Robert Downey Jr. Tolak Promosi Oscar Dari Disney

| Tidak ada komentar

Robert Downey Jr. Tolak Promosi Oscar Dari Disney

Performa Robert Downey Jr. yang ciamik dan bikin baper di Avengers: Endgame ternyata tidak membuat sang aktor bersemangat mengikuti ajang penghargaan bergengsi tahun ini. Padahal, sejumlah pihak sempat meyakini jika Disney akan menjagokan aktor tersebut untuk memperebutkan nominasi Best Actor di Academy Awards.

Dalam kampanye "For Your Consideration" dari Avengers: Endgame yang sudah diajukan Disney, hanya ada Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan segudang nominasi teknikal lain yang disebutkan. Tidak ada nama Robert Downey Jr. di kategori Best Actor. Media sempat berasumsi bahwa Disney tidak cukup yakin untuk mengusung sang aktor, tapi spekulasi itu ternyata tidak benar.

Berbicara dalam sesi interview di acara The Howard Stern Show, Robert Downey Jr. mengakui bahwa ia sendirilah yang tidak ingin maju dalam promosi Oscar tersebut.

"Saya senang Anda menanyakannya karena memang sudah ada beberapa rumor terkait ini… saya menolaknya karena di luar dugaan Anda, saya sebenarnya biasa saja. Saya mendengarkan beragam opini dan setuju dengan sebagian besar di antaranya. Terkadang, ada persembahan khusus yang membuat saya merasa 'wah, bukan begitu menurut saya, tapi saya menghargai jika Anda melihatnya demikian'."

Baca juga: Naskah Star Wars Episode IX Nyaris Bocor, John Boyega Akui Lalai

Sayangnya, pernyataan tersebut tidak dibarengi dengan alasan jelas mengapa ia tidak bersedia ikut dalam kompetisi perebutan tempat di nominasi Oscar tahun ini. Aktor berjuluk "The Godfather of MCU" ini disinyalir ingin bersikap realistis dan menyadari jika peluangnya masuk di kategori Best Actor sangatlah kecil.

Biasanya, nominator final yang dipertimbangkan dalam acara-acara penghargaan sekelas Oscar memang lebih banyak berasal dari film indie dan drama, ketimbang tontonan Blockbuster seperti Avengers: Endgame.

Meskipun demikian, studio film seperti Disney dan Warner Bros. selalu memasukkan film-film superhero andalan masing-masing dalam promosi Oscar mereka. Ketika Wonder Woman mendapat respon positif, Warner Bros. juga mengajukannya untuk mengisi persaingan di berbagai kategori penting seperti Best Picture dan Best Actress bagi Gal Gadot.

Walaupun peluang film-film superhero untuk berjaya di Oscar lumayan kecil, ada beberapa contoh dimana genre ini berhasil menembus paradigma dan sukses nangkring di nominasi bergengsi. Sebut saja Logan dan Black Panther sebagai contohnya.

Black Panther bahkan berhasil menyabet 3 piala Oscar meski dari kategori sekunder seperti Best Original Score, Best Production Design, dan Best Costume Design. Suicide Squad juga memenangkan penghargaan untuk Best Makeup and Hairstyling.

Melihat histori tersebut, cukup aman untuk memprediksikan bahwa Avengers: Endgame memiliki kans terbesar di kategori-kategori teknis seperti Best Visual Effect, Best Sound Editing, dan semacamnya. Apabila Endgame sukses melesak ke kategori utama seperti Best Director dan Best Adapted Screenplay, maka ini tentu akan menjadi pencapaian tak terduga yang semakin melengkapi raihan manisnya di Box Office.

Tag: , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi