Melempem Di Box Office, Terminator: Dark Fate Bisa Rugi Besar

| Tidak ada komentar

Melempem Di Box Office, Terminator: Dark Fate Bisa Rugi Besar

Terminator: Dark Fate saat ini banyak disebut sebagai film flop di Box Office, setelah hanya mengumpulkan 29 juta USD di akhir pekan pertamanya. Angka itu bahkan lebih rendah dari raihan film kedua Terminator yang rilis pada tahun 1991.

Dilansir dari Box Office Mojo via Screenrant, Terminator: Dark Fate memang menjadi juara di daftar Box Office akhir pekan lalu. Namun perolehannya terbilang sangat kecil untuk seukuran film Blockbuster.

Dibandingkan film lainnya dalam seri Terminator, Dark Fate hanya unggul dari seri Genysis yang dibuka dengan perolehan 27 juta Dolar AS pada tahun 2015 silam. Pencapaian ini tak bisa dibilang membanggakan, mengingat Terminator: Genysis sendiri adalah seri yang paling "tidak laku" dalam franchise tersebut.

Para produser Terminator: Dark Fate bermaksud mengikuti jejak film Halloween yang tahun ini meluncur dengan sukses, setelah dipasarkan sebagai sekuel langsung dari film pertamanya (rilis terbaik dalam seri Halloween). Alhasil, Terminator: Dark Fate pun diplot sebagai sekuel langsung dari film kedua, Terminator: Judgment Day, yang memang diakui menjadi rilis film Terminator paling berprestasi dari segala sisi.

Baca juga: Joker Lagi-Lagi Pecahkan Rekor Baru, Apakah Itu?

Sayangnya, strategi itu hanya mempan dari segi ulasan kritik. Audience justru kurang terkesan dengan Dark Fate dan tidak terlalu antusias menyaksikannya. Hal itu tentu saja ironis, mengingat ini merupakan pertama kalinya dalam waktu lebih dari 20 tahun bagi sebuah film Terminator untuk mendapat sanjungan dari para kritikus.

Rating film Terminator

Selain itu, Terminator: Dark Fate menandai kembalinya Arnold Schwarzenegger dan Linda Hamilton yang juga menjadi bintang utama di seri Judgment Day. Sementara itu, James Cameron yang menjadi sutradara di film tersebut, juga kembali meski hanya sebagai produser Dark Fate.

Diproyeksi Rugi Ratusan Juta USD

Menurut pengamatan The Hollywood Reporter, performa Dark Fate yang sangat mengecewakan di akhir pekan pertamanya menyajikan outlook yang amat suram. Dengan budget yang mencapai 185 juta USD hingga 196 juta USD, film ini memerlukan sekitar 357 juta USD untuk break even.

Namun dengan total pendapatan yang hanya mencapai 29 juta USD di Box Office AS dan 123.6 juta USD di Box Office internasional, target tersebut tampak sulit terealisasi.

Pasalnya, raihan Terminator: Dark Fate di Box Office Internasional sudah memperhitungkan pasar China yang biasanya menjadi "harapan terakhir" bagi film-film yang sulit mengumpulkan penonton di AS. Estimasi kerugian Dark Fate saat ini diperkirakan mencapai 120 juta USD, jumlah yang tak sedikit dan sangat berpotensi memadamkan potensi sekuel di tahun-tahun berikutnya.

Tag: , , , , ,

Penulis:

Online content writer yang sedang mencari pelarian dan akan selalu punya ketertarikan lebih dengan industri perfilman.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi