadi suatu hal yang ironis karena Noland tentunya bisa menggunakan alat tersebut untuk keluar lebih cepat dari pula tempatnya terdampar.

 

4. Ada Kisah Apa Di Balik Luka Joker Di The Dark Knight?

Misteri Joker

Joker dalam film The Dark Knight dipuji-puji sebagai penggambaran yang begitu mengesankan, sehingga tak heran bila aktor pemerannya kemudian diganjar Piala Oscar. Ia menggunakan begitu banyak instrumen dan cara untuk menyebarkan terornya.

Salah satu hal yang paling membuat korban-korbannya terpikat sekaligus merasa ngeri adalah ketika ia bercerita mengenai asal-usul luka permanen di wajahnya, yang membuat ia seolah terus tersenyum seperti badut.

Kisah itu tak ia ceritakan sekali dua kali, tapi berkali-kali. Dan di setiap cerita itu, narasinya selalu berbeda, motivasinya pun berubah, karakter-karakter dalam ceritanya tak pernah sama.

Audience pun banyak menduga jika ia hanya mengarang cerita-cerita itu untuk menakuti korbannya. Namun demikian, tak sedikit juga yang percaya bila Joker mengungkapkan fakta di salah satu versi ceritanya itu. Yang manakah? Inilah yang masih jadi pertanyaan menggelitik di kalangan penggemar trilogi The Dark Knight.

Seperti halnya ketika ia ditanya mengenai ending Inception, Christopher Nolan tak pernah mengkonfirmasi teori-teori fans akan misteri luka Joker ini.

 

5. Bagaimana Nasib Jack Di The Shining?

Misteri film The Shining

Film horor yang diadaptasi dari novel Stephen King ini menampilkan Jack Torrance (Jack Nicholson), seorang penulis novel yang perlahan-lahan kehilangan akal dan berniat menghabisi anak istrinya di sebuah hotel terpencil.

Ada begitu banyak misteri yang masih menghantui benak para penggemar film dari karya besutan Stanley Kubrick ini, salah satunya adalah nasib Jack di akhir film.

Ia berakhir kedinginan di luar hotel setelah anak istrinya berhasil kabur, sehingga banyak yang memprediksi bahwa riwayat Jack tuntas sampai di situ. Namun, ada juga yang menduga jika ia masih "bergentayangan" di hotel itu. Sebuah foto jadul yang ditunjukkan di akhir film juga memicu kepercayaan bahwa Jack adalah reinkarnasi atau bahkan sebenarnya "hantu masa lalu" dari hotel yang dihuninya saat itu.

Untungnya, ending yang masih mengganjal itu kemungkinan besar bisa terjawab dalam Doctor Sleep, film sekuel yang baru akan dirilis pada tahun 2019.

 

6. Apa Yang Dibisikkan Bob Di Lost In Translation?

Misteri film Lost in Translation

Film drama arahan Sofia Coppola ini merupakan salah satu tontonan yang ikonik karena dialog-dialognya. Ironisnya, Lost in Translation juga terkenal karena dialog tak terdengar yang sampai saat ini masih memantik rasa penasaran penonton.

Dalam adegan tersebut, Bob Harris (Bill Murray) si bintang film yang popularitasnya mulai memudar membisikkan kata-kata misterius terhadap Charlotte (Scarlett Johansson), gadis muda yang menjalin hubungan rumit dengannya di tengah keramaian jalanan ibukota Tokyo. Meski tak terdengar, kata-kata itu begitu powerful sehingga membuat Charlotte tersentuh dan membuat keduanya berciuman di akhir film.

Hingga saat ini, banyak penggemar film berupaya mencari tahu apa yang dibisikkan oleh Bob dengan menggunakan berbagai aplikasi canggih untuk memperkeras suaranya. Namun tetap saja, tidak ada yang benar-benar tahu dan memastikan apa kata-kata itu, sehingga hal ini masih menjadi salah satu misteri paling populer dalam film yang belum terpecahkan sampai sekarang.

 

7. Apa Penyebab Kemandulan Global Di Children of Men?

Misteri film Children of Men

Dibanding film-film post-apocalyptic masa kini yang lebih menekankan pada kisah petualangan para remaja dan segala romansanya, Children of Men boleh jadi jauh lebih serius dan berbobot dari berbagai sisi.

Film besutan Alfonso Cuaron ini mengisahkan umat manusia yang harus menghadapi kepunahannya setelah semua wanita di muka bumi tak bisa menghasilkan keturunan selama 20 tahun. Harapan tiba-tiba muncul saat seorang wanita pengungsi dikabarkan hamil. Namun, konflik kepentingan yang begitu pelik membuat keselamatan si wanita menjadi fokus yang menjadi katalis cerita di sepanjang film.

Walaupun film ini mengisahkan seluk-beluk upaya penyelamatan si wanita dengan cukup detail, sama sekali tak ada narasi yang menjelaskan mengapa dunia dilanda kemandulan 20 tahun yang lalu. Alfonso Cuaron sendiri memang sangat tidak suka dengan penceritaan yang terlalu menitikberatkan eksposisi, sementara penulis novel yang menjadi sumber adaptasi film ini, P.D. James, juga tidak membeberkan penjelasan mengenai misteri tersebut.

 

8. Siapa Yang Menghamili Madolyn Di The Departed?

Misteri film Departed

The Departed merupakan remake dari film Hong Kong yang tak kalah populer, yakni Infernal Affairs. Aksi kucing-kucingan dalam film ini sebagian besar melibatkan dua tokoh yang diperankan dengan brilian oleh Leonardo DiCaprio dan Matt Damon.

Sayangnya, masih ada misteri tersisa dari ending yang memuaskan di The Departed, yakni identitas ayah dari bayi yang dikandung oleh Madolyn, tokoh protagonis wanita yang berhubungan dengan karakter Leonardo DiCaprio dan Matt Damon.

Namun karena film ini dipenuhi dengan begitu banyak teka-teki terkait aksi kriminal yang dijalankan oleh mafia Boston, detail ini kurang terlalu diperhatikan dalam kajian-kajian mengenai The Departed.

Sekalipun begitu, penggemar film yang antusias dengan berbagai komponen kecil dalam film masih mempertanyakan jawaban dari misteri tak terpecahkan ini, mengingat kehamilan Madolyn adalah salah satu bagian plot yang membuat moralitas dalam film ini semakin kompleks.

 

9. Siapa Nama "Si Pria" Dalam Trilogi The Dollars?

Misteri the man with no name

Seri lawas ini merupakan salah satu karya paling ikonik dari Clint Eastwood, dimana ia memerankan tokoh berjuluk "The Man with no Name". Tentu saja, julukan yang berarti pria tanpa nama itu membuatnya sebagai sosok misterius di kalangan pemburu buronan lainnya.

Ia sempat mendapat berbagai julukan lain di film pertama, kedua, dan ketiga, tapi semua itu tetap tak menjelaskan siapa nama asli si pria misterius, dan mengapa ia memilih merahasiakan namanya.

 

10. Mengapa Budd Dan Bill Berseteru Di Kill Bill: Volume 2?

Misteri film Kill Bill

Christopher Nolan bukanlah satu-satunya sutradara yang filmnya muncul lebih sekali dalam daftar ini. Selain Pulp Fiction, Kill Bill: Volume 2 nyatanya menjadi film Quentin Tarantino lainnya yang masih menyisakan misteri.

Dilansir dari Screen Rant, konflik antara Bill si tokoh antagonis utama dan saudaranya Budd tidak pernah dijelaskan asal-usulnya. Pertengkaran ini bahkan sampai membuat Budd mengkhianati Deadly Viper Assassination, skuad pembunuh sadis nan profesional yang diketuai Bill.

Ada yang menduga bila aksi kejam Bill terhadap The Bride membuat Budd dihantui rasa bersalah, tapi ada pula yang mengira jika konflik Budd dan Bill berawal dari hal yang sama sekali tak ada hubungannya dengan kisah The Bride.

 


Demikianlah daftar 10 misteri dalam film yang belum terpecahkan hingga kini. Jika Anda memiliki detail lain dalam film yang masih membuat Anda penasaran, jangan ragu untuk mendiskusikannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tag: , , , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi