10 Film Horor Komedi Terbaik Untuk Meramaikan Halloween

| Tidak ada komentar

10 Film Horor Komedi Terbaik Untuk Meramaikan Halloween

Bosan dengan tontonan horor yang seram dan sering mengagetkan? 10 film ini membuktikan bahwa kisah mistis ataupun teror monster yang biasanya bikin tegang bisa berbaur sempurna dengan unsur komedi, sehingga sukses menyajikan tontonan yang ngeri-ngeri konyol. Ingin tahu?

10. ParaNorman

  • Tahun rilis: 2012
  • Sutradara: Sam Fell dan Chris Butler
  • Pemeran: Kodi Smit-McPhee, Tucker Albrizzi, Anna Kendrick, dan Casey Affleck
  • Box Office: 107.1 juta Dolar AS

Sinopsis:

Norman adalah seorang anak indigo yang bisa berkomunikasi dengan para arwah. Kemampuan ini membuatnya merasa dikucilkan oleh teman-teman dan keluarganya. Namun ketika ia menjadi satu-satunya sosok yang mampu mengakhiri kutukan penyihir di kota tempat tinggalnya, ia bisa melakukan segala cara.

ParaNorman merupakan film animasi stop-motion yang ramah keluarga. Sebagai salah satu kandidat pemenang Best Animated Feature di Piala Oscar, kualitas film ini tentu sudah diakui. Anthony Fertino dari Screenrant menilai ParaNorman sebagai tontonan yang sebenarnya memiliki tema serius, tapi "dibungkus" dengan visual menarik dan penceritaan yang berkesan. Unsur-unsur arwah, zombie, dan penyihir yang dibawakannya merupakan ramuan tepat untuk meramaikan Halloween.

Baca juga: 15 Film Terbaik Dekade Ini Yang Lolos Dari Radar Oscar

9. The Frighteners

  • Tahun rilis: 1996
  • Sutradara: Peter Jackson
  • Pemeran: Michael J. Fox, Trini Alvarado, Peter Dobson, John Astin, dan Dee Wallace Stone
  • Box Office: 29.3 juta Dolar AS

Sinopsis:

Setelah kematian tragis istrinya, Frank Bannister tiba-tiba memiliki kemampuan untuk melihat, mendengar, dan berkomunikasi dengan hantu penasaran. Awalnya, ia memanfaatkan keahlian baru ini untuk mengeruk keuntungan sebagai pemburu hantu jadi-jadian. Namun setelah kemunculan arwah seorang pembunuh berantai yang bisa menjadi ancaman bagi orang-orang sekitar, Frank pun mulai berupaya serius untuk mengatasi gangguan tersebut.

Siapa sangka jika sutradara sekelas Peter Jackson yang pernah mengarahkan trilogi sekelas The Lord of the Rings, ternyata pernah membesut film horor komedi berbudget rendah? Ya, The Frighteners inilah buktinya. Dengan Michael J. Fox (bintang Back to the Future) di posisi pemain utama, film ini anehnya kurang mendapat sorotan. Oleh karenanya, wajar jika The Frighteners menjadi tontonan underrated yang layak dipertimbangkan untuk mengisi daftar film ideal di malam Halloween.

8. The Cabin in the Woods

  • Tahun rilis: 2012
  • Sutradara: Drew Goddard
  • Pemeran: Kristen Connolly, Chris Hemsworth, Anna Hutchison, Fran Kranz, Jesse Williams, Richard Jenkins, dan Bradley Whitford
  • Box Office: 66.5 juta Dolar AS

Sinopsis:

Sekelompok mahasiswa berlibur di sebuah kabin terpencil. Alih-alih mendapatkan ketenangan, mereka justru diteror oleh berbagai makhluk mistis, mulai dari hantu hingga zombie yang mengincar nyawa mereka. Setelah diselidiki, kabin tersebut ternyata dikontrol oleh sebuah institusi misterius yang berniat menjadikan mereka sebagai tumbal.

Tidak jelas apakah film ini merupakan apresiasi atau justru sindiran untuk genre horor klise. Apapun itu, Joss Whedon yang menjadi produser sekaligus penulis The Cabin in the Woods sukses menghadirkan film horor menarik yang tidak hanya mengedepankan komedi, tapi juga aspek survival yang cukup berliku-liku dengan beragam plot twist-nya.

7. The Lost Boys

  • Tahun rilis: 1987
  • Sutradara: Joel Schumacher
  • Pemeran: Corey Haim, Jason Patric, Kiefer Sutherland, Jami Gertz, Corey Feldman, Dianne Wiest, Edward Herrmann, dan Alex Winter
  • Box Office: 32.2 juta Dolar AS

Sinopsis:

Michael dan Sam adalah dua bersaudara yang baru saja pindah ke sebuah kota kecil bernama Santa Carla. Kehidupan baru mereka ternyata tidak seindah harapan, manakala terungkap bahwa kota tersebut diselimuti oleh berbagai kasus orang hilang.

Michael yang tertarik dengan salah seorang gadis di kota tersebut kemudian mengetahui bahwa geng motor di Santa Carla adalah para vampir yang haus darah. Mampukah mereka berjibaku melawan para berandalan sekaligus vampir tersebut?

Film lawas ini sebenarnya lebih berbalut action romantis ketimbang horor komedi. Namun karena aspek misterius yang terlihat di separuh film dan bumbu komedi yang bertebaran di sana-sini, The Lost Boys cukup layak untuk diperhitungkan sebagai salah satu film horor komedi terbaik. Apalagi, tema nostalgia di era 1980-an saat ini tengah menjadi trend, terutama setelah kemunculan serial TV Stranger Things.

6. Ghostbusters

  • Tahun rilis: 1984
  • Sutradara: Ivan Reitman
  • Pemeran: Bill Murray, Dan Aykroyd, Sigourney Weaver, Harold Ramis, dan Rick Moranis
  • Box Office: 295.7 juta Dolar AS

Sinopsis:

Kisah film ini bermula dari 3 ilmuwan yang sama-sama tertarik dengan hal-hal berbau supranatural. Setelah dipecat dari universitas tempat mereka bekerja, ketiganya malah memutuskan untuk menjadi "investigator paranormal" secara full time. Bersama dengan satu anggota baru yang tak kalah kocaknya, mereka pun beraksi sebagai "Ghostbusters" untuk mengatasi gangguan hantu yang dialami warga New York.

Siapa yang tak kenal Ghostbusters? Film klasik ini merupakan salah satu tontonan horor komedi paling laris sepanjang masa. Dengan tambahan jalinan cerita dan efek visual yang meyakinkan pada masanya, film pertama Ghostbusters sukses melahirkan sekuel, remake, seri animasi, dan film lanjutan yang masih dinantikan kehadirannya di tahun 2019. Jelas, tak perlu banyak kata untuk menjelaskan betapa legendarisnya film ini.

5. Trick 'r Treat

  • Tahun rilis: 2007
  • Sutradara: Michael Dougherty
  • Pemeran: Dylan Baker, Rochelle Aytes, Anna Paquin, dan Brian Cox
  • Box Office: -

Sinopsis:

Sam, seorang anak misterius dan bertopeng selalu hadir ketika terjadi pembantaian terhadap orang-orang yang berusaha "merusak kebiasaan" di malam Halloween. Insiden-insiden itu terkoneksi dalam 4 cerita non-linear dengan tokoh berbeda tapi saling berhubungan. Mulai dari munculnya para roh penasaran yang ingin membalas dendam hingga Werewolf, misteri apa yang sebenarnya meliputi malam Halloween di kota kecil Warren Valley?

Trick 'r Treat kental dengan mitos dan formula umum yang biasanya terdapat dalam film horor kebanyakan. Meski demikian, film ini sukses merangkumnya dalam sajian horor komedi yang terus memancing rasa penasaran hingga di akhir cerita.

Trick 'r Treat tidak dirilis secara resmi di bioskop-bioskop, melainkan hanya terbatas di sejumlah festival film. Meski demikian, hal itu tak menghalangi popularitas film ini di kalangan penggemar film horor yang bisa menikmatinya melalui DVD/Blu-ray. Tak jauh dari respon kritikus yang positif, sambutan penonton terhadap Trick 'r Treat pun apresiatif, sehingga menjadikan film ini sebagai salah satu tontonan populer yang dinanti-nantikan sekuelnya.

4. Zombieland

  • Tahun rilis: 2009
  • Sutradara: Ruben Fleischer
  • Pemeran: Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, Emma Stone, dan Abigail Breslin
  • Box Office: 102.4 juta Dolar AS

Sinopsis:

Pasca kiamat zombie yang menghabisi mayoritas populasi Amerika Serikat, seorang anak kuliahan bernama samaran Columbus berusaha pulang kampung untuk mengetahui keadaan orang tuanya. Namun di tengah jalan, ia berjumpa dengan Tallahassee, seorang survivor yang cukup garang dan beringas dalam membasmi zombie.

Masalah makin pelik manakala mereka berjumpa dengan Wichita dan Little Rock, dua bersaudari yang licinnya minta ampun dan berulang kali mengakali mereka. Secara tak sadar, keempat tokoh eksentrik ini pun bekerjasama agar bisa bertahan hidup dari serangan para zombie.

Apa yang membuat film ini unik adalah sisi cuek para tokohnya terhadap keadaan genting yang bisa mengancam nyawa mereka. Alih-alih lari terbirit-birit saat berjumpa dengan zombie, mereka justru mempersenjatai diri dan melakukan perjalanan bersama untuk suatu tujuan yang bisa dikatakan sangat absurd

Beragam karakter yang dibentuk dengan sedemikian rupa juga menjadikan film ini lucu tapi sarat makna. Belum lagi, pesan kekeluargaan di akhir film membuat Zombieland layak menjadi tontonan unik untuk dinikmati bersama teman-teman terdekat.

Saat artikel ini ditulis, sekuel Zombieland yang berjudul Zombieland: Double Tap masih diputar di bioskop-bioskop.

3. Scream

  • Tahun rilis: 1996
  • Sutradara: Wes Craven
  • Pemeran: David Arquette, Neve Campbell, Courteney Cox, Matthew Lillard, Rose McGowan, Skeet Ulrich, dan Drew Barrymore
  • Box Office: 173 juta Dolar AS

Sinopsis:

Hidup Sidney Prescott berubah drastis setelah ia mendapat sebuah telepon misterius. Ia menjadi target dari sosok pembunuh bertopeng yang kemudian dikenal sebagai Ghostface. Khawatir dengan keselamatan jiwanya, Sidney dan beberapa kawannya pun berupaya mengungkap identitas Ghostface dan menangkapnya sebelum banyak korban jiwa berjatuhan. Yang mengejutkan, Ghostface ternyata adalah sosok yang selama ini mengenal Sidney….

Horor slasher ini sekilas tipikal dengan film-film sejenis yang diproduksi dengan budget kecil, terutama karena tokoh utamanya adalah sekumpulan anak remaja. Namun di balik itu semua, Scream dinilai berani menjadi film yang tidak hanya bermodalkan suspense, tapi juga beragam unsur parodi yang menyindir film-film slasher kelas C macam franchise Friday the 13th dan Nightmare on Elm Street.

Uniknya lagi, Wes Craven yang menyutradarai film ini adalah sosok yang menginisiasi popularitas genre slasher dalam beberapa tahun sebelumnya. Itulah mengapa, Scream bisa dikatakan sebagai horor komedi yang menyimbolkan keberanian Wes Craven untuk memparodikan dirinya sendiri.

2. What We Do in the Shadows

  • Tahun rilis: 2014
  • Sutradara: Jemaine Clement dan Taika Waititi
  • Pemeran: Taika Waititi, Jonathan Brugh, Ben Fransham, Cori Gonzalez-Macuer, Stu Rutherford, dan Jackie van Beek
  • Box Office: 6.9 juta Dolar AS

Sinopsis:

Viago, Vladislav, Deacon, dan Petyr adalah 4 vampir yang menempati sebuah rumah dan hidup bersama sebagai "teman kontrakan". Mereka mempersilahkan sejumlah kru film untuk mendokumentasikan keseharian mereka: mulai dari bangun di petang hari, berbagi tugas rumah, mencari gebetan, berburu mangsa, bertengkar dengan para Werewolf setempat, hingga persiapan menghadiri jamuan akbar yang menghadirkan beragam monster di seantero New Zealand…

Sebelum didapuk sebagai sutradara Thor, Taika Waititi merupakan sineas New Zealand yang terkenal berkat humor uniknya. Melalui What We Do in the Shadows, ia sukses membuat film horor komedi yang mengisahkan dokumentasi para vampir dan segala keanehan mereka saat mencoba berbaur di dunia modern.

Ada begitu banyak adegan nyeleneh yang membuat aura seram vampir terbabat habis di film ini, dan membuat sosok mereka begitu relatable bagi orang biasa. Inilah yang membuat What We Do in the Shadows sangat berkesan sebagai horor komedi.

1. Shaun of the Dead

  • Tahun rilis: 2004
  • Sutradara: Edgar Wright
  • Pemeran: Simon Pegg, Kate Ashfield, Lucy Davis, Dylan Moran, Bill Nighy, dan Penelope Wilton
  • Box Office: 30 juta Dolar AS

Sinopsis:

Shaun dan Ed adalah dua sekawan yang sama-sama tidak memiliki tujuan hidup pasti. Shaun memiliki pekerjaan sebagai karyawan toko yang monoton, sehingga ketika kiamat zombie benar-benar terjadi di sekitarnya, ia tak segera sadar dan malah tak sengaja berbaur dengan para zombie.

Setelah sadar dengan keadaan gawat yang sedang terjadi, ia pun berusaha menyelamatkan orang-orang terdekatnya dengan sekuat tenaga, meskipun dengan berbagai kecerobohan dan kekonyolan yang menyertai aksinya.

Bisa dikatakan, Shaun of the Dead merupakan film yang melambungkan Simon Pegg di kancah internasional. Film ini begitu pekat akan unsur horor komedi, yang tak bosan-bosannya menampilkan perbandingan kontras antara teror zombie dengan sikap para tokohnya yang begitu ceroboh dan relatable bagi penonton.

Ketika Shaun of the Dead pertama kali dirilis, konsep ini begitu fresh dan digandrungi karena sukses menjadi pengecualian di antara lautan film-film zombie, yang biasanya digawangi tokoh tangguh nan heroik seperti seri Resident Evil.


Demikianlah 10 film horor komedi yang bisa menjadi rekomendasi nonton untuk meramaikan musim Halloween. Apakah Anda punya film horor komedi favorit selain 10 film di atas? Jika ya, jangan sungkan untuk berbagi ide di kolom komentar.

Tag: , , , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi